Tidak jadi syukuran 4 bulanan

Saya sedih bun karena tidak jadi syukuran kehamilan 4 bulan. Padahal saya sudah print kartu untuk d selipkan d nasi kotaknya. Dan saya juga sudah sisihkan uang 800rb untuk syukuran beli nasi box 30 pcs, tapi uang itu lagi2 harus terpakai buat keperluan lainnya yg lbh mendesak. Saya merasa bersalah sama anak yg sedang saya kandung 🥺

45 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Buat keperluan mendesaknya yg seperti apa? Kalau kepakai buat makan sehari hari ya bagus malah, mending gausah syukuran daripada gabisa makan. Karena janin diperut butuh nutrisi dari berbagai makanan yg bergizi plus kalau ada dana lebih mending buat vitamin dan konsul rutin ke dokter kandungan. 800ribu daripada buat syukuran sehari mending buat nyetok makanan sehat dikulkas sih. Dan itu gamungkin habis dalam sehari, bunda kenyang janin senang. Atau bisa juga buat nabung nanti beli perlengkapan bayi, lebih bermanfaat. Syukuran ga wajib ya bun. Jangan membebani diri dengan hal2 yang kurang penting, ujung2nya stress malah bunda yg sakit, lebih kasian lagi janinnya. Ayok ah ibu hamil harus semangaaaaat dan sehat🙏🏻🫶🏻

Baca lagi

buun peluk jauh yaa :') gapapa kok gak wajib. syukuran 4bulanan gk harus pake nasi box, mungkin bisa beli jajan aja mungkin sedikit aja dikasih ke tetangga atau anak kecil deket rumah. atau sisihkan beberapa rupiah buat dikasihkan ke bapak2 yg ngatur jalan di perempatan atau penjaga palang kereta api. sambil diniatkan bahwa ini sedekah utk anak yg sedang dikandung. aku dulu juga gak syukuran 4 bulanan, 7 bulanan, soalnya emang gk ada dananya buun. sama bumer udah ditanyain mulu kenapa kok gak syukuran. akhirnya aku ngumpulin duit buat aqiqah aja, ehh trnyata after lahiran adaaaa aja pengeluaran :' akhirnya aku jual emas buat aqiqah kalo emang sanggup gapapa buun, tapi kalo gk sanggup pun gapapa, gk perlu merasa bersalah karena gk wajib kok

Baca lagi

kenapa merasa bersalah? syukuran 4 bulanan atau 7 bulanan itu ga wajib loh bun, yg wajib itu ya aqiqah kalo beragama Islam. yang penting janin yg dikandung sehat wal afiat, semua normal dan tidak kurang apapun. akupun dari hamil anak pertama ga ada syukuran 4 bulanan atau 7 bulanan, bukan karena masalah dana sih, cuma ya memang ga ada anjurannya kalo itu wajib dilaksanakan. mending uangnya dipake buat keperluan menjelang lahiran, buat aqiqah, beli barang² bayi, atau buat pegangan kita sewaktu² butuh. alhamdulillah anak pertamaku sehat wal afiat, sekarang hamil anak kedua jg udh jalan 5 bulan ga ada aku bikin acara kyk gitu ya karena ga wajib jd ga memberatkan pikiran kalo misalkan bunda lg ga ada uang.

Baca lagi
4w ago

betul banget mom, dan aqiqah jg hukumnya sunnah, jadi islam itu ngga memberatkan sama sekali.

sy malah punya pengalaman menyedihkan niat mau syukuran 4 bulan kandungan dengan menggelar pengajian,persiapan sdh lebih dr 70%,sdh nyiapin bingkisan buat yg hadir dipengajian tp beberapa hr sebelum acara sy pendarahan dan periksa ke obgyn ternyata janinku tidak berkembang jd hrs dikeluarin.. menurut sy mengenai kejadian yg bunda alami ga perlu menyalahkan diri sendiri apalagi protes sm keadaan, toh acara syukuran 4 bulanan ga wajib2 amat ,dikatakan sunnah pun engga ,justru yg utama adalah prilaku kita yg merasa bersyukur atas amanah yg diberikan,bersyukur janin sehat ,bundanya juga sehat mending fokus ke menjaga kesehatan ,konsumsi mknan yg bernutrisi demi perkembangan janin yg optimal.

