Hamil kedua, rencana melahirkan sc dgn bpjs.

Bun mau tanya bagi yg sudah pengalaman. Saat hamil pertama saya ada indikasi dan emergency sehingga harus tindakan sc biasa ditanggung bpjs. Dan skrg saya hamil ke2 dan ingin melahirkan sc lagi dgn bpjs tapi rs yg saya mau tidak ada dilist rs rujukan dari faskes 1. Pertanyaannya apakah bisa saya lahiran dgn sc di rs yg saya mau dgn bpjs? Dan bagaimana kah prosedurnya? Atau tetap harus ikuti pilihan rs rujukan dari faskes 1? Mohon pencerahannya bagi yg pengalaman bun. Terima kasih

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

seharus nya dr awal kehamilan pilih dokter yg praktek di RS yg di inginkan utk operasi, jd kalo ada darurat dokter tsb langsung kasih surat rekomendasi tanpa harus minta surat rujukan dr faskes 1.. itu tujuannya periksa tanpa pindah2 jd saat TM2 merencanakan melahirkan bagaimana sudah dapat info yg oke dr dokter yg nangani kita tsb krn beliau juga paham riwayat kita.. kalo masuk ke faskes 1 apalagi faskes 1 punya ruang rawat inap kadang ditangani dulu sama faskes 1 sampai faskes 1 angkat tangan lalu dirujuk ke RS yg ada di sistem faskes 1 tsb.. begitu sih saya ambil kesimpulan dapat pencerahan dr dokter dan sharing dari teman2 saya..

Baca lagi

seharusnya bisa bun, karna Kan lahiran itu emergency ya, harusnya di rs manapun bisa pakai bpjs jika rs nya kerjasama dgn bpjs.. Tapi untuk lebih pastinya lebih baik tanyakan ke pihak RS..

setau saya memang faskes 1 punya sop RS rujukanya sendiri jadi ya kalau mau pake bpjs lewat rujukan harus ngikut aturan faskes1 nya mau ngerujuk ke RS mana.

setau ku dan pengalamanku mau gimana jg harus ada rujukan dari faskes 1 ya kecuali emergency itu tidak perlu rujukan..

coba aja tanya ke RS yg anda mau, apa nerima BPJS meskipun bukan salah satu RS rujukan faskes 1, bisa dicover gak kalo gitu

gampang itu bun tinggal pindah faskes aja q jg gt soalnya