BANTAL PEYANG

Mungkin banyak yang sering liat saya komen di postingan “bantal peyang” dll. Kok saya riweuh banget ya! Kok sok tau banget! Emang pernah beli? Asbun nih! Hehe buuu saya juga korban marketing :”) Bantal peyang yang beredar di pasaran itu TIDAK ADA fungsi lain selain jadi bantal. Udah. Itu aja. Saya berani ngomong gini karena saya udah pernah mengalami sendiri. Saya harus beli onlen di Amazon (NEKAT) di toko bayi gak ada, karena bantal peyang di luar negeri hampir gak ada orang pakai. Wong gak ada fungsinya, malah bisa memicu SIDS. Pas saya check up bulanan saya cerita ke DSA, dia ketawa. Kepala bayi memang belum sempurna bentuknya karena tengkoraknya belum keras seperti orang dewasa. Selama fontanella/soft spot belum menyatu masih bisa berubah2. Dia bilang, bantal seperti itu tidak ada gunanya kecuali ya jadi bantal. Karena SIDS cukup banyak kasusnya, bantal pun sebenarnya tidak diperbolehkan. Meskipun gak dilarang sampe teriak GABOLEEE MAKKK! Dokter saya cuma ngomong “secara medis belum terbukti bu Dan cara paling gampang dan GRATIS adalah dengan cara membolak balik kepala bayi atau tummy time.” Saya keki dan malu sendiri. Itu bantal alih fungsi jadi bantal pas menyusui... belum dua minggu lama kelamaan dimainin kucing. Sialan! 300rb melayang. Ya setidaknya kucing saya hepi. ? Bagi yang penasaran dengan peyang. Bisa dicari literatur sendiri tentang FHS (flat head syndrome) atau phagiocephaly. Problem kepala bayi banyak ya bu, tapi untuk memperbaiki bentuk salah satunya bisa dengan terapi menggunakan DOCBAND. Ini BELUM ADA di Indonesia. Nama lainnya helm kranial. Saya akan terus mengedukasi perihal ini, supaya ibu2 duitnya gak melayang percuma. Lumayan 300rb jajan Nasgor :( Foto terakhir: literatur tentang "kecerdasan" bayi dengan kepala peyang, banyak di NCBI atau AAP publications. Link bahasa Indo: https://id.theasianparent.com/5-cara-mencegah-kepala-peyang-pada-bayi/?utm_source=search&utm_medium=app

BANTAL PEYANG
429 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

akhirnya Ada yg sepakat mufakat 🤭🤭🤭 saya juga mam dulu bolak balik nanya ke dokter sampe nyamperin profesor ortopedi di rscm. dijawabnya ga ada 🤭🤭 saya padahal udah tunjukin bantal mimos yg saya incer harganya dikurs 2jutaan belum ongkir dhl, dulu belum Ada di indo pas anak lahir. profesor nya ketawa, ga perlu bu 🤭🤭💕💕 btw terapi helm udah Ada di rs mam di poli ortopedi tp tidak semua rs. lebih banyak di kota besar buat bantu plagiocephaly, brachiochepaly berat. kecuali scaphocepaly 😔 kemungkinan terbesar dengan bedah. yg lebih concern di saya skrg helmet kepala peyang yg mama maksud diatas (untuk kepala bayi) byk beredar bebas namun jd bumerang ibu2. sahabat saya pernah iseng beli, kepala anaknya jd tidak terstruktur. 😭😭 ikutan titip link hasil wawancara saya dengan ortopedi waktu itu soal flat head buat mama2 lain yg masih butuh informasi ☺ saya taruh link dibawah ya. semoga membantu 😊 https://community.theasianparent.com/q/biasanya_tengkorak_bayi_yang_sehat_terlihat_bulat_sempurna_di_belakang_dan_simet/3179258?d=android&ct=q&share=true semoga membantu 💕💕💕

