Mertua matre

Sya mau sedikit curhat Bun. Sya ibu dari anak 1 berumur 3 tahun. Keluarga sya memang keluarga yg bisa dibilang keluarga berada dan keluarga suami keluarga yg sederhana. Pendidikan suami pun bisa dibilang hanya lulusan SMA dan sya lulusan sarjana hukum. Dan sya bekerja di tempat yg pangkat sya lumayan tinggi. Sdngkan suami hanya pekerja pabrik biasa. Awalnya saat2 sya baru nikah dg suami ibu mertua sya sangat baik tidak prnh menuntut apa2. Tpi stlh semakin lama menikah dia slalu menuntut sya untuk minta beliin ini itu ke sya mulai dari baju mahal,hp baru,bhkan sampe perhiasan. Suatu hari saya prnh tes mertua klo sya mau Risen dari kerjaan sya tpi mertua ngelarang dg alasan suami sya ga ada yg bantu keuangan nya dan anak sya butuh biaya untuk pendidikan nya pdhl sya faham betul kalau mertua larang sya Risen kerja bkn krna alasan itu tpi krna dia ingin memeras keuangan sya dan sya udh cukup tau bahwa sifat mertua matre seperti itu pdhl sya cuma tes dia dan ga Risen beneran. Mertua sampe2 mengadakan arisan sma orang2 dan mertua sya yg megang arisan nya ternyata semua uang arisan orang2 di pake sma mertua entah utk apa. Otomatis orang2 yg ikut arisan minta ganti rugi uang nya yg hilang krna suami ga mampu bayar jadi lah sya yg di pinta bayar. Mertua selalu minta uang sma sya setiap bulan saat sya gajian pdhl gajih suami udh di kasih ke mertua sebagian dan mertua ttp minta uang lg ke sya . Dan kmrin ayah sya meninggal dan beliau memberikan warisan pada setiap anaknya. Akhirnya sya mendapatkan warisan dari almarhum ayah sya berupa rumah dan tanah. Dan bisa2nya mertua merayu sya untuk menjual warisan itu untuk belikan dia mobil sedngkan selama ini sya kerja jg ga prnh pke mobil dan dia minta belikan mobil ke saya? Sya cape Bun sya sperti ATM berjalan disaat sya bilang ke suami,suami malah membela ibunya yg matre itu pdhl uang tabungan sya untuk biaya pendidikan anak sya nanti tpi mertua malah seenaknya memeras sya. Sya hrs gmn Bun menghadapi sikap mertua? Apa sya hrs pisah sma suami sya krna mertua?

47 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kok bisa tau Bunn kalo bunda dapet warisan rumah sm tanah ? tau dari suami bunda kah? atau mertuanya nguping? rumah nya deketan nggk Bun? kalo saya sih mending nabung deposito atau tabungan lain yg disembunyiin aja dr mertua & suami. bukan apa2 cmn ngeliat tabiat suami yg justru membela ibunya (Karna mungkin juga kecipratan enaknya) makanya bisa segitunya ke ibunya. bunda harus bisa tegas apalagi itu hasil kerja bunda sendiri. saya juga kerja Bun, ibu mertua saya mungkin juga kaya gitu tapi beliau beraninya minta ke anaknya aja sih, gakberani minta ke saya langsung dan saya kalo dimintain jg cm senyum aja. untuk tabungan, saya ada 2 jenis tabungan, yg satu yg nominalnya suami saya tau, dan yg satu lg itu tabungan pribadi saya. kebetulan saya jualan jadi kalo ditanya masalah uang tabungan itu, saya jawab "ini uang gkbs diganggu gugat, cuma boleh keluar utk dagangan aja" dan nominal pastinya gkada org yg tau selain saya. mmg utk masalah uang lebih baik kita membatasi diri sih Bun, karena kadang orang2 sekitar kita tuh nggaksuka ngeliat kita "punya" banyak uang. bahkan suami saya pun bilang "saya gakpapa dihina, dibilang miskin gakmampu dll sama ibu & sodara2, dijelek2in jg udh biasa karena emg ky gt keadaannya. lebih baik gitu, drpd tau ada duit ntr malah diminta kesana sini"

