Sharing SC Eracs

Bun mau tanya.. sharing yuukk.. Posisiku lagi hamil 32w lebih keadaan hamil kembar, rencana di 34w mau suntik pematang paru karena di 36w mau SC eracs Jadi tadi pas ketemu dokter, di jadwalin sebelum SC diminta ketemu dulu sama dokter anastesi dan dokter gizi, padahal SC eracs ku niatnya mau BPJS, memang suntik pematangan paru opname 2hari kita akan bayar mandiri, dan selama hamil usg tiap bulan bahkan kadang 2minggu sekali usg bayar secara mandiri Apa memang SC eracs BPJS harus seperti itu prosedurnya dg kontrol dulu ke dokter anastesi dan dokter gizi??? Apa semua itu ditanggung BPJS atau kontrolnya bayar mandiri??? #Sharing_dong_Bund #ingintahu #newmom #firstmom #SeriusTanya

26 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Beneran, Bu, persiapan menjelang kelahiran itu bener-bener nggak main-main ya. Jujur aja, aku juga waktu hamil dulu merasa kayak lagi jadi agen perjalanan gitu, booking sana-sini, janjian ke sana-kemari. Soal kontrol ke dokter anastesi dan dokter gizi sebelum SC eracs itu, iya, sebenernya memang prosedurnya begitu. Itu kayak semacam langkah persiapan supaya semuanya berjalan lancar pas operasi nanti. Tapi soal bayar mandiri atau ditanggung BPJS, bisa cek langsung sama pihak BPJSnya, kadang-kadang ada perbedaan kebijakan antar wilayah juga. Semoga lancar persiapannya, ya, Bu! Btw, tadi kamu cerita tentang hamil kembar, kan? Jadi inget, selama hamil, penting banget kan perhatiin kesehatan kulit bayi. Aku kemaren habis nemu produk Mama Choice buat kulit bayi dan anak. Lucu-lucu dan aman, lho. Kalo mau cek langsung, bisa ke link ini: https://shope.ee/1B0LXYraOD. Lagi ada promo loh!

Baca lagi
VIP Member

semua bisa d tanggung bpjs dg syarat bunda ikut prosedur bpjs dari awal... kontrol dulu ke faskes 1... hamil kembar biasanya lebih mudah dapat rujukan karena termasuk indikasi darurat... tapi tentu rs pilihannya terbatas di area wilayah seputar faskes 1... kalau sudah pakai rujukan, dari obgyn ke dokter lainnya akan lanjut prosedur bpjs.. kalau perlu ke dokter lain bakal ada pengantar dari obgyn.. syarat utamanya ya gitu, harus ke faskes 1 dulu.. faskes 1 harus anggap bunda punya indikasi darurat untuk dapat rujukan.. soal sc nya eracs atau ga, tergantung rs rujukannya.. sudah ada fasilitas eracs atau belum untuk pasien bpjs.. karena ga semua rs kasih eracs ke pasien bpjs... yg saya tau bisa eracs bpjs itu di hermina.. karena saya dari faskes 1 di rujuk ke hermina, belum lahiran sih, masih fase kontrol juga di hermina..

Baca lagi
1mo ago

iya bun.. tinggal minta aja.. semoga dimudahkan dan dilancarkan semua ya bun.. Aamiin.. ??

Setau saya memang ada bbrp operasi yang perlu ke dokter anestesi dahulu (mgkn tergantung kasus, juga prosedur rmh sakit). Pas kemarin saya eracs di RS.A, ngak ke dokter anestesi sih. Tapi Pas operasi Gigi bungsu(bius total) di RS. B, Saya diwajibkan konsul ke dokter anestesi dgn surat rujukan. 22 nya bayar mandiri.. Kalau bpjs Sy kurang tau bun. Saran saya sebaiknya ditanyakan ke dokter dan kadang ada dokter yang mau bantu pasien utk memberikan masukan agar bisa dicover Bpjs. Bila sudah ke dokter dan dokternya krg tau, ya lgsg tanya aja ke rmh sakitnya.. apakah hal2 tsb dicover ato gimana biar dicover. Gak perlu malu bertanya bun.

Baca lagi
1mo ago

siapp bun, makasih infonya bun?

TapFluencer

Selama kandungan baik baik sj mmg gbsa usg dicover bpjs bu. Sy barutau dokter anestesi buka praktek malahan? Mungkin utk sharing krn anak kembar dan stlh suntik pematangan paru makanya utk tingkat anestesinya harus bgmn, dokter gamungkin sembarangan krn itu bahaya kan. Utk dokter gizi, bisa sj agar dijadwalkan pantang makan ini itu atau harus makan ini itu krn bunda baby twins dan dg riwayat (suntik pematangan paru). Apapun yg dikatakan dokter, pastilah itu yg terbaik utk pasiennya bu. Dan advice dokter ini kan disesuaikan dg kondisi bunda dan baby.

