Informasi mengenai HPL - Ikuti yg mana? (SEBUAH EDUKASI)

Jadi buk ibuk, ada beberapa cara menentukan HPL, yaitu dengan HPHT dan USG. Berikut penjelasan singkatnya: 1. HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) Perkiraannya akan lebih mendekati apabila ibu ingat jelas HPHT-nya dan siklus haidnya TERATUR. Jadi kalaupun ibu ingat HPHT nya tp setiap bulannya tdk teratur, bisa jadi hitungan HPLnya tidak akurat. 2. USG Nah utk ibu2 yg rajin USG tiap bulan, mgkn akan bingung krn HPL nya bisa jadi berubah2 terus. Inilah salah satu pentingnya USG pada trimester 1. Karena HPL yg dijadikan patokan melalui USG adalah yg diukur saat trimester 1. Masuk trimester 2 dan 3, HPL lewat USG tidak lg jd patokan krn mengikuti ukuran janin. Kalau janin besar, HPL akan maju (krn terkesan usia janin lebih 'tua' dari waktu seharusnya), begitu pula sebaliknya. Jadi ikuti yg mana? Kalau ibu2 melakukan usg sejak awal kehamilan pd trimester 1, biasanya HPL tsb lebih d jadikan patokan drpd HPHT (krn tingkat kesalahannya lebih tinggi). Tp kalau tidak ada usg d trimester 1 ya sudah tidak apa2 pakai HPHT. Perlu diingat juga kalau HPL sifatnya hanya perkiraan, biasanya maju/mundur 2 minggu. HPL itu jatuhnya diusia kehamilan 40 minggu, sehingga toleransi maju/mundur itu artinya aman untuk melahirkan d usia 38-42 minggu bila semua dalam keadaan baik (tp jgn tunggu 42 minggu ya buk ibuk, lewat dari HPL 1 minggu sebaiknya segera konsul ke dr kandungan atau bidan utk diperiksa kondisi janin, ketuban, dan plasenta). Semoga membantu.

92 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sangat membantu banget penjelasan ini dok . Saya tau info ini dari dokter kandungan saya di rs . Pada itu saya datang ke beliau saat saya mengalami kontraksi (kram perut berlebih) + dan adanya flek . Tapi sebelumnya saya sudah usg dulu di klinik saat hasil tespack saya garis 2 samar . Waktu itu saya datang ke dokter tersebut dengan metode usg transvaginal dan saya bilang “kok hasilnya beda dengan usg pertama saya” . Disitu juga saya beri lihat hasil usg pertama saya dengan hpl yg berbeda sekitar 2-3minggu dari hpht saya . Dokter tersebut menyarankan untuk kembali lagi usg sebelum usia kehamilan saya melewati 12minggu/3bulan . Karna lewat dari usia tersebut akan menjadi jauh sekali untuk perkiraan lahir janin nantinya . Nah dari situ saya dapet ilmu dari dokter tersebut . Dan penjelasan dokter ini sangat bermanfaat bagi ibu2 yang belum paham dan terkadang saya juga bingung jelasinnya . Lebih banyak ibu2nya pada lebih pinter sendiri atau memang yg bertanya malas baca sekedar cari pengetahuan untuk dirinya sendiri .

Baca lagi

Bunda-bunda.. aku lagi down nih.. ini kehamilan pertama, setelah menanti 2.5th. Jarak mens tiap bulan 30-35 hari, 2x jarak 40hari Aku HPHT 16 Februari 2021 Usg pertama, tgl 12 April, GA 8w, GS 2.93, CRL blom ada Usg kedua, tgl 28 april, GA 6w, CRL 0.56cm Dan belom kedengeran denyut jantung. Bingung bunda. Kata dokter suruh balik lagi minggu depan. Apa bener GA bisa berubah karna jarak haid lama?? Kok bisa yaaa dari 8w, langsung ke 6w??#seriusnanya #bantusharing #ingintahu #jangandibully #firstbaby Sedih, bimbang bunda 😭😭 Adakah yang sama kaya saya? apa janin saya tidak berkembang?

