takut setelah persalinan

Dear moms, bolehkah minta pendapatnya. Bulan juni ini adalah hpl ku, kisaran 15 juni. Yg paling aku takutkan bukan persalinan normal ataupun jika harus secar. Tapi kehidupanku setelah melahirkan. Dari uk 3 bulan aku udah keluar dari rumah mertua, karena ga tahan hatiku. Dan selama ini pindah ke rumah ortu, ldr an ama suami. Kelakuan bumer dulu justru bikin aku ketakutan jika nanti udah pindah ke kota suami, wlpn rencana nya ngontrak, tapi takut jika Rumah tangga ku diikut campuri. Beberapa sikapnya bener2 bikin sakit hati. Seperti ikut campur beli sepeda motor, pdhl aku niatnya beli second aja tapi tau2 dia udah ke dealer dan buru2 minta transfer, dan ternyata sepeda motor baru atas nama suami. Walopun aku ga ikut angsur dan ga mau ikut. Sikap lainnya membuat aku malu dan seolah ga berguna di depan tetangga dan pernah didepan keluarga besarku dan keluarganya. Itu berhubungan dgn kerjaan. Aku juga dilema jika harus selalu cerita ke suami, dia gampang marah, pernah sampe marah2 ke ibu nya tapi nanti ujungnya nyalahin aku. Jika ga cerita aku stress. Masalahnya di depan suami dan keluarga lainnya itu manis ngomongnya. Tapi saat ga ada suami beda, manis tapi nyindir dan mempermalukan ku. Misal di depan tetangga kampung sana pernah bilang "nanti si mantu mau aku cariin kerja, tak titipin ke ini itu", lantang bilang gitu di depan para tetangga. Hanya karena aku resign saat hamil muda (kondisi mabok parah ga kuat kerja). Pernah juga gara2 sikap bumer aku dan bapak kandungku berantem salah paham, dikira aku ga mau perhatiin mertua. Padahal ada apa2 aku diem. Rasanya takut jika nanti pengasuhan anak jg ikut campur, karena beda pola asuh. Takut jika suami ga bisa memahami perasaanku. Aku mau jujur ke suami karena sikap ibu nya jg ga enak, pdhl di hati masih sakit. Aku harus gimana ya moms?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Jgn trlalu cmas bun g baik.bwt janin,, saran sy bunda cerita aj k suami tntg smw uneg2,, klo mnrt pngalaman sy,, dy dlu hmil tggal dgn mertua n ipar,, sm sprti bunda smw urusan rmh tngga kmi ibuny yg nentuin,, duami klo mw ap2 slalu lapor dlu k ibuny,, sy sering trtekan batin oleh tingkah laku sikap n sifat mertua maupun ipar sy,, alhasil berakibat fatal bwt ank sy,, ank sy jd memiliki kelainan,, tp sejak ank sy lahir,, pisah rmh dgn mertua n ipar sy menikah smw jd baik2 sj bun,, ank yg akn mndekatkan hbungan kita dgn mertua,, jgn terlalu baper bun dgn kta2 mertua, sy sampe skrg sering d sindir2 tp sy dengerin aj msuk kiri kluar knan yg pnting jgn d jwb toh nnti dy cape sndri,, sy sering d jelek2i tp sy g ambil pusing,, sy masa bodo aj sm hal2 it krn sy trauma dgn kjadian sy hamil,, gra2 rrlalubaper ank jd korban..

Baca lagi
5y ago

Iya mom, Suami dr kecil dimanjain ama ibunya, jdnya pas nikah pun bumer kaya belom rela dan ikhlas anaknya aku ajak ngontrak. Sifat yg sering apa2 nentuin sendiri tanpa bertanya dlu ke yg lain, klopun yg lain ndak setuju tetep dijalanin. Kayak acara 4 bulanan dan 7 bulanan. Saking stress dan bodoh amatnya aku sampe ga dateng, karena di luar kota. Mungkin aku yg terlalu baper kali ya mom, masalah cerita ke tetangga mau nyariin kerja itu sampe aku ceritain ke ibuku dan ibuku kaget. Karena ga nyangka dan nyuruh aku diem aja, ngalah. Padahal posisi jg malu banget kayak ga bisa apa2. Btw, makasiih mom sarannya, aku akan coba cerita lagi ke suami. Dan lebih cuek.

TapFluencer

Yang pertama dilakukan, mom musti ungkapkan uneg- uneg yang mom alami ke suami. Setelah itu, satu per satu masalah diselesaikan dan jangan dipikirkan sendiri karena akan menjadi beban tersendiri buat mom.

5y ago

Pernah curhat ke suami, tapi entah dia paham atau tidak, mom. Suami ga suka aku nangis padahal nangis saking stressnya, bahkan di uk 7 bulan puncaknya sampe pengen bunuh diri. Makasih mom dukungannya