Baca lagi
1mo ago

3x sebelum lahiran dan 1x setelahnya dicover.

Ini biasanya karena kamu ada kondisi tertentu, coba aja bun ditanyakan dokter obgynnya kenapa ke dokter anestesi dan dokter gizi dulu. Soalnya ipar dan sepupu saya pakai BPJS juga di RS ga ada diminta konsul ke dokter lain. Tapi dokter feto saya pernah menjelaskan, kalau diminta konsul ke dokter lain kemungkinan kamu ada kondisi tertentu, jadi dokter obgyn, dan dokter lain semacam kolaborasi terkait kondisi kamu saat SC nanti. Tetapi harusnya kamu diinfo kondisinya ini kenapa, jadi gak clueless gini. Jadi baiknya coba aja tanyain dokter obgyn nya dulu.

Baca lagi
1mo ago

oh gtu oke deh bun, besok pas pematang paru ktemu dokter aku tanyain, makasih ya bun infonya?

Pengalaman aqu aja ini mahh yaa bun, aqu waktu 2021 melahirkan anak kembar, dr hamil sampaii melahirkan d tanggung sma bpjs dr kantor suami, sampe waktu melahirkan anak saya sempet msk nicu dikarenakan bayi kembar saya blm waktu'a lahir tp harus d lahirkan krna kaki si bayi kelilit tali pusar kembaran'a jd harus segera d tindak,dan alhamdulilah gak d kenakan biaya sepeserpun, cuma memang ada bbrpa obat2an gak d cover, jd qta harus belii d luar dan waktu itu aqu gak d suruh k dokter anastesi sma gizi.. Mungkin ini prosedur baru kalii yaa..

Baca lagi
VIP Member

Tergantung kasus kali ya bun, mungkin krn bunda hamil kembar dan harus pematangan paru jd ngobrol sm dokter anastesi & ahli gizi dl. Kalau dl aku eracs mah langsung aja soalnya dadakan kyk tahu bulet, kontraksi duluan sblm jadwal SC yg masih seminggu lagi. Itu jg lewat IGD dulu. Tp pas hamil tua cuma intens ke spog aja, sama ke dokter mata buat cek retina aku. Itu sih bayar admin aja pas ke dokter matanya, fee dokter gratis pakai bpjs jg. Kalau lahiran full bpjs sih bun pas masuk IGD dan eracs nya, cuma kalau kontrol2 ke spog aku bayar mandiri.

Baca lagi
1mo ago

siap makasih banyak ya bun infonya ?

Bukannya kalo memang kembar bisa dicover bpjs ya bun karena resiko tinggi. Coba ke fakses 1 bun minta rekomendasi buat lahiran sc, setelah itu baru ke rsnya minta yg sc eracs itu udah tercover semua bun termasuk pematangan paru. Dimana mana kalo mau operasi ya udah cover sama anastesi bun baru tau kalo terpisah Aku 2x pematang paru pas 7 bulan karna pendarahan takut kalo lahir prematur, sama pas 36w pematang paru juga sebelum sc semuanya ditanggung bpjs bun sampe sc nya juga (aku sc cito)

Baca lagi

Saya anak pertama SC Eracs krn plasenta previa diusia kehamilan 7bulan,kelelahan pindah rumah..ya mmg prosedur'a bgitu kalo BPJS mam kalo RS kmarin saya lahiran anak pertama k dokter anasthesi & anak saja, cek lab utk mastiin hb normal krn plasenta previa beresiko pendarahan pd ibu pihak RS harus nyiapin stock darah & smua ditanggung BPJS hanya deposit 500rb saat OP SC setelah itu bayi didaftarkan BPJS & sebelum pulang uang kita dikembalikan tp tiap RS beda" ya mam peraturannya ?

Baca lagi

hai bun.. akubaru lahiran gemeli juga bulan lalu dan pakai bpjs... apakah bunda ada indikasi medis shg hrus sc d week 36? saya lahiran di week 38 krn dokternya sgt menyarankan utk di lhirkan baby di week yg sdh siap,.. saya diweek 36 cuma kontrol aj dan kata beliau klo bisa lhirn di week 37 atau 38 biar siap babyny tnpa sntik pematangan telur klo mnggu dpn ada indikasi (37w) mka sc

Baca lagi
4w ago

alhamdulillah.. selamat mengemban peran baru dan smgt membara mengasihi bun