Baca lagi
1y ago

Newborn mom

Anak saya, 2 bln, sering tidur tanpa bantal sejak lahir. Skrg malah tiap hari karna bantal peyangnya udah gk cukup. Itu jg bantalnya yg kecil bgt, sepaket ma guling n bantal biasa (Omiland). Klo yg gk merk biasanya di bagian leher gede bgt, atos lagi. Bantal satunya yg gk peyang saya pke di stroller biar agak tinggi, waktu udah 1 blnan. Tp meski punya bedding set, tidurnya cuma pke alas kain sama kojong doang. Tidur jd lbh bebas dan terhindar dari SIDS. Btw dia udah bisa tidur muter 45° dan kadang miring sempurna. Klo malem baru saya selimutin di bawah dada, dengan tangan di atas selimut biar selimutnya gk ketarik ke muka. Kadang plus guling kecilnya klo di sebelah ada papa. Btw keponakan saya malah tidur pke bantal dewasa (yg empuk dan tipis), ya gk peyang kepalanya, dan alhamdulillah sehat. Tapi tetep sy lbh suka anak saya bergerak bebas saat tidur tanpa bantal. Selain menghindari banyak resiko, gk tega juga liat dia tidur dg posisi itu2 aja, apalagi saat kepalanya susah noleh karna keempukan bantal.

Baca lagi
4y ago

Docband belum tersedia di indonesia seperti yg saya tulis diatas. Dia kurang lebih seperti pakai behel. Harus kontrol terus jadi butuh waktu bbrp bulan sampai terapi selesai. Sama saja seperti berobat ke singapura jika ingin pengobatan yg tidak ada di indonesia. Kurang lebih seperti itu

nah bun, saya pun seorang ibu yang sukaaaaa banget baca pengetahuan tentang bayi semenjak punya baby, banyak yang tulis klo bayi gga perlu pakai bantal pun tidak masalah. Tapi lingkungan yang 'bawel' bilang kepala anakku peyang..kepala anakku gga rata, padahal ya memang kepalanya masih lunak..ntr juga berubah sampe semet disaranin beli bantal peyang yang sangat terkenal mahal ituuu kalo gga salah sekitar 800rb'an tapi saya sih gga mau beli, sayang deh.. katanya klo gga cepet diatasi nanti sampe besar kepalanya gga rata.. baca tulisan bun mama cali hari ini seneng banget ada yang sepemahaman 😂😂😂 semoga orang2 old school alias jadul di luar sana mengerti dan memahami yang sebenarnya

Baca lagi
3y ago

semangat mom. biasalah mom mungkin faktor U juga hehehe

memang bener bun. yg bilang ngaruh, sebenernya bukan krn bantal nya tp ya emang kepala bayi masih berubah2 dan bakal membulat sendiri kalau tidurnya ud dibolak balik dan sering tummy time. anakku peyang nya di segala sisi, bener2 ga rata, kalo dipegang kerasa banget kaya gepeng2 gt loh. kyknya pengaruh lama bobo d ruang bayi krn aku pemulihan sc nya lama (mungkin tidurnya ga dibalik2 sm susternya) sampe sedih aku. pas cerita sm dsa, dia jg bilang sering di tummy time aja. jgn tidur pake bantal. kalau keliatan lama tidur d 1 sisi coba dibalik posisinya. sama katanya kalau keramasin dielus2 sambil dibisikin "bulet ya nak.." (ngakak sih ini) sekarang kepala anakku jg ud bulet sendiri..

Baca lagi
3y ago

dokter spesialis anak

Anak saya umur sebulanan keliatan peyang karna seringnya miring kanan. Hampir tergiur bantal ratusan ribu isi kulit kacang hijau. Tapi setelah baca2 artikel saya putuskan untuk tidak beli. Karna saya menyusui sambil tiduran, saya siasati agar si dede sering miring kiri. Sering tummy time juga. Umur 5 bulan udah gak terlalu kentara lagi. Apalagi sekarang udah numbuh rambut lebat udah gak keliatan. Saya juga gapake bantal dan guling2an karna anak saya tidurnya freestyle, kalo ada yg ganjel dan dia gak bisa guling2 malah sebel dan bangun dr tidurnya.

