Suami tidak terbuka

Saya sudah 1 tahun berumah tangga tapi saya merasa suami tidak terbuka sepenuhnya sama saya terutama soal uang kartu atm pun dirahasiakan klo dapet uang lemburan ga pernah bilang ke saya ngasih pun seperlu nya aja klo saya minta lebih malah marah. Kaya nya yg orang bilang uang suami uang istri itu bagi saya ga berlaku uang suami ya uang suami uang istri ya uang suami sedih sih bun

101 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

bismillah hanya menjawab sesuai pandangan saya ya bun memang penghasilan suami sebaiknya tidak diketahui istrinya sebab apabila penghasilannya kecil maka hilanglah wibawa suami dan khawatirnya istri kecewa dan membandingkan suami dengan suami orang lain jika penghasilan suami besar sedang istri dikasih lebih sedikit dr yg istri harapkan maka khawatirnya istri merasa suami pelit dsb selama bunda diberikan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar keluarga itu sudah cukup apabila bunda ada keperluan lain dibicarakan saja kepada suami tidak ada salahnya ko komunikasi perihal finansial, menikah kan seumur hidup usahakan samakan visi misi untuk finansial misalnya apakah ada keinginan untuk memiliki tempat tinggal dan bagaimana cara memperolehnya apakah dengan saving dll bagaimana dengan biaya pendidikan anak sekolah dll saya dan suami menerapkan hal yg sama, saya pun sebagai istri berharapnya suami memiliki saving sendiri sehingga dia juga bisa memenuhi apa yg ia butuhkan misalnya uang bensinnya, biaya ponsel bulanan dll sementara saya mengelola dengan baik uang darinya dengan menggunakan aplikasi keuangan rumah tangga jadi uang bulanan lebih terarah apabila ada sisa dr uang bulanan disepakati untuk saving sementara untuk kebutuhan lain saya biasanya diberikan uang terpisah dr uang bulanan, apabila ada kebutuhan yg membutuhkan dana besar biasanya didiskusikan harus bgmn jadi berumah tangga kuncinya komunikasi semangat bunda, jangan sedih²😊

Baca lagi

saya jg seperti itu kok bun.. tp kok saya biasa aja ya? gapernah tuh saya ambil hati.. yaaa setiap hati orang beda2 siii... soalnya saya ga pernah nerapin prinsip uang suami uang istri, uang istri ya uang istri. gapernaaaahh, soalnya rumah tangga itu kan berdua, jadi ya sama2. saya ga pernah jg buka dompet suami. saya ga tau pin suami. semua uang yg handle suami. selama kebutuhan saya terpenuhi mah diem2 bae. ga pernah minta lebih jg, toh buat apa. kalo butuh kan tinggal minta. saya jg gatau slip gaji suami. ga pernah terbuka masalah gaji. bilangnya cuma 1,8. tapi bisa beli lemari, bisa beli motor cash, bisa piknik tiap minggu, bisa jajan malming, bisa beliin skincare padahal saya ga minta. saya dulu kerja tp sekarang resign jadi ga pegang uang. gatel bgt nih tangan kalo ga pegang duit kan 😅 usaha online aja dari rumah. uangnya jg kadang kepake buat beli bensin suami.. kadang kepake buat beli kuota suami. intinya semua itu sama2 si bun.. dan bersyukur. jangan dibiasakan terpengaruh kata orang, jangan dibiasakan mikir kok orang pada begini kok aku begini. yg penting itu semua berjalan dengan baik... yaa kalo bunda mau segalanya terbuka coba komunikasi kan pelan2. jangan lgsg to the point.. pelan2. pillow talk jg boleh..

