memaksa tidur

bunda, mau bertanya saya kepikiran, kadang saya suka memaksa anak tidur lebih cepat ketika saya sedang merasa lelah.. pemaksaan saya sih cukup dengan menidurkan sambil menyusu, apa itu tidak apapa?? apa saya salah ketika anak masih ingin bermain tapi saya malah mengajaknya tidur? usia baby 11bulan

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalau yang bunda maksud "memaksa" itu dengan menyusui, nggak masalah kok bun. sebab, kalau memaksakan menemani anak sementara kita lelah, takutnya kita jadi kurang isirahat --> stres --> ujung2nya ngefek ke anak juga. gara2 pertanyaan bunda, saya cari2 referensi soal bahaya "maksa anak tidur" dan dapat beberapa hal yang saya rangkum di bawah. 1. bayi 11 bulan butuh waktu tidur sekitar 14 jam. kurang ga bagus, kelebihan juga ga bagus. karena bayi juga perlu waktu untuk melakukan aktivitas motorik. 2. kadang anak susah ditidurkan, padahal sudah masuk waktu tidur. usahakan kita jangan sampai maksa dia untuk tidur dengan cara nggak enak. 3. penting untuk ngajarin anak "jadwal kegiatan". dari kapan dia sebaiknya bangun, mandi, dst. termasuk soal jam tidur. semoga membantu ya, bund. jaga kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri jangan lupa :)

Baca lagi

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-39489)