dbf or eping??

Minta saran dan berbagi pengalaman dong Bun. Anak pertama saya full asi sampai 2 tahun 2 bulan tapi dari usia 7 bulan saya eping. Dan sekarang anak kedua saya usia 1,5 bulan pun eping. Menurut bunda di sini enakkan dbf atau eping ya? Saya ingin sekali bisa dbf tapi saya takut digigit ?

46 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

DBF lebih baik, No Ribet. Anak mau nyusu sambil tiduran ibunya tinggal buka baju, nyusin sambil merem pun bisa kalau lagi ngantuk2nya. ๐Ÿ˜ด Full ASI dg DBF is the best. ๐Ÿ‘๐Ÿ–’ Saya tim DBF, No DOT biar ngga bingung puting walau anak saya terpaksa sambung sufor mulai umur 1bulan karena dehidrasi. Saya pake gelas + sendok makan biasa juga dah bisa kok ๐Ÿ˜‹ https://aimi-asi.org/layanan/lihat/tips-melatih-bayi-minum-asip-tanpa-dot Mama eping pilihan ke-2 kalau ngga bisa DBF asal masih bisa full ASI, ada juga yang berhasil sampe 2tahun sih, tapi butuh perjuangan keras, kemauan kuat, konsisten pumping 2-3jam 1x biar ngga kering. Pilihan terakhir yang tidak saya harapkan adalah Full Sufor ketika dah menyerah untuk berusaha tentunya. ๐Ÿ˜ Bayi ngga selalu gigit kok bun, awal2 sakit puting bulan pertama wajar nanti ya biasa aja

Baca lagi

biar g digigit ada tipsnya kok bunsay.. sy pernah baca lupa di mana coba serch. yg q tau jd gini. pertama kali digigit jangan direspon. bayi gemar gigit itu ketika gigitan pertama si ibu merespon, jd bagi bayi itu menyenangkan, respon terkejut,marah, mendelik, ucapan, cubit dll itu memicu bayi jd senang dan akan terulang, jd diemin aja. trs kl bayina tidur g sadar gigit cara lepasnya jgn ditarik tp masukin kelingking bunda ke mulut bayi buat gantiin puting,cabut puting jd g sakit.detilnya bis cb googling

Baca lagi

Diajak ngobrol Bund dede ny kl lg mnyusui.. Pas gigit sy pencet hidung baby,, dikasih tw dede syg jgn gigit2 yaaa mama sakit.. Smpet lecet sbntar, diolesin asi smbuh lg.. slanjutnya dede ny ngerti, pas dy udah bnyak gigi pun gak gigit2.. Malah sy perhatiin posisi lidah ny antara gigi n puting, jd dy pngertian sekali gak bkin mama ny sakit.. Indah ny dbf itu brasa bgt kl Qt dunia c baby, tmpat paling nyaman buat baby..

Baca lagi
4y ago

Iya ya,, msh baby tp sbnernya udah ngerti kl qt ajak ngbrol dr hati ke hati ๐Ÿคญ

Saya full DBF karena anak saya awal d cobain dot ga mau , alhasil saya DBF . Beberapa kelebihan DBF yg saya rasakan 1. Tidak ribet dan butuh waktu lama karena langsung buka aja udh selesai 2. Steril karena langsung dr sumbernya ๐Ÿ˜‚ 3. Ngirit listrik karena penghangat susu , alat sterilisasi nganggur ga kepakai ๐Ÿ˜‚ 4. Ga ribet tengah malam bangun buat nyiapin susu 5. Kalo pergi2 bawaan simpel cukup bawa apron

Baca lagi

takut digigit ๐Ÿ˜… apa kabar daku yg dari umur 4 bulan sampai hari ini 1 thn 1 bulan masih sering digigit setiap waktu ๐Ÿคฃ sakit bukan main, tapi selagi masih bisa dbf yah ku dbf, kecuali ada keperluan diluar baru pake dot. tiap orang beda-beda sih, saya pribadi lebih senang dbf walau mesti nangis" sendiri klo digigit. perasaan saya lebih damai aja klo dbf. resiko asi yah digigit bun.

Baca lagi

masyaaAllah bunda eping karna takut digigit? sungguh dbf nilai plusnya beribu lipat lebih banyak daripada eping bund. sy kalau diberi kesempatan lebih milih dbf ketimbang eping bund. rasanya lebih sakit kalau anak lebih suka dot daripada puting ibunya ketimbang sakit digigit anak yg udah mulai tumgi. sebisa mungkin kalau punya anugrah untuk dbf lakukan dbf semaksimal mungkin bund.

Baca lagi
4y ago

Bner bun, dlu anakku tak kasih sufor pkai dot. Duh, rasanya nangis hati aq bu. Dan skrng bertekad biar bisa full asi dng dbf

Eping itu maksdnya minum pake botol susu ya bun? Maaf sy ga ngerti apa itu eping๐Ÿ˜‚ klo saya, lebih simple langsung dbf sih.. ga pake ribet cuma tinggal keluarin nenennya dari bra ๐Ÿ˜‚ klo pake botol prosesnya lama dan capek nyuci nya wkwk. Gausa takut bun.. rasanya horror2 sedap sih kalo di gigit. Wkwk cuma ya nanti juga bakal tau caranya ngadepin kalo digigit kudu gmn.

Baca lagi
4y ago

Directbreastferding(DBF) menyysu dari sumbernya๐Ÿคฃ Btw mbak TS itu bisa pumping tanpa adek nyusu langsung selama 2 taun ga kering bu asiny?

anak gigit puting itu ya wajar bunda. memang sedang fasenya menggigit. setiap ibu pasti merasakan itu. ya namanya ke anak bund, masa iya kita takut anak gigit puting kita sendiri. ditahan aja sakitnya, insyaa allah jadi ibadah. masa2 itu bakal berlalu kok bunda. biasanya gusi gatel jadi pengen gigit2 sesuatu. atau bisa juga karna cari perhatian.

Baca lagi

kalau memang bisa dbf, enakan dbf bun. ringkes, ga perlu banyak alat, ga perlu bersih2in alat, ga perlu nyiap2in ke botol, dsb ๐Ÿ˜ kl usia 1.5 tahun kelihatannya udh bisa dikasih tau ya kalo nen ga boleh gigit gitu. anak aku juga 11 bulan suka gigit2 hehe tp ya gmn lagi, sambil dibilangin aja ga gigit2 ya, sakit soalnya, gatau tp udh paham apa belom hehe

Baca lagi
4y ago

eh salah baca, kalo masih 1.5 bulan ga gigit bun, ntr udh gedean jg udah biasa hehe

Bayi saya baru 4 bulan aja sering gigit bun ๐Ÿ˜‚ sebenernya sih enakan dbf bun ke gak ribet anget2in asip tp saya campur sufor bun.. Saya males pumping dan sufor dikasih setiap habis mandi.. Mau full dbf tp anak ku jd gak bisa lepas dari saya, krn suka di titip mertua kalo saya beberes rumah atau masak..

Baca lagi