minta saran

Bun, ap ibu hamil klo batuk tu wajar?? Kata na ada krna bawaan baby, ap gk ada ngaruh sama janin na klo lgi batuk gt bun? Minta saran na bun???

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya batuk dari uk 20w, awalnya bukan batuk berdahak.. sampai 26w masih batuk, akhirnya cek dahak di puskesmas untuk ngecek adanya bakteri TB, Alhamdulillah negatif, dan diduga GERD yg menyebabkan batuknya. Tapi karena batuk memicu kontraksi, saya gak bisa puas gitu aja dg diagnosa gerd, karena setiap pagi dan malam, walau saya udah ngemil, batuknya muncul malah ditambah sesak tanpa heartburn. Akhirnya konsultasi ke dokter paru, karena makin sering kontraksi juga dari batuknya. Ternyata saya bronkitis kronis. Jadi selama hamil, saya alergi udara dingin dan debu. Dulu pernah alergi dingin, tapi efeknya pilek, bukan batuk. Nah karena dibiarkan akhirnya jadi bronkitis. Saya diberi obat yg aman untuk bumil. Alhamdulillah, belum 10 hari minum obat, saya udah jaraaaang banget batuk. Sebelumnya batuk sampe muntah tiap malam. Tinggal untuk gerdnya, hanya bisa diantisipasi ngemil 2 keping biskuit tiap jam atau paling lambat 2 jam, kalau siang aja sih. Ini untuk mencegah asam lambung naik dan melukai kerongkongan, yg bikin kita kayak berdahak dan batuk2. Paling enggak sedia permen selalu.. 😁 duh panjang ya cerita saya.. πŸ˜‚

Baca lagi
4mo ago

Hi bun.. alhamdulillah semoga sehat selalu ya bun. Boleh spill obat batuk pilek yg ibun konsumsi?

menurut saya wajar2 saja klo batuk biasa. saya juga sempet di usia 4 w cuman beberapa hari soalnya dibarengi flu dan demam.. langsung ke bidan dikasih paracetamol. baru 2 kali minum alhamdulillah sehat lagi... karena waktu itu mau pentas seni d sekolah.. aku kecapean jadi masuk angin batuk demam flu gtuh. di usia 23w sakit tenggorokan sada batuk sedikit sama sakit mata malah kena debu krena d perjalanan kerja.. langsung diobatin batuknya ceper sembuh 5 hari sudah sembuh. sama sakit tenggorokan dan mata nya juga sejat lagi krna saya langsung k puskesmas. sekarang usia 24 w 3 d alhamdulillah sehat jasamani. tapi rohaninya ini lho saya lagi gampang mewek. yg harus diwaspadai ibu hamil itu ketika batuknya batuk rejang dan gak sembuh2.. dikhawatirkan tekanan setiap kali batuk menyebabkan kontraksi sehingga membuat bayi keluar belum pada waktunya. itu pendapat saya. semoga bermanfaat.

Baca lagi
VIP Member

saya bun lagi batuk ini udh 2 minggu an.. sdh periksa ke puskes sekalian kontrol bulanan minggu lalu tp tak kunjung sembuh pdhl obat sdh habis.. suka khawatir krn kalo batuk kenceng perutnya terguncang bahkan sampe pipis pipis bun kalo batuk.. udah 2 hari ini saya minum silex beli di apotek alhamdulillah mendingan bun.. sudah mulai berhenti, gak sesering diawal batuknya.. uk saya 20w

Baca lagi

Saya juga batuk pas masih 4bulanan bun ,langsung ke bidan soal e ga sembuh* takut e pas batuk dedenya ikutan kedorong keluar kan kalo batuk otomatis perut kita neken gitu,aku dibilangi bidan juga harus hati" jangan sampe keluar calon bayinya ,kalo batuk perutnya harus di pegangi bawahnya bun ,terus dikasi obat sama bidannya .

Baca lagi

Saya kmrn batuk sampe asmanya kambuh bun . Padahl udah puluhan tahun ga kambuh. Katanya org tua2 bw an hamil. Smpe dirawat di rs . Skrg kl tidur suka bunyi2 gitu nafasnya. Mau berobat lg males sm obatnya.

Saya batuk sekitar semingguan. Barusan usg kontrol, djj lemah karena kurang oksigen. Saya tanya apa penyebabnya, karena ibunya lg gak sehat katanya. Cepat di obati saja bu.

Saya uk 32 w batuk smpe dua minggu lebih Pas periksa uk 34 w emak nya bb nya turun 2 kg dan bbj cuman naik 100 gram Tp dede nya sehat saja

Wajar aja kok.. Karna daya tahan tubuh ibu hamil menurun saat mulai TM2, karna utk adaptasi tubuh dengan bayi dan hormon2 kehamilan..

5y ago

Mksh ya bun, alhmdulillah. Tkt na pas batuk janin na trhentak2 gt krn prt klo btuk kan ikut goyang. Klo mlm kdng lp n gk sdar. Klo siap msh bs d kontrol. Mksh ya bunn😚😚

Saya dulu usia 5bulan batuk selama 3minggu Karena ga berani minum obat. Tpi alhamdulillah si baby ttp sehat

Saya batuk dr awal hamil sampe sekarang bun, 27w Udah diobatin segala macem tetep aja