Baca lagi
VIP Member

Kalau sy dr awal sblm nikah si dh komitmen sma suami... Hrs trbuka soal apapun apalg keuangan (transparan) krn sangat sensitif & g jarang jd ujian rmh tangga trbesar... Jd, dr awal pas sy msi krja, sy tau gaji dia, dy tau gaji saya... Pas sy dh resign, otomatis hanya ngandalkan dy.. Tp g masalah krn sy tau slip gajiny brp, arus kluar msuk rekening atm dll.nya, tp atm yg dy puny y ttp dy pegang sndiri, sy pegang sndiri.. Arus rekening sy pun dy jg tau.. Proporsi pngeluaran bulanan pun mski sy pegang tp kita slalu diskusi klo mw bayar/beli sesuatu.. Jd sy libatkan dy dlm keuangan jg biar dy mikir & g perhitungan klo ksi jatah bulanan rmh tangga ke istri, jd dy pegang saku cukup, sy pegang bulanan jg cukup, selain itu fungsinya buat mantau & mncegah: -itu ada yg 'pnghasilan yg d sembunyikan' ato ga.. -arus keluar masuk keuangan suami istri ga terpakai sia2 -ga ada hal yg dtutup2i / sembunyi2 ato ada indikasi 'ngasi pelakor' 😂😝 Nb: krn sy rasa istri jg brhak tau mski skedar mantau.. Klo dlm pkerjaan, anggap aja profesi ibu rt utk ttp profesional sbg supervisor 😂😂

Baca lagi
4y ago

Iy.. Kurang lbih sy bgitu, klo ongkos krja sy ksiny bulanan, biar dy atur sndiri.. Toh ujung2ny klo kurang minta sy jg, wkwk 😂

sy berumahtangga mau 9thn, sampe skrg ATM suami yg pegang, no pin nya sy ga tau, pernah Skali ambil uang sndiri (dgn izin suami) Krn kebetulan lg mendesak trus suami jg mepet brangkat kerja, tp skrg lupa lg no pin nya. trus dompet suami jg sy blm pernah buka/priksa" sendiri, klo mau minta uang suami suruh ambil d dompet aku lebih memilih ambil dompetnya dan kasih k beliau biar beliau yg ambil, smpe skrg sy blm pernah liat slip gaji suami brp, sy cm tau gajinya sgini, klo ada potongan angsuran ya d potong JD sisa sgini, sy ga pernah kepo lemburan dapet brp atw bayaran poinnya brp klo kerjanya mencapai poin, kec. klo ada bonus tahunan/tabungan hasil karyawan yg cair 1thn Skali, sy sistemnya percaya aja Bun Krn uangnya yaa bwt sy" jg klo pas jatah sy abis, insya Allah suami sy agakan berhianat.

Baca lagi
2y ago

Masyaallah bener banget bun. Karna menurut syariat pun istri gaa boleh kepo sama gaji suami. Kecuali suami yg kasih tau sendiri. Kalau kita bersyukur insyaallah bakal dicukupkan atau malah dilebihkan. Kalaupun dikemudian hari suami berbohong masalah uang, insyaallah nanti allah ta’ala yg bakal “membuka” kebenarannya. Karna ini saya lihat sendiri kejadiannya di keluarga saya. Jd berprasangka baik aja ke suami, insyaallah semua baik2 aja.

sabar bunda, yang sm sprti bunda bukan hanya bunda sja, mungkin diluar sana juga ada, termasuk sya sendiri. Sya jga dikasih uang seperlunya aja cukup buat beli lauk dan makan buat anak, dikasih nya perhari. dan sya blm pernah ngerasain diksih jatah perbulan sekian, maaf bun bukan sombong atau gimana, pdhal suami sya kerja pns, punya tunjangan, dan kerja proyek jga. kebutuhn sy pun jrang di penuhi, jangankan dipenuhi.... kebtuhn sya itu gapernah tau menau, dan gapernah suami belikan, setiap sy ada keinginan segimaba caranya sy bisa nyisihin uang yg buat dipake beli lauk.. smpe skrg jga sy gatau gaji suami brp, tunjangan dpt brp, hasil dri proyek brp, sabar bund.

