7 Bulanan, kasih saran dong bun

#seriusnanya bun selama hamil ini ekonomi pas"an bgt+banyak bgt tanggungan. Posisi yg kerja cm suami.. Aku kasian klw harus dipaksain acara 7bulanan meski hanya sekedar nyebar nasi kotak+jajanan ke klwrga inti saja krna tanggungannya lebih besar dibanding gaji suami, tp disisi lain ini anak pertama yg sbnernya aku sbg calon ibu baru pengen bgt dirayain meski kecil"an. tp kuangan bener" lg dibawah🥺 Klwpun ada uang apa uangnya buat nyicil lahiran/dipaksain 7bulanan ya bun? #bantusharing

95 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

mendingan musyawarah dulu sama keluarga bunda Dan keluarga suami, aku juga baru kemarin ngadain 7bulanan, posisi suami aku baru dpt pekerjaan, aku gamau maksain 7bulanan gede2an, aku mikirin untuk beli perlengkapan bayi Dan biaya lahiran, terus aku bilang ke mertua, acaranya sederhana aja, ibaratkan, entah itu 3 kotak nasi aja Yang penting niatnya untuk syukuran anak (aku juga syukuran anak pertama) karna aku mikir kalo terlalu dipaksakan, biaya lahir anakku gimana, meskipun setiap anak sllu membawa rezeki tapi aku wanti2, untuk persiapan Dan alhamdulilah bantuan dari dua keluarga, semua berjalan lancar, akhirnya kita berdua memutuskan untuk pesan nasi kotak, seadanya aja bund, namanya aku hidup diperkampungan acara 7bulanan itu mungkin wajib, tapi tidak terlalu dipaksaan dengan kondisi Yang harus mewah. 😇 semoga acaranya lancar ya bund, banyak rezekinya, amin yarabbal alamin

Baca lagi
2mo ago

iyaa bun amiin,mksih do'a dan masukannya

VIP Member

ga usah maksain diri untuk hal yg ga wajib bun... 7 bulanan ga wajib... bahkan sunnah pun ga... ga ada hukum agamanya.. persiapan lahiran lebih penting... dan bisa coba mulai nabung juga untuk aqiqah... kalau dana pas²an aqiqahnya nanti juga ga perlu maksain pake acara, ambil yg sunnahnya aja... minimal udah potong kambing.. nanti bisa masak sendiri atau pake jasa masak dan di bagiin ke tetangga dalam bentuk nasi box.... tapi kalau ga ada dananya pun, ga ada paksaan dalam agama untuk wajib Aqiqah.. hanya sunnah saja untuk yg mampu.. semoga lancar kehamilannya dan sehat² ya bun..

Baca lagi
2mo ago

aqiqah itu sunah yg dianjurkan ya, jadi memang harus nabung sih kalo nunggu mampu bahkan sampe si anak baligh atau dewasa lalu baru ada aqiqah, hukumnya menjadi sodaqoh, bukan lagi aqiqah pada umumnya, CMIIW

kalo saya pribadi lebih baik buat nyicil perlengkapan bayi sama persiapan lahiran bun, walopun lahiran di cover bpjs tetap saja yg nungguin di RS harus makan, belum bensin, dll. memang sih kalo anak pertama suka kya gitu, pengen di rayain atau buat acara karna memang yg di tunggu2. tapi kalo keuangan kita tidak memungkinkan ya jangan memaksakan daripada repot di akhir. di simpan saja uangnya untuk yg lebih penting, belum lagi aqiqah bagi yg muslim. kalo misalkan dari keluarga bunda ada yg siap nanggung biaya semuanya ya monggo bisa di bikin acara, tapi kalo semuanya dari bunda dan suami sedangkan keuangan tidak memungkinkan, jangan di paksakan jujur saja sama keluarga. semangat ya bunda..

Baca lagi
2mo ago

iya sih memang masih lama lahirannya, tapi kalo nyicil baju bayi ngedadak suka ada aja yg lupa.. aku juga nyicil sedikit2 dari uk 4 bulan, soalnya sambil ngumpulin dulu uangnya,, kadang ada aja yg lupa.. mudah2an keluarga bunda di lembut kan hatinya ya, bisa ngerti sama keadaan bunda dan suami.. doakan terus..

AQ awalnya jga antusias Bun tentang 4 dan 7 bulanan..toh yg biyayain waktu itu keluarga q dan keluarga paksu jdi q ngikut aja,ad marawis jga dll agak meriah lah..pas tuh Bun breng tetangga paksu 7bulanannya selang 2-3mingguan anak tetangga q lahir tpi BB nya normal d bidan lahirannya plang selang 1meninggal..dan q selang 4minggu an ikut lahiran tpi anak q BB nya kurang jdi harus d inkubator selang 10hari meninggal jga.😢..selang setahun q hamil LG Bun tpi cma ad ini 4bulanan aj 7 bulanan GX walau ad dana tpi trauma..alhasil uangnya q buat cicil perlengkapan bayi dan buat lahiran Bun karna paksu kerjanya GX tetap gaji jga GX seberapa cukup buat beli rokok dan makan aj.. maaf mlah curhat.

