Kurang Asam Folat selama kehamilan

Tuh ya buibu semua yg sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan, plisss jgn males minum asam folat krn asam folat itu sangat penting bukan cuma bagus untuk pertumbuhan otak janin tapi juga utk mencegah terjadinya cacat lahir seperti bibir sumbing. Barusan ada 1 ibu yg bilng saat ini usia kandungan nya 34w dan baru ketauan setelah usg ternyata janin nya mengalami bibir sumbing, setelah saya tanya apakqb selama hamil jaranag minum vitamin asam folat dan si ibu jawab iya. Nahh kalo sdh sampe kejadian seperti ini gak akan bisa diapa2in krn fisik janin sudah terbentuk. Barulah skrng menyesal krn tidak minum vitamin yg diberikan dgn alasan gak bisa minum obat krn mual, saya makanya udh banyak sayur kok bla bla.. faktanya kalo makan sehari2 kita sudah yakib banyak mengandung asam folat tp kebutuhan asam folat itu gak akan tercukupi hanya dgn makan sayur atau buah tp emg hrs ada tambahan nya. Kalo mual muntah dicoba terus sampe masuk, apalgi udh krn mual muntah gak bisa masuk vitamin terus gak bisa masuk juga makanan yg sehat.. ya sudahlah.. wassalam.. saya nulis begini bukan krn mau nakut2in atau nyinyir dsb, tp krn sy sangat peduli jgn sampe kajadian lg yg seperti ini. ????

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sama yg jarang usg tu bun, dia udah ga minum vitamin males juga buat usg. Masa usg baru 34weeks๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™€๏ธ hadeh, pelit banget ya sama anak sendiri

5y ago

Mungkin kadang kalo yg pake bpjs dan periksa nya di puskesmas emg gak di usg kecuali kalo emg ada keluhan barulah di usg. Tp emg sebenernya ush jg sangat penting minimal 3x selama kehamilan.. ya buat cari tau nih yg kaya gini asa kelainan fisik kah, atau placenta previa kah, air ketuban nya gmn dll..