parenting

Bun,anak saya sekolah TK.Di sekolah anak saya suka d cubitin teman sekolahnya,tpi anak saya diem aja ga membalas&tdk lapor ke gurunya.setiap kali sepulang sekolah anak saya lapor k saya kalo td d nakali temannya.pernah saya melihat sendiri,saat berbaris anak saya d dorong&d suruh baris d belakang dan anak saya menangis.yang saya takutkan kalo suatu saat anak saya jadi males pergi k sekolah karena sering di nakali temannya bagaimana ya bun cara mengatasinya?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

halo bun, ini mirip seperti cerita saya nih. saya korban buli saat masih kecil. saya sempat mogok tidak ingin sekolah karena kasus yang sama. rasanya tidak menyenangkan sekali kalau di ingat2. hal yang menyebabkan buli seperti itu bisa bermacam-macam, bisa karena fisik yang kecil, kurus, gemuk atau prestasi yang kurang seperti dicap bodoh, cengeng dll. membuat dirinya tidak percaya diri yang ibu lakukan sudah baik, dengan menanyakan pada gurunya. tapi yang paling penting adalah support orang tua pada anak. berikan anak ibu pujian kecil. hal sepele seperti ini berpengaruh besar karena anak akan merasa aman dan percaya diri. berikan kesibukan lain untuk anak agar tidak ada celah untuk dibuli. apabila fisiknya yang kurang coba leskan berenang, bulutangkis dll. apabila kurang secara prestasi coba les kan pelajaran bahasa inggris, matematika musik, dll. disinilah anak ibu akan mendapatkan lingkungan baru dari teman2 dilingkungan lain selain sekolah kasus buli pada anak selalu berawal dari celah pembuli yang ingin merasa dirinya lebih baik. dan mencari kelemahan teman lain. apabila anak ibu memiliki keunggualan dan dipuji dilingkungannya percaya deh hal itu bakal pelan2 hilang. dan ibu akan banga pada si anak :)

Baca lagi
6y ago

harusnya guru nya bertindak yaa...harusnya guru memberi tahu ortu murid yg nakal itu agar diberi arahan shga tdk mencubit org lain...apa memungkinkan kelas nya dipisah mom?

Bunda hrs konsultasikan dgn gurunya dan tegaskan juga k ortu muridnya kalo anaknya gak baik membully anak bunda, dan ajarkan anak kalo seandainya dia gak salah jgn prnh takut utk melawan balik.. srg sekali anak2 mentalnya menjadi tdk baik krn terbiasa dr kecil di bully oleh temannya dan akhirnya akan berakibat tdk baik pd sekolahnya..

Baca lagi