BEDA UANG NAFKAH DAN UANG BELANJA

Ternyata beda yahh🤔🤔 Gimana kalo selama ini cuman dikasih uang belanja doang.. itupun uang belanja untuk makan ajaa... uang jajan? Engga dikasih.... 😥😥😥 jajan pake uang sendiriii😭😭😭

BEDA UANG NAFKAH DAN UANG BELANJA
137 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Penjelasan dari mana nih? Harusnya kutipan kaya gini ada sumber dari hadist atau Al quran.... Apapun yang kita makan dari kerja keras suami, memangnya bukan nafkah? Dan sedeqah yang paling berkah, amal jariyah itu makaanan yang istri makaan, anak makan, karena makanan, manusia bisa hidup sehat,.... Jgn kepengaruh postingan kaya gini bun.. Dan ingat, istri solehah yakni yang bersyukur atas nafkah yang diberikan suami walaupun sedikit... “Allah tidak akan melihat kepada seorang wanita yang tidak bersyukur kepada suaminya, dan dia selalu menuntut (tidak pernah merasa cukup).” [2] [2]. Hadits shahih: Diriwayatkan oleh an-Nasa-i dalam Isyratin Nisaa’ (no. 249), al-Baihaqi (VII/294), al-Hakim (II/190) dan ia berkata, “Hadits ini sanadnya shahih, namun al-Bukhari dan Muslim tidak mengeluarkannya.” Dan disepakati oleh adz-Dzahabi, dari Shahabat ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallaahu ‘anhuma. Lihat Silsilah ash-Shahiihah (no. 289). Referensi: https://almanhaj.or.id/2079-isteri-harus-banyak-bersyukur-dan-tidak-banyak-menuntut.html Referensi: https://almanhaj.or.id/2079-isteri-harus-banyak-bersyukur-dan-tidak-banyak-menuntut.html

Baca lagi
Post reply image
2y ago

Nah iya

Kadang kadang quotes itu bikin perempuan banyak nuntut sama suaminya tanpa lihat lagi sikonnya. Setelah Akad, artinya tanggung jawab sudah beralih kesuami. Tp alangkah baiknya kita sebagai istri ini bersyukur atas apa yg sudah diupayakan oleh suami. Kita dikasih uang bulanan buat belanja aja Alhamdulillah, artinya kita sudah dianggap suami mampu dan amanah memenage sedemikian rupa untuk keluarga, artinya ada kepercayaan suami pada kita. Kalo saya yg IRT ini sangat bersyukur, dirumah aja, kerja banting tulang juga gak, bisa ketemu anak setiap saat. Capek yaa tinggal tidur, kerjaan rumah gak selesai gagda yg marah, abis itu tiap suami gajian kita dikasih uang. Dikasih makan, pakaian, kebutuhan anak cukup, Kita ada yg perhatiin ada yg melindungi. Kalo sakit diantar berobat, tidak zina diluar rumah (karena sudah halal bersama suami) misalpun ada sisa boleh buat kita foya foya sekedar checkout dikeranjang Shoppe. Pinter pinter aja memanage nya. Saran aja, kalo ada quotes yg sumbernya gak jelas udahlah jangan ditelan bulat bulat bun.

Baca lagi
2y ago

aku setuju bund,

Bersyukur bund. Ngeliat "kebawah" perlu deh sesekali biar gak kejungkal. Dibawah kita banyak perempuan yg pontang panting cari uang sendiri, mana uangnya kadang buat kebutuhan keluarga, bayar utang suaminya, kadang juga masih diperas sama mertua. Jangankan buat jajan, sekedar buat ngisi perut dia dan anaknya aja sudah Alhamdulillah. Emang sih tugas mencari nafkah itu tugas suami, kerja atau tidak kerja nafkah wajib diberikan suami semampunya bukan semau kita. Tp kadang realita gak sesuai ekspektasi. Niat hati ingin jadi ratu setelah menikah, malah jadi seperti babu. Sudah begitu si suami kadang masih melakukan kdrt, dan lain sebagainya. Semoga setelahnya bunda jadi lebih merasa cukup ya. Beruntung sekali bunda masih bisa jajan itupun pake uang sendiri, ada banyak wanita diluar sana yg bahkan buat makanpun gak ada duit sama sekali. Inilah kenapa para suami yg tidak memberikan hak istri termasuk nafkah dalam Islam dosanya besar sekali.

Baca lagi

gini ya mak... jangan sukak terpengaruh sama postingan2 orang atau IG.. kan kemampuan seseorang tu masing2... kalo suami mampunya uang belanja aja ya disyukuri.. lihat itu kebawah jangan ke atas.. lihat kebawah, banyak istri yg ga dapat uang makan karena suami cuma pemulung, pedagang yg dagangan nya ga laku.. trus ada postingan uang suami semuanya milik istri, yaaa ga salah sih.. cuma ya tau diri aja.. disitu ada hak orang lain. entah sedekah ato buat kasih mertua/ortu. ambil hikmahnya aja.. sesuai kemampuan aja... kalo uang yg ngatur suami ya mungkin bunda blm bisa mengatur uang.. kalo suami cuma kasih duit belanja berarti emang uangnya cuma segitu. simpel. kalo bisa tu berdiri diatas kaki sendiri. kerja. ga mentang2 seorang istri ga mau usaha buat bantu suami. aku bun. ga boleh kerja ya online shop an aja. bikin apa gitu yg bisa dijual biar punya pegangan.

