Cuma cerita isi hati, minta tolong jangan di judge bunda 😊

Ini anak kedua ku.. Sedih sebenernya liat kondisi suami belum ada kemauan kerja udh mau 2 tahun lebih, anak kedua juga mau lahir.. Orang tua sendiri juga gak peduli sama sekali sama aku dan anakku.. Pengen nangis karena ngerasa sendirian, temen disni juga gak ada karena mungkin aku terlalu tertutup bersosialisasi.. Dan gak ada pilihan harus lahiran di puskesmas yg gratis setelah itu tetep tinggal dirumah mertua.. Selama ini aku tinggal dirumah mertua, bukannya ngeluh semua pekerjaan rumah aku kerjain tanpa ngeluh atau cerita ke siapapun tentang rasa capek atau sakit ku skrg kalo terlalu capek.. Tapi ada keinginan seorang anak perempuan untuk bisa sama orang tua pas abis melahirkan karena pasti apa apa lebih gampang minta tolong nya, tapi nyatanya orang tua sendiri malah gak peduli dan pernah aku, suami dan anakku numpang tinggal sampe bilang aku dan anakku parasit dan benalu ke keluarga dan kaka ku padahal kebutuhan semua aku yg beli dan cukupin.. Skrg aku tinggal sama mertua tiba tiba mertua bilang supaya bisa sembuh cepet abis lahiran dan dibandingin sama dulu waktu mamah mertua lahiran katanya 2 hari juga udh bisa aktifitas biasa di rumah dll aku juga gamau lama lama aku tau diri dan mengerti.. Tapi keinget waktu anak pertama butuh waktu seminggu lebih baru bisa berdiri dan aktifitas itupun masih proses pemulihan blm yg aktifitas biasa.. Karena jaitanku diobras luar dalem dan banyak jd kata bidan pun agak lama.. Pas dibilang gitu sama mertua jadi pikiraan aku juga, berharap bisa sembuh secepat itu karena ngebayangin nnti lahiran anak pertama ku yg baru 2,5 tahun gak ada yg ngurus.. Sampe skrg aku hamil besar pun masih jalanin sekua aktifitas nyuci, dll sendirian, ngurus anak sendirian, suami juga gak bantu² seringnya cuma main hp dan hp.. Kaya anakku pup atau pipis di lantai itu harus aku yg bersihin lantainya juga setelah cebokin anakku gak ada yg bantu atau sekedar nawarin bantuan sedangkan aku hamil besar dan udh mulai susah jongkok.. Aku kasian dan khawatir anakku gk keurus nnti .. Kebutuhan anakku sehari hari emg semua aku yg cari uang dari sisa hasil kerja ku sebelumnya dan skrg uangnya bener bener abis karena rokok suami yg boros🥺dan aku selalu nangis karena ga bisa banyak berbuat.. Pengen kabur dan pergi tapi aku mikir anakku gimana nanti, aku harus kemana dan gimana, aku gapunya uang sepeserpun skrg.. Bahkan anak sering nangis nangis karena minta jajan .. Jujur sakit liatnya anak nangis dan suami ga peduli sama sekali bahkan waktu anak nangis karena gamau makan nasi dan tahu goreng suami kaya buta tuli malah sibuk hp.. Keluarga suami juga pura pura gatau.. Anak teriak sambil nangis minta makan yg lain tapi aku gak bisa apa aapa.. Aku Cuma bisa nangis , berdoa dan nenangin anak dj dalam kamar.. Sakit banget Pengen pergi tapi posisi orang tua ku yg gak peduli dan gak ada yg bisa bantu rawat anakku kalo aku pergi bawa anak anak.. Aku gakuat.. Salahku dari awal karena bertahan dan berharap Tuhan bantu rumah tanggaku.. Sampe Tuhan kasih anak kedua ku suami blm juga ada perubahan malah semakin parah kasarnya.. Kemarin dapet kiriman beberapa pakaian bayi baru lahir dari ibu di aplikasih TAP pas paket dateng suami malah bilang "kamu minta minta?" Aku jawab dgn bilang engga kebetulan ibunya emang nawarin beberapa pakaian bayi dia yg udh ga kepake.. Aku bilang "aku mau" karena emg gapunya sama sekali dan aku gatau harus gimana biar anakku nnti bisa pakai popok dan baju bayi.. Karena baju yg bekas kakanya udh aku kasih ke tetanggaku yg lahiran duluuu , dan sebagian udh ku kasih ke yg membutuhkan karena aku ga tau kalo dikasih anak kedua secepat ini.. Aku cuma mikir dari anak pertama sampe anak kedua suami gak ada beliin perlengkapan bayi SATUPUN semuanya dikasih orang lain dan hasil dari aku minta ke mamah di TAP ini.. Sampe anak kedua pun aku akhirnya minta karena emg suami gabisa beliin apa apa dan aku juga ga nuntut apa apa karena takut suami marah .. Ini cuma beberapa baju bayi dan popok tapi suami dan keluarganya gak mikir kalo bayi itu pasti butuh kebutuhan lain kaya minyak telon sabun dan sampo.. Bukan untuk ngemis tapi jujur setiap hari buka aplikasi TAP ini cuma buat nunggu kalo ada hadiah dari asian parent dan berdoa siapa tau rejeki, atau nunggu ada yg nawarin baju bayi gak kepake saking butuhnya cuma emg blm rejeki dan sampe skrg pun masih aku yg berusaha.. Karena usia kandungan udh masuk mau 8 bulan sebentar lagi siapa lagi yg berusaha kalo bukan aku sendiri, dan ini keinginan ku sendiri ini usahaku sendiri untuk bisa mencukupi anakku gak masalah tentang dari mana aku dapet dan bisa nyukupin anak anakku, udh gak mikirin harga diri atau perasaanku sendiri yg aku pikirin skrg cuma Anakku sehat dan bisa tercukupi kasih sayang dan kebutuhannya.. karena putus asa dan nyerah itu gabisa buat aku, hidup kadang gak adil buat semua orang, tapi Tuhan selalu tau kapan dan dimana waktunya kita bahagia suatu saat, pelangi pasti dateng setelah hujan badai.. Di dewasakan keadaan .. Tanpa teman tanpa keluarga, tanpa support siapapun.. Yakinin diri sendiri buat setelah lahiran aku pengen bisa langsung cari kerja untuk anak anakku dan nabung setelahnya aku janji sama diri aku buat bawa anak aanakku lepas dari lingkungan ini walau butuh waktu tapi cuma aku sendiri yg bisa nguatin diri aku sendiri.. Karena ngarepin suami kerja itu mustahil.. Lebih baik aku nabung sendrii nnti untuk masa depan dan kehidupan aku dan anak anak kedepannya.. Selalu pendem sendiri dan yakin suatu saat pasti bisa ada pelangi Tolong jangan judge aku ya, semua bunda disni adalah orang orang yg hebat dan bijak kita gabisa tua gimana perasaan dan kondisi orang lain .. Yg terpenting jangan pernah nyerah atau ngeluh dalam kondisi apapun.. Semoga bunda disni yg lagi hamil, merencanakan kehamilan, atau yg sudah punya anak selalu diberikan Kesehatan, selalu dalam lindungan Tuhan, dan selalu diberikan Kebahagiaan .. Salam sayang 😊