Baca lagi

sama Bun kondisinya dg saya... saya juga mau masuk 7 bulan dan anak pertama, kalau ada rejeki pingin juga sih berbagi, namun kalau tdk ada tak mengapa tak ada 7 bulanan. Insyaa Allah tekad niat untuk perbanyak doa kemudian merutinkan sholat sunnah ( perbanyak dan memperlama sujud) dan merutinkan baca Qur'an mudah2an jadi wasilah kita agar Allah menolong kita, dimuudahkan dan dilancarkan proses lahiran dan kelak anak kita tumbuh dan berkembang menjadi anak yg sholih. Kalau buat saya yg paling prioritas adalah bekal untuk persiapan lahiran pun juga bekal persiapan untuk aqiqah apalagi kalau baby nya laki2 jadi harus siapin dg 2 kambing. *semoga Allah memudahkan dan memampukan kita ya Bun...

Baca lagi
2mo ago

iyaa bun aamiin, mksih do'a dan masukannya

bun.. aku jg engga 7 blnanan karna aku tinggal rantau sama suamik berdua, jauh dr saudara mana2, trs baru pindah juga blm ada banyak kenalan, jd aku ga 7 bulanan.. repot jg kl hrs ngurusin sendiri bun karna blm tau daerah jd aku ga ngadain, gapapa ko bun ngga juga lebih baik uangnya buat nyicil lahiran sama perlengkapan.. karna jujur aku ini anak pertama, tiba2 gede aja pengeluarannya karna di sekaligusin belanja mana mepet buat lahiran 😂 kadang suka kasian sama suami tp alhamdulillah ada aja rezekinya, mudah2an lancar terus suami rezekinya 🤲 aamiin kebetulan aku jg yg kerja cm suami bun.. jd cm dr situ pendapatan pakai yg menurut bunda lebih penting aja bun

Baca lagi
2mo ago

iyaa bun mksih masukannya

seperti yang sedang saya rasakan bun.. karena saya tinggal di desa, kalo anak pertama harus ada 7blnan. tetangga saya bilang.. kalo acara 4bulanan & 7bulanan itu masih tanggungjawab orangtua. Jadi itu harus dibicarakan sama orangtua dan mertua. Walaupun pake uang kita, itu harus dikomunikasikan secara kekeluargaan. Dananya ada apa enggak, acaranya gak harus mewah. Kalo gak ada, cukup buat among2 kecil2an. sebagai tanda syukur. tanggungjawab saya aqiqoh anak. jadi saya lebih mengutamakan aqiqoh, kalaupun besok ada rezeki. insyaallah niat baik pasti akan dipermudahkan.. bismillah Bun..

Baca lagi
2mo ago

🙏☺️

Aku banget ini .. Posisi juga anak pertama, dan Uda nunggu lama. semalam baru aja suami tanyak, aku mau gmn acara nya nanti, ya kalo nurut maunya hati, pengen ada ini pengen ada itu, cuma gak berani maksa juga, posisi ngerti banget keuangan nya gimana. yah sekarang pasrah aja, berharap sama Allah kasih rejeki bisa terwujud keinginan semua. mengingat setelah syukuran, bulan berikutnya Uda mulai persiapan perlengkapan baby.. bener² yang kayak gak mau menghayal sedikitpun sekarang, biar nanti gak kecewa juga kalo ga tercapai 🥺 semangat untuk kita bunda 💪💪😇

Baca lagi
2mo ago

Hhhaa bener sih bunda, susah utk gak di pikiran yah... 🤭🤭

ini kejadian yg aku alami skrg , dr uk 3bulan udah rencana mau ada acara pengajian aku dan suami setuju , eh h-7 suami mbulet uang dikasih setengah dulu lah nanti lah ini lah itu lah padahal aku yg sebelum²nya udah ngempet ngga boros , dg emosi yg tinggi alhasil gelang emas pembelian suami tak jual sendiri drpd malu sm orangtua udah bilang iya buat pengajian malah uangnya blm ngumpul . gak peduli debat sm suami yg penting niatnya sudah terlaksana .. maaf ya bun mungkin tidak patut ditiru tapi apapun yg aku punya ya bakal tak jual kalo itu buat keperluan anakku

Baca lagi
2mo ago

ya klo gamau crita ke istri gak usa berumah tangga lah bun , klo sy pribadi harus lebih utama terbuka dan komunikasi apapun masalah nya ya harus dihadapi berdua klo emang ada ya ada klo emang gak ada ya gimana caranyaa .

ya alloh...tdk usah memaksakan jika memang tdk ada... pasti sbgai ibu baru ingin sgla sesuatunya buat ank prtma... bnyk yg lbih diperluin nnti bund.. misalnya biaya lahiran n biaya stlh lahiran... perlengkalan buat si baby jg hrus... lbih baik ditabung dlu... buat syukuran lahiran n klo ada rejeki lebih bisa nyicil buat aqiqah baby.. percya deh 4 blnan 7 blanan itu bkn suatu keharusan hnya adat n tradisi aja bunshay... tutup kuping jika ada yg nyinyir kekurangan qta... fokus ke calon buah hati n suami ya syg...

Baca lagi
2mo ago

iyaa bun emg gmw mkrin omongan org cm krna sering ditanyain soal acara 7bulanan dan diharuskan jd itu yg bkin kepikiran ..