mendidik anak

Sy baru saja menyelesaikan jenjang Magister tp memilih tdk bekerja demi bisa membesarkan dan mendidik anak sy sndri. Krn menurut saya anak adalah prioritas utama. Ada yg sama?

mendidik anak
75 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sayaa setuju saya juga memilih jadi IRT untuk mendidik anak " saya Sebenarnya wanita (istri) bekerja itu ada syarat " nya kalau memang ekonomi keluarga "sangat" tidak bisa tertolong dgn hanya suami yg bekerja oke aja istri bekerja tapi sekali lagi urusan anak jgn sampai diabaiakan , harus ada waktu dan kebanyakan skrng wanita yang kerja karena pgn punya penghasilan sendiri , bisa beli brg " yg termasuk keperluan tersier bukan pada kebutuhan primernya walau tidak semua wanita seperti ini saya anak yg kurng merasakan adanya org tua saat saya kecil mulai dari bayi - saya SMA pun perhatian org tua tidak terlalu saya sering nangis saat ambil rapot bisa dikatakan setiap ambil rapot org tua saya tidak pernah bisa ambil karena sibuk saya anak yg berprestasi , selalu juara tapi setiap saya pulang bawa hadiah juara saya , reaksi org tua biasa saja karena mereka dlm keadaan sibuk kerja sejak kecil saya jrg dibawa jalan / sekedar ngomong tentang aktivitas saya akhirnya saya tidak percaya keluarga dan lebih dkt dengan teman saat ayah syaa mulai sakit dan mulai selalu ad dirmh baru lah ada komunikasi efektif antara anak dan org tua begitu juga ibu saya ya padahal saat itu hidup saya berkecukupan banget apapun saya bisa dapatkan mainan banyak uang jajan banyak hp saya pasti yg mahal dibelikan tapi ya bukan itu yg anak mau tapi adanya org tua disisinya efeknya saat saya stess sampai depresi saya ngak bisa ngomong / mengungkapkan sesuatu untuk meredakan hal yg menganjal di diri saya karena apa ? karena saya jarang komunikasi smaa org tua dan skrng saya bener " pengen melampiaskan itu maksudnya saya pengen anak saya tidak merasakan apa yg saya rasakan kekuatan antara anak dan org tua sangt penting

Baca lagi
VIP Member

Jadi inget najwa shibab. Kenapa wanita seperti diharuskan memilih antara menjadi pekerja dengan menjadi seorang ibu? Ini stigma yang sedari dulu menjadikan wanita seakan2 tidak berdaya.. kalau saya bisa menjadi keduanya kenapa tidak? 😊 Hehe kalo saya pribadi, saya magister, dan akan melanjutkan s3, saya juga berkarir dan akan menjadi seorang ibu. Teman2 saya sesama magister juga kuliah, bekerja, menjadi seorang ibu, dan menjadi seorang istri.. 😊 Keluarga saya, tante2 saya juga seperti itu. Alhamdulillah anak2nya sehat, pintar, mandiri, dan kuliah tinggi... as woman, we can do it 😊 kalo rumah tangga saya, istri suami saling membantu.. sama2 bekerja, sama2 mengerjakan pekerjaan rumah, semua sama2.. sehabis pulang kerja atau libur, saya masak dia cuci piring, dia cuci baju saya nyetrika, saya nyapu dia ngepel.. 😂😂 Bos saya jg sama, dia wanita dan jadii IRT.. pulang kantor, ke carrefour belanja sayur, pulang masak, ngurus anak, ngajarin belajar dan bantuin PR anak2nya, nidurin anak, nyetrika baju kerja suami, nyiapin baju anak2 besok sekolah, ngobrol sama suami, tidur.. bangun masak sarapan, nganterin anak2 sekolah, ke kantor dan bekerja full kerja keras.. kadang kalo liat bos jadi malu sendiri kalo gak bisa setangguh dia 🤣 Tp keputusan kembali ke masing2.. pendidikan tinggi kan gak cuma buat kerja, tp bisa juga jadi bekal buat didik anak.. mau jadi working mommy atau IRT, semua ibu pasti berusaha memberikan yang terbaik untuk anak2nya.. jadi ga selamanya jadi working mommy berarti tidak mengasuh anak dengan benar..

Baca lagi
4y ago

Iya bener. Ada yg full time mom pgnnya kerja. Ada ibu pekerja pgn jd full time mom. Kita gk bisa menghakimi org lain. Mau jd full time mom, atw working mom gak ada yg salah. Bkn brrti anak yg ibunya working mom gkbsa pintar, mandiri, dan sukses. Begitu sebaliknya. Saling menghormati, saling menghargai.