Baca lagi

kenapa harus merasa bersalah? itukan bukan kewajiban bun,hanya tradisi saja,bahkan bukan ajaran Islam juga,setau sy 4 bulanan itu dr segi agama disarankan perbanyak doa dari orangtua krn saat itu mulai ditiupkan ruh ke dalam janin kita,jd sebaiknya kehadiran ruh bayi kita kita sambut dgn doa dan sukacita ya bunda bukan malah sedih krn ga bs syukuran. dan di dlm haditsnya seingat saya yg disarankan utk berdoa adl orangtua si bayi,jd ga perlu terlalu sedih krn ga bs syukuran ya bunda. kalau memang ada rezeki lebih dan bunda niatnya ingin berbagi ya sangat bagus,tp tentu jika itu tidak mengganggu kebutuhan yg bnr2 harus dipenuhi

Baca lagi

bunda jangan sedih ya waktu aku hamil Bun .. sama ga ada syukuran apa2 Bun dan sampai anak aku lahir ga bisa bikin syukuran sampe2 KK ku sendiri yg bikin karena aku sama suami lagi sulit ekonomi tapi yg lebih penting bunda bunda harus sehat biar dd bayi nya di dlm juga sehat kalo bunda sedih dd juga sedih .. semoga nanti dd nya lahir sehat2 tanpa kekurangan satu apapun ya bunda .. dan bunda ga usah mikirin sukuran yg penting berdoa terus Bun .. semangat yaa

Baca lagi

yang sebenernya perlu disyukuri adalah janin sehat dan berkembang, ibu sehat, nutrisi dari makanan + vitamin terpenuhi, mental waras, fisik prima, gak ngidam aneh aneh. kalo ada dana lebih ya mending nyicil keperluan bayi.

4w ago

stiap ibu modern psti pgnnya gtu bunda, hnya saja bgi bbrpa bunda yg tinggl didesa dg adat kbiasaan sktr jd ikut kbawa, aplg anak pertama dbilang wajib 7bulanan pdhl kan gak ada di kbiasaan islam kan ya itu cuma adat kbiasaan

saya gak syukuran 4 bulanan maupun 7 bulanan. karna emang gak ada dananya. kalo maksain sih bisa aja tapi gak mau kalo malah jadi nambah hutang. Saya lebih baik uangnya di siapkan untuk biaya lahiran dan aqiqah saja kalau sudah lahir baby nya. Tapi kalo bunda yg lain memang ada uang lebih gpp sih kalo mau syukuran. kalo saya memang belum mampu🥲 bisa makan untuk penuhi nutrisi saat hamil aja udah Alhamdulillah yg penting ibu dan bayi nya sehat.

Baca lagi

syukuran itu cuma tradisi bun, bukan hal yg wajib jangan merasa bersalah atau berdosa . Kalau keperluan mendesak itu utk kebutuhan sehari2 itu ga salah . lebih baik jaga kesehatan sampai lahiran . kasian baby nya dalam perut klo bunda nya bnyk pikiran . nnti kalau sudah lahir mending persiapan utk aqiqah dan tasmiyah Bun Krn itu merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim

Baca lagi
VIP Member

sebenarnya syukuran 4 bulanan memang bagus dilaksanakan kalau memang sudah ada budget tersendiri.. tapi hukumnya tidak wajib,, yg wajib itu setiap hari baby diajak ngobrol di afirmasi, di doakan supaya tumbuh kembang dengan baik.. dan syukuran pun sebenarnya cuma sekedar adat, bukan kewajiban.. yg wajib nanti justru aqiqahnya

Baca lagi