Baca lagi

tolak donk bun jgn mau di peras gt, memang di pikir cari duit gampang apa, bunda kn sarjana hukum harus nya bisa lbh berpikir klo ud kyk gt mertua ud ga bnr, enak Aja duit dr hasil krj sndr mau di minta bt beli ini itu aplagi bkn sesuatu yg penting dan cm bt kesenangan mertua sndr, klo sya jadi bunda dr awal ga bkal mau di peras gt, mau nyenangin dan ambil hati mertua boleh contoh beli hp krn pkai nya lma dan cm sekali beli trs jg misal lg ultah beli hadiah emas gpp sekali2 nm juga biar kita di syg juga sm mertua tp y ada batas ny bund org hasil duit krj keras sndr jgn mau lah di pinta ini itu sm mertua, apalagi sampai di bayarin yg mslh arisan klo sya mah biarin Aja biar kapok dan tau rsa dan next ga bakal lg yg nm nya makan duit org, klo di bantu sekali mah bkal ad ke2 kali dan seterus ny bun jadi kebiasaan di pikir bunda bakal bantu trs dan trs, klo suami bunda mlah bela ibu ny yg jelas2 slh mah keterlaluan klo sya jadi bunda ya tak tinggalin krn sdah jelas ibu nya yg slh mlah ga belain bunda pny suami kyk gt bt apa cb apalgi bunda sarjana hukum pnya gaji ok tanpa suami pun bisa hidupi anak dan diri sndr, semangat bunda jangan mau di peras harus tolak dgn tegas it mertua ny ud kyk parasit

Baca lagi
VIP Member

Rata2 mungkin gemes ke bunda yg terlalu baik ke mertua, begitu pun saya. kalau sudah diperas gitu harus berani menolak. org hukum biasanya tegas. Apakah masih serumah dgn mertua? Kalau masih, segera keluar entah ngontrak atau dirumah warisan, intinya jangan serumah dgn mertua. Gajimu utk tabungan anak dan dirimu. Biar apa? Biar suami bertanggungjawab atas kehidupan anak istri secara penuh. Jangan ganggu gajimu utk kebutuhan rumah tangga apalagi mertua yg maaf kebutuhannya bukan kebutuhan pokok ya, ngelunjak namanya mertuanya apalagi ke menantu mintanya. Dibilang pelit? Biarin aja masa bodo aja. Suami marah? Kasih tau kalau kamu g mau diganggu uangnya. Uangmu utk kamu dan anakmu saja. Bisa kamu gunakan jika suami tdk ada penghasilan sama sekali. Saya rasa gaji suami mu masih cukup utk kehidupan kalian nabung, kalau mau ngasih mertua semampunya dari sisa uang gaji suamimu itu. Karena berdasar cerita bunda, kog suami juga sedikit terlena karena bunda ada penghasilan. Kayak memanfaatkanmu secara halus. πŸ™πŸ»

Baca lagi

pindah aja bun, keluar dr rumah mertua. mertuanya banyak maunya, mau ini mau itu. kagak mikir juga pas ngmng beliin mobil pakai warisan nya ortu bunda. harus benar-benar tegas menolak, jgn iya iya manut manut aja. nggk akan selesai. habis diturut ini, pasti mnta itu. bilang sm mertua " buk ini uang sy nggk ada hak buat kalian yg ngatur, dan juga kalau mau peras peras aja anak ibu. jgn ke sy. bilang juga ke suami "kamu tuh gimana sih sebagai suami? kamu tuh ada tanggung jawabnya sm istri, kamu emang berhak ngasih ke ortu kamu tp jgn memaksa semua dr aku buat wujudin keinginan ibu kamu pokoknya jgn mau bun, simpan uang tanpa tahu suami dan keluarganya. nanti pas butuh bisa digunakan, takutnya pas kita nggk ada mereka malah sok nggk tau menahuπŸ™„ kalau ada apa2 biar mereka yg tanggung,

