Baju baby masa ga dicuci? (SIMAK BAIK2, JGN SALAH PAHAM, BUKAN NANYA PENDAPAT DICUCI/ENGGA)

Serius nanya, bunda2 yg denger dari orang "Baju baby itu gausah dicuci dulu." Itu alasannya apa ya? Apa ada mitosnya lagi? Padahal logika dasar banget, kan bekas konveksi, packingnya dipegang2 orang/kena mesin2, belum lagi di display di toko kena debu, dll. Jelas harus dicuci dulu. Kalau ada yg pernah disaranin keluarga atau tetangga gausah dicuci dulu, boleh sharing yaaa. Saya pengen tau aja, penasaran. Hihihi ga pake debat2 yaaaa. Sehat selalu semuaaa 🙏🏻

65 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kain + warna dibuat sm orang. baju dijahit sm orang. kancing baju diproduksi sm orang. baju yg uda selesai di packing masuk plastik sm orang. trus baju yg banyak itu masuk ke karung kodian, yg masukinn orang. trus smp ke tangan penjual, penjualnya orang. trus dr penjual di packing lg ke customer dilakukan sm orang. lebih dr 5 tangan yg pegang baju² atau apaoun yg kita beli utk kita gunakan ? trus ga dicuci ? kocak 🤣🤣🤣 gw mah prinsipnya ,, apapun mitos atau pembicaraan apapun statement & premisnya,,, klo ga sesuai logika akal sehat manusia, gw mentalin. ga percaya sm mitos, kejawen, apalagi smp syirik percaya sm jimat²an.. duh jangan smp. klo muslim, yaudah tinggal LILLAHI TA'ALA . apapun itu BISMILLAH.

Baca lagi
3y ago

Sebenernya kalo disimak gw tanyanya sama mereka yg menganut ga nyuci sih bukan sama yg nyuci. Gw juga nyuci soalnya 🤣

kalo saya mah bun dikasih tau sama mertua beli perlengkapan bayinya pas bayi udh lahir aja lah kata saya teh masa ga di cuci dlu, duh ngeri lg covid kaya gini, kalo udh ada baju bayi bekas siapa gtu sih gpp ini mah anak pertama blm ada persiapan apa² dr sodara juga ga ada lungsuran. masa iya ke bidan ga bawa perlengkapan bayi 1 pun 😅 kasian bgt ntr anakku😌. padahal saya niatnya juga beli perlengkapannya nnti pas udah lewat 8 bulan. padahal ini yg ditunggu² selama hamil biar bisa milih sendiri sesuai selera kita.

Baca lagi
3y ago

iya bun, saya juga lg berusaha buat ngomong dan ngejelasin scra baik² . saya juga ga paham sih alesannya spt itu knp. padahal niat saya mah ga mau ngerepotin siapa² .

dicuci lah Bun, mungkin orang dulu tiap beli baju langsung dipake tanpa cucu dulu, Karena berfikir klo dicuci bukan baru lagi namanya, saya pernah denger anggapan begitu.pun sy waktu msh SD tiap beli baju lebaran ga dicuci ,langsung pake aja pas lebaran, alasannya ya itu biar masih baru😂 tapi setelah sy SMP sudah tau lah ya ttg kebersihan ,tiap beli baju ya dicuci dulu sebelum dipakai, kecuali nyobain itu ga perlu dicuci🤣

Baca lagi
3y ago

Nah itu, aneh ya, masa ga dicuci. Oooh ternyata alasannya karena masih baru? Wkwkwk tetep kotor lah ya

bukan ke mitos sih bun arah nya tapi lebih ke "tidak menunjukan baju baru kalo di cuci dulu, gak langsung di pakai" krn saya sndri mengalami.. saat masih hamil saya lg jemur baju bayi yg baru di beli.. malah di kira baju bekas nya kakak nyaa krn di cuci dulu.. pdhl baju baru datang di anter kurir langsung di cuci 😅😅

Baca lagi
3y ago

gemess lucu gitu Bun, namanya baju bayi kan kecil kecil

klo aku sih di cuci dulu biar steril semuanya, biar nanti klo emang pas udh bisa di pake tinggal ambil aj di lemari baby. Aku juga gitu ko dulu di bilang sok bersih lah baju baru baby segala di cuci pdhl gasemua di pake cuma gaenak aj gitu masa iya baju baru emaknya di cuci dia engga 😂

katanya sih, biar keliatan baru bun, gg bekas gitu (aplg klo lahiran ank pertama).. cmn kyknya udh mulai pudar bun, tetangga ada yg blg jgn di cuci, tp tetangga yg lain nyangga "lha knp gg boleh di cuci, kasian bayinya nnti pake baju kotor yg belum di cuci".. Alhamdulillah udh pada paham..

3y ago

@ bunda maryati : maksud saya, yg pudar itu kepercayaan klo baju bayi gg boleh di cuci dlu, bukan tentang wrna ato cap baju bayinya bunda..

dapat teori dari mana sih baju bayi gausah di cuci.. yg ada bayinya ntar make ruam. kan bayi kulitnya sensitif. jadi apapun yg di pakein ke bayi pastiin bersih. baju baru ga di cuci kebayang ga bakterinya kek apa.. misal ada banyak org yg megang2 bajunya sebelum dibeli dan dikasih ke kita

3y ago

Lah ini yg saya tanyain bun. Blm ada yg jawab. Salah kaprah semua hahaha

bilang aja sama yg percaya mitos gituan, "situ beli baju baru, BH baru, CD baru, langsung pake ya? oh iya, kulitnya tebel sih ya. anak gue baru brojol kan masih sensitif." "oh kenapa? gak boleh diperes baju bayi krn nanti anaknya pegel2? situ peres baju apa peres anak oroknya?"

Hanya Orang Pintar yang katanya gak harus di Cuci 😅😅 .ia Jelas di cuci atuh Bunda.... .Secara gitu...Secara baju itu koTor walaupun Keadaan Baru... .Udah Gitu Kulit bayi itu Sanggatlah...Sensitif jiKalau gak Di cuci Takut nantti Bakalan Jadi iritasii Nanti pada Kulit bayi..

Baca lagi
3y ago

pertanyaannya kurang tersirat di statement bunda elsa. jadi banyak yang kira nanya pendapat tentang mitos itu.

itu jg mitos di keluargaku dr dulu bun. lucunya pas kena aku yg hamil, tiba2 ibuku mikir gini "loh kalo beli baju bayi pas lairan ga dicuci dong? wah berarti kotor dan ga aman yaa? ". semenjak itu mitos beli baju bayi pas lahiran (tanpa dicuci) mulai pudar bun haha alhamdulillah.

3y ago

Wahhh ada yg langsung ngalamin ternyata. Hahahaha Katanya kenapa tuh bun dulu jgn dicuci? Hihihi