Asi untuk si kembar

Lagi sedih bunda2, saya baru melahirkan anak kembar hr ini umur seminggu tp berat banyak turun disaat 2 hari yg lalu kontrol . Lalu asi saya pun sepertinya sedikit, pompa asi juga dapatnya sangaaat sedikit. Ditambah si kembar susah untuk DBF 🥺 akhirnya pakai sufor botol dot, kadang sufor pun suka susah untuk nyusu. Sedih banget, karena berat badan lahir hanya 2.2 dan 2.7 jd kelihatan kecil :( Saya pun lelah, sudah nyusuin yg si kembar susah, selanjutnya hanya 1 jam saja harus nyusuin si kembar yg dapat giliran pertama. Apakah ada solusinya yaa bunda2? Saya takut lelah saya ini semakin berpengaruh pada ASI saya :( Terima kasih #pleasehelp

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

saya juga ibu kembar bun, wkt lahir bbnya 1,6 dan 1,8 prematur. pertama bunda semangat ya.. ingat ketika kita diberikan bayi kembar berarti kita sanggup menghadapi ini. kedua bunda harus bahagia biar produksi asinya banyak juga. afirmasi diri kalo asiku cukup buat kembar saya bisa (saya pribadi asinya ga sebanyak orang2. sy ga bisa nyetok banyak asip kaya sepupu saya yg bayinya satu, tapi ternyata cukup bun) kedua belajar cara ningkatin produksi asi, bisa pijat oksitosin, makan2an yg bergizi, pumping rutin semampunya, tujuannya buat ningkatin produksi asinya bun. kalo dulu saya agak keras kepala ngga mau pakai sufor sejak bayi saya kumpul semua. kaka bayi pernah di rawat 2 minggu sejak lahir, saat itu awal2 campur sufor pas di rs. tp nakesnya juga bilang gpp kok dicampur selang seling, tp tetep bun kitanya berusaha nyusuin. terus sedikit2 belajar menyusui tandem bun berdua bareng2, itu lebih efektif waktunya. cuma kalo awal2 emang sulit krn bayi kita yg nopang dan butuh bantuan, tp semakin besar bayinya nanti bisa cari posisi sendiri. lelah memang bun, tapi bunda harus bahagia. makan apa yang bunda suka, selama ga ada pantangan mah makan wae apa aja yg penting kitanya bahagia dulu. misalnya saya suka boba rasa kopi, katanya kopi jelek tp da butuh bahagia ya sese kali gapapa. makan pedes ga boleh tp saya butuh waras sesekali boleh gt wae bun

Baca lagi
2y ago

Bun, saya terharu baca paragraf pertama. Yes, saya juga percaya itu ☺️☺️ Lalu bun saat awal2 pompa asi per PD dapat berapa bun? Apakah si kembar sudah langsung mau DBF? Iya saya juga amazed banget sama ibu yg ASI nya bisa luber2 :”) saya iri sedangkan PD saya susah sekali untuk keras karena selalu merasa lembek, jd saya juga selalu merasa kurang kasih ASI untuk mereka, dan akhirnya saya merasa harus kasi sufor itupun juga susah bun buat mereka minum dr dot (ntah memang sudah kenyang atau sulit kenyot dot). Sedihh banget bun sampe dirawat di RS 😭 saya aja awal2 dirawat setelah lahiran blm bisa langsung ketemu si babies sedih, apalagi sampe dirawat baby nya. Sekarang sudah usia berapa bun si kembar? Thank you ya bun buat advice nyaa.

VIP Member

kalo awal2 emang sedikit kok bun 30 ml pas awal2, trs nambah2 gt jd lumayan. paling 2 kantong yang 100ml. sehari. sy dbf juga soalnya. trs kadang gantian wktunya. atau pas mau pumping emang asinya udh kosong. tp dicoba aja dulu bun sesempetnya. sy juga ngga pernah keras kok bun. keras pd bukan berarti tanda asi kita banyak. klo lembek mungkin krn asinya lancar. anak2 harus terus dilatih bun. awalnya anak2 saya jg ga bisa krn kecil itu dan kemampuan menyusunya masih lemah, tp dicoba terus. gpp nangis2 krn sama2 belajar. Kakak juga krn di rs dua minggu pas dateng lg blm bisa nyusu jd pakai dot tp dilatih terus bun smp akhirnya dua2nya bisa. pokoknya bunda harus percaya bunda bisa sama belajar terus, krn menyusui itu proses belajar bersama. sy ngga bisa tandem akhirnya bisa. skrng udah 20 bulan bun, tp udah disapih skrg krn saya lg hamil lagi udh 7 bulan. mrk disapih pas 16 bulan, krn sy udh ngga kuat nyusuin kembar. skrg minumnya susu uht aja bun.

Baca lagi

bayi kembar effort extra memang mom.. perlu di siapkan kesiapan mental sang ibu kl sekitar terutama suami mendukung. karena semua terbagi 3 ya harus extra asupan, kan menyusui. makan minum nya harus triple, si twins dan ibu nya pompa juga ga bisa sehari 2 3x harus konsisten, kl d full irt fokus dbf saja.. harus relax, legowo. tips trick menyusui twins liat2 d youtube deh mom, paling penting percaya diri dan afirmasi positive selalu.. yuk bisa, kendala susah menyusu nya apa? dari PD lah? atau keyakinan yg ga yakin? kgn ragu ke klinik laktaksi loh.. nyusu bisa langsung kiri kanan bebarengan kok, ga ush nunggu 1 1. boleh dan sah saja mau tambah sufor asal sudah advise dokter ya, takut ga cocok.. semangat mom..

Baca lagi
2y ago

paling penting dari kesehatan si kecil ada kesehatan sang ibu juga, terutama mental. ibu bahagia kl anak nya bahagia, apa lg ngurus twins emng cape.. 1 anak aja cape apa lg langsung d kasih 2, semangat ya bu, jgn sungkan minta bantuan orng terdekat.. perbanyak Skin to Skin, PD kosong bukan berarti ga ada asi loh, coba baca2 supply demand asi, pelajari tanda kecukupan asi.. ikhtiar pijat laktaksi, banyak minum, makan pun harus triple karena kan nutrisi kebagi banyak si twins dan mom nya.. kasih nenen sesering mungkin, terus tawarkan, ga harus nunggu 2jam, insha allah kl blm kena dot ga bakal bingput.. yg d takutkan bingput karena pemberian tambahan sufor.. tapi asi lancarkan?

bayi kmbar harusnya emang apa2 lbih ekstra ya bun, smntra asi blm kluar bnyak di kasih sufor gpp tp tetap dbf jg untuk merangsang asi y mam, di bicarain baik2 sm suami bun krna bikin brdua kan jg harus momong ber2 biar sama2 enak😊

2y ago

Iya bun extra sekali yaa, tp memang luckily untuk suami support banget ke mental saya, cm kalo DBF kan harus saya yg usaha sendiri. Terima kasih bun atas responnya 😊

Maaf melenceng dri pertanyaan bund, kbtulan saya lagi hamil kembar usia kandungan 34 weeks kmrin smpat di rawat di rs krna lumayan lama konpal. Saya mau tanya bund, bunda lahiran bayi kembar nya di usia berapa minggu bund ??

2y ago

Saya kemarin diharuskan lahiran di 37wks bun, dikarenakan saya kena preeklamsia. Jd saat info dokter ciri2nya, besokkannya langsung disuru SC. Cepat pulih ya bun..

Siap bun makasi banyak yaa sharingnyaaa 😊