Baca lagi
2mo ago

Aku setuju nih. Biasanya wanita karir dan berpendidikan itu punya prinsip yg kuat, tdk mau ditindas/dimanfaatkan. Cuma mungkin TS emang org nya sangat baik. G berani nolak mertua dan g berani ngomong tegas ke suami. 😁

hrs tegas bun. nanti klo bunda selalu ngasih ke mertua, malah tambah seenaknya. misalnya suatu hari nanti bunda lg gak pegang uang(maaf bkn menyinggung) trs mertua tau bunda gak punya uang. yang ada bunda di tendang karna merasa tidak ada manfaatnya lagi bagi dia. mertua cmn manfaatin bunda doang. percaya lah bun. klo masih trs2an bgtu klo saya sih gak kuat, udah di bicarakan baik2 tp tetep matre mending pisah. bunda punya anak, bisa fokus ngurus anak. mertua gak tulus jgn dipertahankan. krna mertua gak punya hak mengatur keuangan bunda. suami boro2 nasehatin ibunya malah belain trs, intinya sama saja. inget bun, mereka sedang memanfaatkan bunda

Baca lagi

maap bun. dulu saya jg gini, dari pas pcaran sampai menikah, tp skrg gak lg. dulu pas pacaran, mertua sampai nlp minta beliin bedak lah, sabun muka lah, mukenah lah, tas , sepatu, mkanan wkkwk. pkoknya gak tau malu lah. padahal baru pacaran blm menikah. pas menikah makin menjadi". akhirnya aku masa bodoh lah bun. mertua nlp minta ini itu. tp gak pernah aku turutin. aku iyain aja. tp gak pernah aku beliin karna beda rmh jg. aku tinggal sm ortuku bersama suami. jd mgkn lama" mertua mgkn merasa tidak dihiraukan. lama" tidak lg seperti itu. cb bunda sekali" tegas bun.

Baca lagi
TapFluencer

Harus Tegas bun, !! kalo minta beliin barang bilang aja " ibu minta aja ke anak nya( suami bunda)" , paling nnti ibu mertua ngadu ke anak nya (suami bunda) , nnti suami bunda pasti ngobrol ke bunda,, nah dari situ bunda obrolin ke suami bunda,,klo bunda g mau hasil keringet bunda di peras gtu aja,, kan bukan tanggung jawab bunda buat nyenengin ibu mertua ,,, g papa di bilang menantu kurang ajar juga ,,, tutup kuping ajaa,, klo suami masih bela ibu mertua, bunda harus makin2 belajar peliiit bund,, enak aja,,udh mah ngasih duid nyaa di bela kaga

Baca lagi

ikut gemes jg ya bacanya, apalagi suaminya malah membela ibunya padahal perilaku ibunya itu sudah lumayan keterlaluan saya rasa mertua tidak ada berhak mengatur keuangan keluarga anaknya jika anaknya sudah menikah, apalagi ini uang menantunya harta warisan dari ortunya sebaiknya bicarakan dlu pda suami, katakan semua keluh kesah bunda,, lalu kalo mertua minta jatah ke bunda, jangan lagi d kasih dlu bun,, biarin aja,, sampe dia capek dan sadar diri klo slama ini dia salah,,

Baca lagi

jangan mau diperas gitu .. bunda harus belajar tegas .jangan mentang mentang itu mertua bunda lalu bunda diem aja dgituin .anak bunda msih umur segitu .bunda liat dlu aja . kalau GK bunda kasih .gmna reaksi dia biasanya mertua kayak gitu kalau GK dksih uang lgi pasti bakalan benci sama ibu .nah disaat itu .kalau mertua bunda itu bilang ke suami bunda dan nyuruh cerai in bunda . bunda iya in aja . ngapain juga bund bertahan sama. org yg mata duitan .toh Allah lebih tau mana yg bener mana yg slah bund .

Baca lagi
TapFluencer

Loh kan kamu berpendidikan masa ngadepin begitu aja gabisa, tinggal gausah dikasih cuekin aja mau merong-merong juga Ngapain bikin pusing mikirin itu, pokoknya kalo gajian gausah kasih berlebihan cukup sekedar sedekah aja, jangan kasih nominal sesuai yg dia minta tapi kasih sesuai yg kamu mau kasih supaya dia tau ga semua kemauannya bisa diturutin Jangan mau juga disuruh bayar arisan karna itu ga ada sangkutannya sama kamu Bilang nyari uang ga mudah shayangg

Baca lagi