Saya selalu diajarkan oleh ibu saya, ada 3 alasan kenapa perempuan harus bekerja: 1. Suami belum tentu selalu sehat 2. Suami belum tentu panjang umur 3. Suami belum tentu setia Bukannya berprasangka buruk, tapi ada baiknya perempuan juga bisa mandiri jika kondisi tersebut terjadi dalam rumah tangganya, agar bisa ambil alih kemudi bahtera dan menyelamatkan anak-anaknya. Ibu saya seorang profesor di PTN, ayah saya pengusaha. Kami tidak berkekurangan, ibu bekerja karena passion-nya dan ayah sangat mendukung. Jika ada yang bilang anak dari ibu bekerja kurang perhatian, bisa jadi benar karena ada contoh demikian di sekitarnya. Tapi, alhamdulillah saya dan ketiga saudara saya baik-baik saja. Kakak saya dokter jantung, saya mengikuti jejak ibu menjadi dosen, adik perempuan saya seorang bankir, dan adik laki-laki sedang studi magister. Jadi ada baiknya kita buka mata dan pikiran, jangan mudah melakukan polarisasi, seperti working mom vs stay at home mom. Semua sama baiknya bunda, tinggal mana yang lebih sesuai dengan sikon masing-masing.

Baca lagi
4y ago

Persis seperti yg dikatakan oleh ayah saya, iya malah ayah saya yg meminta saya untuk jadi wanita yg berpenghasilan karena kemungkinan2 itu. Ayah saya jg laki-laki yg mendukung istrinya untuk berkarir. Dan saya jg tidak merasa kekurangan kasih sayang.

Selain kuantitas, jg perlu kualitas bun. Mgkn ada ibu yg hanya 3-4 jam/hari bertemu anak + weekend, tp hubungan yg dibangun sangat dekat. Dan bisa juga sebaliknya, ada yg 24×7 hari sma anak, tp hubungan yg dibangun blm maksimal. Rasanya kita tdk perlu membanding2kan diri. Jika jdi IRT tdk perlu merasa lebih baik dr ibu yg berkarir. Jika jdi ibu berkarir tdk perlu merasa lebih oke dr IRT. Krn kl spr itu jdi terlihat sbnernya sedang cari dukungan n pembenaran. Ada IRT yg sebenarnya jauh dlm hatinya ingin jadi ibu berkarir krn ingin punya aktivitas d luar. Ada jg wanita berkarir yg ingin fokus di rumah dg buah hatinya tp keadaan n kebutuhan blm memungkinkan. Yg terpenting adl jadi ibu yg bahagia dan bersyukur apapun profesinya. Krn kl masih melirik atau mencari sisi negatif profesi ibu yg lain, coba dicek lagi jauh kedalam hati kita, jgn2 sebenarnya kita blm nyaman dg posisi kita dan ingin ada di posisi mereka? Maaf ya bun bkn mksd menggurui, ini jg pengingat unk sya sendiri.

Baca lagi
4y ago

Well said! Biasanya org yg mencari pembenaran dan dukungan malah ga nyaman dgn posisinya saat ini. Jd daripada saling merasa "lebih", kita harusnya saling mendukung.

Saya dibesarkan oleh ibu pekerja. Beliau bekerja sapai umur 60 th pensiun. Semua dia korbankan demi anak. Waktu saya baru 1 tahun saya sudah berpisah dgan beliau 6 bulan lamanya. Karena beliau pelatihan, ayah saya pelaut yang kalau pulang 6 bulan 1x. Saya di titipkan dengan nenek saya dan tante saya sehingga harus minum asi tante saya. Apakah saya kekurangan kasih sayang? TIDAK. saya dilimpahkan kasih sayang yang menurut saya berlimpah. Semua keinginan di berikan, pulang sekolah antar jemput, malam2 beliau menemani saya membuat pr. Tidak ada yg kurang. Mau ibu bekerja mau fulltime mau part time. Semua dilakukan untuk anak. Dan saya respek kepada ibu saya beliau sangat semangat bekerja hanya untuk memberikan apapun keinginan saya. Tapi beliu juga mendidik saya sehingga saya bisa mandiri semua serba sendiri. Karena beliau tidak bisa di samping saya 24jam. Alhasil saya menjadi pribadi yang tangguh dan tidak cengeng.

Baca lagi
4y ago

Iya mungkin bund..pdhal ibu mertua sya punya usaha sndri,tp tetep ngbatu suami sya ga boleh..smpe prnah ditegur lngsung sm ibunya..ttep dia cuma geleng2 kpla.."ngga mah,jangan" krn sya istri anak prtma,jd udh dr dlu pling diminta buat bantu usaha ibunya..

