ngelayat

bun.saya yg kmarin curhat soal suami yg ijin ngelayat ke rumah mantan. banyak bunda2 yg nanya "apa masih contac sama mantan? jadi begini bun, sebelum suami pacaran sama mantannya itu, suami emang udah temenan sama om2nya mantan. nah waktu saya nikah mereka pada dateng, pas lahiran juga mereka jengukin di rs. kan kalo di daerah saya kalo ada orang meninggal pasti ada acaranya tuh, suami diundang sama om2nya mantan. suami sih udah ga pernah keep contact sama mantannya. sekarang juga mantannya masih ada di luar negeri. suami ngajakin saya ikut sih... tapi saya ga bisa ikut kasian bawa anak yg belum 1bln. menurut bunda saya ijinin ga? soalnya suami bilang kalo saya berat banget dia ga usah kesana, cuma dia juga bilang kalo ga kesana dia juga ga enak, soalnya di telpn terus sama om2nya mantan. kalo bunda jadi saya bunda ijinin ga? saya ceritain lengkap disini biar saya bisa dapet jawaban yg lebih obyektif bun.... mohon pendapatnya??

28 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Asal diniatin sebagai menunaikan fardhu kifayah (menyolati, menguburkan sesama muslim) ga ada salahnya. Terlepas dr mantan ato bukan mantan. Dianggap sama aja gitu. Tapi kalo ada unsur "ga enak sama keluarga mantan" kayaknya kurang elok. Karena ga ada ceritanya wajib menyambung silaturahmi dengan keluarga mantan. Intinya di niatnya sih bun. Apakah karena niat ibadah, ataukah karena mantan.

Baca lagi
VIP Member

Intinya bunda percaya gak sm suami?kalo suami pergi,apa nanti hatinya bunda jd g nyaman? Tujuan suami melayat itu benernya baik.tp klo bunda merasa g nyaman ya mending g usah bund.. Tp kallo q diposisi bunda,q bakal kasih suamiq brgkt.toh suami minta ijin.dan posisi si mantan jg g komunikasi lg.mantan pun bukan brrr jd musuh kan bund..

Baca lagi

Kalo aku sih ijinin j bun,, toh d situ g ada mantannya.. Lagian urusan suami kan sm om2nya bukan sm mntan.. Terus dr pihak sana kan juga baik sm bunda dan suami.. Diniati hablumminannas bun,, mnjalin shilaturrahmi.. Apalagi ini masalah ngelayat.. Bunda g ikut g pa2 sih menurutku,, ada alasan yg tepat krna baby masih kecil kasian..

Baca lagi
VIP Member

Ya sesuai penjelasan bunda, kenapa harus di larang kesana ?? Keluarganya aja dteng ttp silaturahmi wktu bunda nikahan dn jengukin bunda lahiran. Ya jelas lah suami bunda gaenak, org biar ada timbal balik nya silaturahmi.. lagian ngelawat kan cmn sbentar bun ganginep, percaya bun sama suami sendiri... bijaksana lah. Hehe 🀣

Baca lagi

Jika sudah menikah bagi saya sudah tidak ada lg perkara yg berbau mantan, walaupun mantan itu baik. Tp sdh tdk penting untuk dijalin sbg saudara atau apapun itu. Krna hati tidak akan ada yg tau.

VIP Member

izinkan lah lagiankan mantanya lg dluar negri ini jdi gaketemuan. boleh cemburu tpi jgan berlebihan kasian suaminya kalau dicurigain terus lama2 malah bsa bkin dongkol suaminya loh. percaya aja ke suami.

Izinkan bun, klo mmng begtu kondisi nya Lagian suami bunda jga dtng hadir untuk acara orng meninggal dan itu pahalanya besar. Dtmbah suami bunda jujur, jdi bunda bntu doa aja mnta suami sllu dlindungi.

Ijinin aja bund.. toh cuma ngelayat, gak ada urusan lain. Suami jg gak kepo lg tentang mantannya, dan kalo baca ceritanya bunda mantannya itu jg baik buktinya mau dateng ke nikahan dan lahiran bunda..

Di ijinin aja bund... Apa salahnya menjalin silaturahmi.. toh gak ada mantannya jg.. apalagi mereka jg baik udah njengukin bunda di rmh sakit waktu lahiran.. saling berempatilah istilahnya...

VIP Member

Tidak perlu mom... sudah selesai. Mau menjalin silaturahmi tidak termasuk, itu namanya ukhuwah. Kalau silaturahmi hanya dg keluarga suami dan keluarga mom. Sudah tidak perlu datang.