Bagaimana melestarikan Adat dan Budaya untuk ibu dan bayi yang baik dan benar.

Bunda2 sekalian saya lahiran 2000-an generasi sandwich dan tanpa background keluarga. Saya di besarkan oleh nenek sejak kecil. Merantau pas sudah besar kebetulan nenek juga sudah tidak ada. Dikota dpt jodoh suami yang tidak ada ayah ibunya dari kecil, jadi saya tidak punya mertua juga. Bener2 dari awal menikah ga tau adat dan budaya sampai punya anak pun gak tau menau gitu2an. Tapi saya selalu bertanya tanya tentang hal itu dan sedikit iri liat orang ngerayain adat budayanya. Mohon bantu sharing dong mengenai adat istiadat bunda2 seperti 4/7 bulanan, 40 an dsb. Tentang bagaimana acaranya dan harus ngelakuin apa gitu..... #bantujawab #ingintahu

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalau aku jujur aja ngga terlalu ngikut budaya juga walaupun mertua masih lengkap. setau ku semua hal yg mengenai budaya kayak 4/7 bulanan, 40 harian gitu2 ngga wajib sih. namanya juga budaya ya bun. tujuannya untuk mendoakan calon anak di dalam kandungan dan bunda supaya sehat. tapi menurut ku daripada ngikut budaya lebih baik ngikut ajaran agama. sepengalaman ku ngikut budaya, lebih banyak pengeluarannya dan banyak gengsinya hehehehe trus kayak ribet banyak mitos dan pantangannya. yg ada saya kepikiran πŸ˜… kalo ngikut agama paling misal kalau bunda islam kan ada aqiqah untuk anak, nantinya dibuat pengajian untuk mendoakan anak juga. kalau Kristen mungkin ada pembaptisan dan lain-lain.

Baca lagi
2mo ago

iya kak bener jika mampu tidak apa apa kak di lakukan seperti 4 bln an kita niat sedekah merayakan ditiupnya ruh , 7 bln sedekah karena bayi udah siap buat dilahirkan meski sedekah jajan le ponakan atau ke mesjid kak. nanti pas bayi lahir sunnah nya di aqiqah kak waktunya 7 hari atau setelah tali pusar copot atau bisa 40 hari atau klau emang tdk mampu bisa kapan saja meski anak sudah besar tidak apa apa

Mbak tau arti generasi sandwich ga sih? Generasi sandwich itu orang yg membiayai diri sendiri, orangtuua, dan adik/kakaknya. Intinya tulang punggung keluarga lah. Tapi kan kamu ga ada backgorund keluarga, terus siapa yg kamu biayai? Mungkin yg kamu maksud gen-Z kali ya mbak. Kalo mengenai adat atau tradisi itu sifatnya ga wajib. Boleh dilakukan boleh juga engga. Misal 4 atau 7 bulanan, kalau mampu silahkan mengadakan, kalau ga mampi ya gausah dipaksakan. Kalaupun mau mengadakan tapi ga tau tata caranya, bisa tanyakan ke orang sekitar karna tradisi tiap daerah kan beda2 mbak.

Baca lagi
2mo ago

Data di atas hanya biodata singkat saya saja πŸ™ jadi tidak di jelaskan secara terperinci. tentunya saya dan suami masih memiliki anggota keluarga yg lain kok.