Saya sarjana belum sampe magister, tapi saya pun memilih tidak bekerja, krn saya tidak bisa menitipkan anak saya ke orangtua, dan saya tidak bisa-tidak percaya-tidak sreg jika harus pakai baby sitter/day care, saya pernah mencoba tapi yg ada saya was-was dan malah gak konsen di tempat pekerjaan .. jadi kalo menurut saya, tidak ada yg salah ketika memilih berhenti berkarir demi anak.. jika memang mampu, sanggup dan punya support system yg bagus untuk bisa ttp melanjutkan karier dan cita-cita, Alhamdulillah, rejeki nya berarti krn tidak harus berhenti. Tapi saya tidak putus asa, saya ttp belajar entah belajar parenting atau belajar yg lain, jd gak kudet.. dan ketika anak sdh sekolah, sdh sibuk dg kegiatan nya sendiri, percaya deh, kita ibu nya jg punya waktu luang lagi untuk diri kita sendiri, bisa untuk kuliah lagi, atau kerja lagi part time/full time 😊 trus semangat ya bundaaa 😊

Baca lagi
TapFluencer

Kalo saya sih tidak mau membanding bandingkan antara IRT vs working mom. Semua tergantung bagaimana kita menjalankan peran sebagai seorang Ibu. Ada yg working mom mampu mendidik anaknya dg baik, ada yg IRT tp anaknya ga karu karuan. Setiap orang punya jalan hidupnya masing masing. Bagi mereka para single fighter harus kerja. Ada istri yg suaminya tidak mau kasih nafkah. Ada istri yg gaji suami benar benar tidak bisa mencukupi kebutuhan. Dan masih banyak kondisi lain juga Ibu saya kerja bukan karna tidak memprioritaskan saya. Meski Ibu kerja, beliau tetap bisa mendidik saya dan adik saya dg baik. Maaf bukan maksud ghibah ya, ada tetangga tetangga saya yg IRT tp anaknya nakalnya bukan main. Semua tergantung bagaimana kita menjalankan peran sebagai Ibu. Hargai keputusan mereka yg memilih untuk bekerja. Kita memiliki kondisi hidup masing masing.

Baca lagi

aku. senggaknya lulus S1, tp gak kerja. fulltime jadi irt. alhamdulillah rejeki cukup meskipun cuma suami yg kerja. aku fokus ke anak2 dulu pun atas permohonan suami. katanya kalo bisa jgn kerja dulu, kasian masa kecil anak2 ga bisa diulang 😊fondasi sifat dan kepribadian anak sih katanya di golden age ini.. yg kasian itu kalo single parent atau memang faktor ekonomi sehingga seorang ibu harus ninggalin anaknya untuk kerja ☹️ ortu suami, yg kerja cuma bapaknya, ibunya irt.. ortuku, yg kerja dua2nya. jd kita masing2 paham dgn plusminus dari 2 pilihan itu krn ngalamin sendiri di posisi anak. terus pas aku tanya ke anak pertamaku "mama kerja ya? nanti mama bayar mbak buat nemenin kamu dan dedek." . mukanya langsung merah dan nangis sekejer2nya. aku gak tega. dia terus pelukkin aku. apa sekolahku sia2?? ya enggak dong, krn kepake bgt kok buat peran sbg irt.

Baca lagi
4y ago

bilng aja klo krja anknya mau di kmnain gtu bun

Klo mnurut aq sih itu trgantung keyakinan hati sndiri ya. Kdg ibu yg bkrja sllu bilang krna kondisi dan keadaan jd jgn ngejude. (Slain single parent loh ya) Pngalaman aq sih suami llusan SD bun dan aq SMA tp smnjak nglamar suami udh minta sma aq bsok klo nikah qm jgn krja ya biar aq aj yg krj. Bayangin bun dy llusan SD krja jg msih serabutan aq bolak blik izin mw bntuin dy bwt krja tp suami sllu nolak kta dy insyallah smwny akan ckup tnp qm hrus ikut krja. Dan alhamdulillah emng bner smwny ckup bun ya mungkin sy gk kyk ibu lainny yg bisa mgng uang lebih atau stiap keinginanny bisa trpnuhi. Tp entah knp d stiap ada sesuatu yg pnting sllu ada aja rezeki yg dtg. Dr situ aq mulai brpikir trnyta klo emng qta yakin emng sllu ada aja jalannya.

Baca lagi
4y ago

Sama bun 😢 suami yg usaha istri dirumh doain semoga suami dilncarkn cari rizkinya 🙏 . ...

setiap ibu punya pilihan masing2, ada yang memilih bekerja karena berbagai alasan seperti faktor ekonomi, adapun ibu yang memilih tidak bekerja karena ingin bersama anak sepenuhnya, semua ga ada yang salah selama anak masih bisa dipegang ibunya, namun masing2 pilihan pasti ada plus dan negatifnya. Saya pribadi memilih resign (untuk saat ini) karena saya mengenal diri saya sendiri sehingga khawatir dengan anak saya. Namun saya juga sependapat dengan pemikiran seorang istri sebaiknya tidak bergantung sepenuhnya dengan suami karena banyak hal2 yang kemungkinan bisa terjadi. Semoga masing2 ibu diberi jalan yang terbaik oleh Tuhan

Baca lagi