Baca lagi
Expert

Hi Bunda, saya Esta, Konsultan Keluarga & Pernikahan yang berafiliasi dengan theAsianparent. Wah, rasanya pasti sedih & kecewa jika suami tertutup apalagi dlm hal keuangan ya bunda. -Bagaimana kesepakatan bunda & suami dr sebelum menikah? Apakah suami mjd tertutup sejak menikah/bbrp bulan terakhir? -Apakah bunda biasa menulis laporan keuangan klrga? Keterbukaan suami bs jg dipengaruhi dr keterbukaan bunda soal keuangan. Jika mmg terkadang bunda merasa kurang, bunda bs tunjukkan rincian anggaran belanja pd suami. Jadi, suami jg sama2 tau bhw ada trust/kepercayaan yg ada dlm pengelolaan keuangan. Semoga bunda sehat selalu ya.

Baca lagi

wajar kok bun kalo suami nyimpen uang juga, tapi kalo gak mau cerita sama sekali gitu. ini harus pake trik "main halus main cantik" bunda perlu yakinkan suaminya dulu bun biar dia percaya kalo bunda bisa hemat, dan tujuan bunda nanyain gitu cuma buat tahu aja tanpa maksud apa2 Gak akan ngatur2 pengeluaran nya, nah aq yakin bun nanti dia luluh sendiri bun dan lebih terbuka (walau sebenarnya dalam hati berharap banget ditambah jatahnya tapi pura2 aja gak butuh dulu bun) yang pasti selalu berdo'a bun agar kalian lebih mesra lebih terbuka dan lebih saling percaya do'a baik istri untuk suami itu Insya'allah selalu diijabah

Baca lagi

Komunikasikan aja bun sama suaminya. Aku dulu dari awal nikah udah kasih tau suami masalah keuangan harus terbuka dan aku bilang juga kalo aku ga bisa hidup sama orang pelit. Karena aku juga kerja jadi ga bisa ga pegang uang dan suami memaklumi itu jadi tiap gajian ditransfer ke aku gajinya 😅 yg bikin masalah dulu pas awal nikah ipar ikut campur sok ngatur2 masalah keuangan kami. Tiap gajian nge wa trs suruh kumpulin, suruh nabung suruh ini itu. Akhirnya aku kesel aku bilangin aja mending cari kerja biar dapat gaji jadi ga ngurusin gaji org mulu, abis itu aku diblokir 😂 duh jadi curhat 😅

Baca lagi
2y ago

ipar kadang suka gitu yaa Bun, usil mulutnya😅

Kalo sy nggak pernah tanya2 sih bun penghasilan suami (suami sy wiraswasta bun), yng penting kebutuhan sehari2 serta kebutuhan sy n anak suami masi kasi. Dlu pernah awal2 nikah sy tanya, sy harus tau penghasilannya..lama2 capek jg sy bun gak telaten karena penghasilan tiap bulan g menentu hehe Jadi skarang sy percayakan sm suami, kalo sy dikasi banyak berarti alhamdulillah suami lancar usahanya..kalo g ngasi ya suami jujur kalo lg seret Cuma suami kalo ngutang/nguntangin orang harus wajib bilang ke saya bun karena itu urusannya panjang smpe akherat klo g dilunasi ehehe

Baca lagi

Berarti suami bunda sama kayak papa saya, soalnya papa saya tuh kasih uang harian tp kalo mama saya minta lebih atau naikin uang hariannya marahnya bisa ampe serem bgt.. tp dengan papa saya bgtu, papa saya punya tabungan bnyk saat masa tua nya, papa saya gak mau nyusahin anak"nya.. dan papa saya jg jd bisa beli 2 rumah, 1 toko, dan 2 mobil.. pdhl dari yg tadinya tidurnya sembarangan di dpn pintu org, skrg jd nya sukses.. walaupun kelihatannya pelit, tp papa saya ternyata menabung untuk keluarganya jg supaya tidak ada yg kehujanan dan kelaparan..

Baca lagi
4y ago

Msh mending klo bgitu meski pelit ada hasilnya lha klo udh pelit perhitungan mentingin diri sndiri baru suami yg aneh....