Baca lagi

Saya riwayat haid ga normal. Pas tau garis 2, cek ke dokter katanya udah 6w kalo diitung dri hpht, dan HPL 4 Feb 2021. Tpi pas itu gda kntong sma skli. Balik lgi pas 8w (itungan hpht), masih gada kantong jg. Balik lgi pas 12w (itungan hpht) baru deh ada kntong dan janinnya. Tapi di usg usia janin baru 10w. Jadi selisih 2 mnggu. Tiap bulan usg smpe skrg 35w (itungan hpht) pun masih selalu selisih 2 mnggu, jdi usia janin masih 33w. Akhirnya krna selalu selisih 2 mnggu, hpl nya diganti jdi 16 Feb 2021. Menurut bunda gmna?

Baca lagi
2y ago

saya pernah konsultasi sama obgyn Bun katanya klw hpl tetep ikutin dari hpht . nah dari hpht itu bisa maju 2 Minggu bisa mundur 2 Minggu. namanya hpl cuma jadi patokan aja buat kita nyiapin persiapan persalinan . kata dokter lewat USG beda 1mm aja bisa beda hplnya . jadi lbh baik ikut yg hpht yg tadi saya sebutin bisa maju 2 Minggu mundur 2 minggu.

Maaf bu mau tanya. Saya kan sebelumnya pakai KB implan, 2 tahun gak haid kemudian april 2020 sampai juni 2020 haid terus, hanya berhenti per 4 hari. Kemudian bulan Juli sudah tidak haid dan saya tespeck positif, tapi saya tidak ingat pasti kapan HPHTnya, yang jelas tanggal 15 Juni 2020 saya masih haid, jadi bidan ngitung HPLnya 22 Maret 2021. Terus saya baru bisa USG pas tanggal 15 Oktober itu usia kandungan menurut usg baru 14 minggu dan HPL tgl 10 April. Apa masih akurat itu bun USGnya pas 14 minggu?

Baca lagi
2y ago

oh iya bu, terimakasih atas jawabannya ^_^

sangat membantu sekali terimakasih..berarti rasa takut dan cemas saya terobata saya menikah 3 november masa oktober katanya emng udh mengandung.padahal oktober november saya masih haid normal.. berarti memang janin saya yang besar makannya dokter bilang hpl nya bukan September tapi juli. Alhamdulillah saya jadi tidak cemas.mungkin nanti akan usg lagi untuk memastikan hpl yang akurat

Baca lagi

kalau HPL mengikuti usg TM 1, brrti umur kandungan juga mengikuti itu ya bund? saya HPHT 13 Desember, pertama usg di umur 6 week HPL 2 Oktober usia kandungan 15w5d saat ini. tapi kalo dibidan hitungannya HPL 20 September usia kandungan nya 4bulan lebih 2 minggu? saya ini cuma bingung usia kandungannya aja, kalau HPL kan bisa maju bisa mundur bund, mhn pencerahannya

Baca lagi

HPHT, 6 juli usg TM 1, 9 juli lahir, 30 juni Alhamdulillah... itu pun ketuban sudah hijau, kulit dedek udah keriput2 (ngelupas)... maasyaAllah luar biasa.. kata bubid lewat hpl ini dedeknya.. ibunya lupa ya tgl terakhir awal haidnya... padahal saya haid teratur dan ngitung pake aplikasi kalender saya tiap haidnya... wkwk..

Baca lagi

Qu dbidan stiap bupan USG bun tapi kmrn bri skli kdokter kandungan krena qu ada riwayat cesar mnta rujukn krmh skit tpi prkiraan,y beda mlah mundur jauh yg prhitungan bidan udh 39 minggu tpi kmrm kta dokter bru 36 minggu mka,y bingung n was" bun jdi nya mundur,y jdi jauh bgt

Qu dbidan stiap bupan USG bun tapi kmrn bri skli kdokter kandungan krena qu ada riwayat cesar mnta rujukn krmh skit tpi prkiraan,y beda mlah mundur jauh yg prhitungan bidan udh 39 minggu tpi kmrm kta dokter bru 36 minggu mka,y bingung n was" bun jdi nya mundur,y jdi jauh bgt

Aku kan lupa hpht ny jadi ikut hpl usg pertama ,, jadi kadang kala bingung harus ikut hpl yg mana soalnya kadang" usg hpl nya beda" bun ,, kalo hpht itu kalo gak salah awal agustus 2019 tapi lupa tgl ,, brrti skrng brp bln eah bun ? Kalo hpl di apl TAP 12 mei bun..