Baca lagi
2y ago

iyaps.. 👍

yuk kita baca menurut KBBI nafkah/naf·kah/ n 1 belanja untuk hidup; (uang) pendapatan: suami wajib memberi -- kepada istrinya; 2 bekal hidup sehari-hari; rezeki: terasa sulit mencari -- di negeri yang tandus itu; mencari -- di rantau; sumber : https://kbbi.web.id/nafkah kutipan konsep nafkah begitu luas. Ustadzah Maharati Marfuah, Lc dalam buku 'Hukum Fiqih Seputar Nafkah', menjelaskan kata nafkah secara bahasa berasal dari bahasa Arab anfaqa, yunfiqu, infaqan, nafaqatan. Artinya mengeluarkan, infaq berarti al-mashruf wa al-infaq, biaya belanja, pengeluaran uang, dan biaya hidup. Nafkah kemudian digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang diberikan kepada orang yang menjadi tanggungannya. sumber : https://republika.co.id/berita/qbj2al320/urutan-wajib-nafkah-dalam-islam-justru-istri-nomor-kedua

Baca lagi

emang beda bun. tp semua itu jg tergantung suami masing2. karna setiap org pnya sifat, karakter dan prinsip yg berbeda2. suami ku ngasih uang, dan itu terserah buat apa aja. cz buat listrik, internet, sumbangan dan arisan dia yg bayarin. klo mau jajan/piknik tinggal bilang. trus buat jadwal kpan mau berangkat cz dia orgnya sibuk. klo pulang selalu bawa makanan. buat bertiga sama anak. jd hampir gak pernah masak ak bun. aku jg tidak masalah semua gajinya dia, dia yg pegang. cz dia jg punya pekerjaan sampingan yg butuh modal. keluar masuk uang ak gak tau tp klo dpt orderan ak selalu kecipratan. mau besar kecil nominalnya tergantung keuntungan nya. dan ak sangat bersyukur. Alhamdulillah Alhamdulillah

Baca lagi

beda dong, klo aku uang belanja ya buat belanja.bayar listrik dll diluar uang belanja malah suami yg urus2, mau lain2 minta lg misal beli baju atau belanja skincare dll. uang buat jajan jg beda lg, klo makan diluar atau beli apapun ttp aja maunya paksu yg bayar. pokoknya semenguntungkan mgkn,wkwk jgn ditiru ya, krna gasemua suami kan mau digituin 😄. balik lg kekeadaan masing2, sesuai kondisi finasial suami aja. klo memungkinkan ya bs bgtu, klo ga ya diatur2 ajalah. mana kebutuhan mana keinginan. sblm nikah dah tau kan finansial suami gmn, klo emg lbh dr mampu ya gpp cb ngmg aja, klo ga ya jgn.. berantem pula nti 🙃. gasemua postingan bgtu2 bs kt telan mentah2, telaah dan pake pertimbangan jg.

Baca lagi
VIP Member

Kalo aku balik lg gmna kondisi keuangan suami sih bun. Dulu pas suami kerja serabutan dia cm kasih nafkah utk dimakan berdua, itu pun kadang kurang. Kebetulan sy kerja jd yaa sy yang nombokin. Sekarang suami udh punya usaha sendiri, alhamdulilah dia selalu inget buat ngasih jatah utk keperluan sy pribadi misalnya utk skincare, make up dll. Urusan nafkah utk makan atau jajan aku pun gak pernah itungan. Kalo bunda skrng suami nya blm bisa ngasih nafkah utk keperluan pribadi cukup di do'ain aja spy rezeki nya lancar, berlimpah. Toh suami jg kalo emng punya uang lebih dikasih ke siapa lg kalo bukan ke anak istri?

Baca lagi
VIP Member

Mnrt sy tergantung kondisi keuangan/pendapatan suami. Kl suami berkecukupan, pendapatan cukup tp pelit k istri terkait uang nafkah silahkan tegur suami, krn suami yg pelit k istri rejekinya makin lama bakal seret. Tp jika kondisi keuangan suami blm mampu menafkahi uang jajan, skincare dll, hanya mampu menafkahi uang belanja sj, sbg istri jgn menuntut lebih. Bantu suami, doakan suami supaya rejekinya melimpah shg bisa kasih nafkah jajan dll k ank istri. Perbanyak bersyukur, setidaknya msh ada uang belanja dr suami dan itu slh satu bukti bahwa suami bunda msh bertanggung jwb thd istrinya.🙏

Baca lagi

kalo misalnya suaminya bunda penghasilannya banyak terus dikasih kebunda cuman kebutuhan makan doang dengan alasan bunda juga kerja ya menurutku salah sih bun.. baiknya dibicarakan lagi soal nafkah.. karena suami wajib memberi 3 nafkah untuk istrinya.. nafkah keperluan kayk kebutuhan makanan, rumah tangga dll nafkah pribadi kayak skincare, jajan keperluan pribadi istri.. nafkah batin kayak diperhatikan, disayang.. tp kalo penghasilan suami gak banyak, pas pasan baiknya bunda bersabar dan doakan terus suami bunda supaya rejekinya lancar..🙂

Baca lagi