Apakah Bunda pernah mengalami depresi setelah melahirkan atau postpartum depression?
Voice your Opinion
Ya
Tidak
Tidak tahu

29467 merespon

157 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Pernah, dan kayaknya sampai sekarang masih berlangsung. Lahiran anak pertama secara SC karena sudah pre eklampsia ringan. Lalu setelah melahirkan mesti tinggal di rumah mertua karena rumah pribadi kami tetangganya renov rumah nggak kelar2 (debunya ke mana2). Mulai deh. Selalu dibilangin "dulu mama ngelahirin mana ada pake operasi sesar2 segala". "Dulu mama ngelahirin semua kerjain sendiri ngurus bayi, ngurus suami, nggak ada yang bantuin kayak sekarang gini". Lalu yang namanya operasi SC bunda2 pada tau lah ya sakitnya gimana. Seminggu setelah ngelahirin udah disuruh nyapu-ngepel sendiri. Support suami juga kurang, nggak berani gendong bayi sampai anaknya umur 2 bulan. Tiap malam begadang suami nggak dibolehin bangun sama sekali oleh mamer (karena besoknya mesti ngantor). Rasanya mau nyusuin bayi itu lebih kayak terpaksa aja bukan karena bener2 sayang. Minta ke suami sambil nangis2 untuk dibolehin ke psikolog aja supaya bisa sembuh, nggak dikasih. Ya akhirnya, cuma bisa berjuang sendiri.

Baca lagi
5y ago

Ko sama ya bun 😂 aku malah di bilang "ga ngerasain pengorbanan seorang ibu" sama mertua gegara lahiran sc, untungnya aku ga tinggal sama mertua masih sama ortu sendiri.

Yessss.. 3 bulan berjuang sendirian. Gaada yg perduli sama perubahan sifat dan sikap ku.. 3 bulan aku sendirian ngelawan depresyihhh ituh tiap malem nangis ngerasa gagal jd ibu karna lahiran sc, lepas pulang dr RS banyak yg dtg nengokin cuma ujung2 nya nyinyir karena aku sc di blg bukan ibu seutuh nya. Anak ku bb nya cuma 2,7 harus nya bs normal aku di blg males. Pdhal aku preeklampsia, anak ku ada lilitan tali pusat, tp ttp aja di bully klo sc ga jd ibu sungguhan. Pokonya buat ibu2 yg mulut nya suka iseng tolong mending jgn nengokin org lahiran bobo aja di rumah drpd bikin sakit hati org sampe org stress..

Baca lagi
4y ago

Bener bngt itu bun... Lebih baik gak usah di tenggok lah dr pda mulutnya gatel gitu... Aku juga SC kog bun... rsanya SC gak kalah sakitnya sama rsanya lhiran normal.

seminggu yg lalu baru abis lahiran secara secar krn tensi tinggi gak turun2 terpaksa di secar krn takut kejang2.. dan masuk ruangan observasi selama 17jam.. jd badan terasa sakitt semua.. gak bisa urus baby.. sedihh bgt.. apalagi pas dijengukin org malah dibanding2kan sm si anu si ituu jg secar tp cpet koq pulih.. gak kayak ini itu.. rasa nya mau nangiss.. siapa jg yg mau sakitt.. siapa jg yg gak mau urus baby..

Baca lagi

Kebetulan bangetvpertanyaan seperti ini , tolong masukannyaa , setelah melahirkan saya mudah marah terhadap anak ,, saya takut terkena baby blus ,, saya gk tau harus gimana dengan ke adaan , kadang kalo anak saya nangis terus menerus saya selalu marah bahkan memukulnyaa ,, saya stres sama keadaan ini lingkungan keluarga pun tak mendukung saya gk sanggup ngurus anakku 😥😥😥😥😥

Baca lagi

Iya hampir depresi, hampir baby abuse karena kurang persiapan mental yang matang. Kebetulan tinggal dimertua yang memang kerja dan gakdibantu siapa2 sedangkan gakboleh pulang dulu ke ortu karena takut covid. Akhirnya dibolehin balik dan bener2 ngefek sidede bisa nyusu karena diajarin mama menyusui yang baik dan perlahan asinya lancar lagi gak seret.

Baca lagi

kadang yg buat stres itu zaman dahulu apalagi anakku dipaksa suruh kasih makan Udh dibilang gak bole ekh dianya ngotot alah dulu seminggu udah dikasih makan anakku kadang suka nangis sendiri apalagi baru lahir anakku sakit ,aku operasi caesar Mamak ku Merepet aja rasanya pengen kabur kemaren tapi sekarang Alhmdllh udah sembuh senang rasanya

Baca lagi

Aku mengalaminya... 21 hari yg lalu aku melahirkan, kan aku sempat dinyatakan baby blues oleh psikater. Dan seminggu kmdian aku dinyatakan depresi berat. Rsanya gak ingin ada si dedek. Krena juga blm terbiasa mungkin ya. Tpi aku terus mencoba untuk membiasakan dan aku buat sntai enjoy. Akhirnya ya hilang2 sndr depresiku.

Baca lagi

iyaa , bawaanya tiap hari nangis, disi2 lain sedang ngrasain jahitan yg belum sembuh2 sakit rasanya, tiap malam begadang, badan masih lemas belum fit, awal2 nyusuin puting luka berdarah, belum bisa ngrawat baby sendiri masih dibantu ibu karena masih takut dan kondisi tubuh yg belum memungkinkan.

Iya pernah depresi 5th yg lalu kalau inget sedih bgt. dulu taunya semua kondisi anaknya sehat sehat aj usg jg g ada masalah tp ternyata tau nya pas lahir sakit dan akhir nya dirawat di RS babynya lalu 18hari di Rawat anakku meninggal disitu rasanya depresi bgt kalau ingat😓

dan karna saya dan suami sama2 baru "belajar" berumah tangga, kami pun tidak pernah pacaran, Rumah Tangga kami sempat di ujung tanduk. Alhamdulillah, Allah masih menyelamatkan rumah tangga kami, hingga kini tahun ke 5 pernikahan