Baca lagi
VIP Member

WEHHH AKHIRNYAAAAA ADA YANG SAMAANNN PUNYA TEMENNNNNN IHHH 😍😍😍😍😍😍😍😍 Dari bayiku kluar tuh lewat perut dimeja oprasi, ampek sekarang nih Gapernah pake bantal 😂 Mau dia tidur model kanan kiri terserah lah, Lambat laun juga kepalanya sekarang bulet banget 😂 Malah anak kakaku yg dipakein bantal peyang segala jenis bantal bentuknya juga gabulet banget 😂 Ampek kanan kiri atas bawah dikasih bantal guling 😂 Bayiku gapernah aku kasih apa2 , dia kenyang, kasih empeng, tidurin di box , tanpa ada apapun di box, aman2 aja 😂

Baca lagi
3y ago

iyaa buat mencegah SIDS juga

saya dari hamil udah menerapkan dan merencanakan nanti kalo udah lahiran, saya ga mau, kalo babby saya pake bantal ..karna menurut saya ya itu tadi .. kepala bayi peyang atau apalah itu, itu karna masih bayi .. nanti kalo udah 1tahun mungkin kepalanya udah bulattt .. pokonya kita sebagai mama nya harus miringin kepala babby ke kanan kiri biar bisa bulat .. fyi, babby saya umur 8bulan lebih, ku coba pakein bantal, dia udah ga mau, mungkin karna kebiasaan dari kecil .. jadi yaudah sampe sekarang babby saya ga pernah pake bantal kalo tidur ..

Baca lagi
3y ago

Bener momm

VIP Member

Andai sy mlihat postingan ini sebelum lahiraaan😭😭😭😭😭apaa daya. Sy jg pakai bantal anti peyang (katannya) dan memang pada saat mlahirkan kpla bayi sy sangat2 bulaat. Tdk ad benjola kiri kanan. Naaahh sy pakilah bantal anti peyang. Sy beli 4tuh bund saking prcyannya. Laaah lama kelmaan kok kpla,ank,sy jd benjol belakangnnyaaa. Hmmmmmmm sy korban marketing memang😭😭😭😭😭sampai detik in pun sy masih pakai bantal peyang tp sy lapisi dgn slimut bayi sy. Jd gk trlalu dalem gtu jtuhnnya.

Baca lagi
4y ago

Waduh sedih banget :( andai bisa minta ganti rugi sama tu penjual. Gpp bu kalau 4 bulan masih bisa berubah... semangat!!!

Anakku peyang. Udah ga bisa dibenerin, doi pas kecil dulu kalau kepalanya dibolak balik ga mau. Sodara nyaranin pakai bantal peyang, aku ga mau. Soalnya waktu bayinya itu sering gumoh, coba bayangin kalau pas bayinya tak pakein bantal peyang, terus kebetulan gumoh, kan kepalanya ga bisa auto miring kanan atau kiri, yang ada bisa kesedak terus cairannya masuk paru2. Piye jhal kui 😆 Anakku dari kecil ga tak pakein bantal. Tp seorang udah umur hampir 3 tahun dia suka pakai bantal, bantal aku katanya 🤣

Baca lagi
4y ago

Mbak niken dari tadi komen, link2 literatur bahkan bahasa indonesia pun sudah saya kirim loh. Bentuk kepala hanya bisa diperbaiki dengan helm interkranial. Merek2nya beda2 tiap negara.

Alhamdulillah masih 300rb mba..saya sampe beli 2 bantal peyang yang paling mahal menurut saya..1jt habis utk bantal peyang doang..tapi skrg cuma jadi buat ganjalan sikut klo mau meng asi in baby.. :) Memang paling bener bolak balikin kepala baby waktu tidur..hal itu aga sulit saya terapkan karna babynya suka kebangun.. Al hasil kepala baby saya masih peyang tapi skrg diusia 6 bln, dia sudah bisa balik arah kepala klo tidur jadi seperti nya nanti kepalanya sdh ga peyang lagi.. :)

Baca lagi
4y ago

Kalau bisa gak beli sama sekali lebih bagus bu. Parah tidaknya itu kan tergantung kemampuan masing masing, kalau saya sih mubazir - barang 10rb tapi gak berfaedah juga saya gak rela hehe.