65 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

peluk jauh bunda .. semoga sehat selalu ya bunda hebat .. tidak apa² ko bunda menurunkan gensi untuk sang buah hati .. setelah lahiran jgn lupa KB ya bunda ,biar bunda bisa rawat anak bunda dengan fokus dan bekerja demi anak bunda .. saya hanya bisa berdoa .. semoga Allah selalu memberi kesehatan untuk bunda .. hati dan pundak yg kuat untuk membesarkan anak² bunda .. dan semoga anak² bunda jika besar nanti bisa membalas kesedihan bunda sekarang .. untuk suami bunda semoga cepat di sadarkan dan menjalankan apa yg seharusnya menjadi kewajiban dia sebagai suami dan seorang ayah .. semoga lahiran nya lancar ya bunda ,bunda sehat dan malaikat kecilnya juga sehat .. dan semoga kelahiran dia membawa pelangi indah yg bunda harapkan selama ini .. amin Allahhuma Amin bunda tetap jaga kesehatan ya bunda ,jgn lupa istirahat dan sebisa mungkin jangan di bawa stres dengan keadaan linkungan bunda yg seperti itu ya

Baca lagi

maaf sepertiny orang tua bunda ini kurang setuju dengan pernikahan bunda sama suami iyaa..gak mungkin orang tua ujuk" gak peduli kalau gak ada masalah apa lagi suami gak kerja selama itu pastinya orang tua juga jengkel..mungkin bukan ke gak peduli sih tapi lebih ke menutup mata karna mungkin kalau misal dibantu suami bunda jadi tidak punya rasa taanggung jawab lagi merasa enteng aja hidupnya .. kalau masalah mertua...maaf bner gak sih kalau pernikahan bunda ini tidak direstui sama mereka...cz kisah bunda ini di satu sisi sama seperti temenku suaminya malas kerja isinya cuman main aja tapi mertua dia baik masih sayang sama cucunya.. kalau yg mertua bunda gak peduli itu kayak kisah mertuaku...mertuaku dlu pas nikah juga gak direstui sama kluarga dari bapak mertuaku....jadinya ibu mertuaku kayak gak dianggap smpe skrng bahkan sama cucunya pun anal dari bapak gak ada yg di sayang sama neneknya ..

Baca lagi
1mo ago

berharap anak anakku nnti selalu bisa tumbuh dalam kasih sayaang yang cukup dan didikan yang baik supaya bisa jdi orang tua yg baik kelak.. aku juga masih banyak banget belajarrrr sebisa mungkin aku sebagai orang tua selalu mencontohkan yg baik bunda😊😊😊

bunda anaknya cowok apa cewek Bun? kalo cowok lebih baik bawa jauh dari bapaknya nya, soalnya ada juga teman saya hampir mirip kisahnya, malah dia yang kerja buat nyukupi kebutuhan keluarga suaminya, sampai rokok pun dia yang belikan. nah waktu dia hamil anak ketiga dia pulang kerumah ortunya. pas udah mau lahiran juga suaminya samasekali nggak datang, udah ditelpon nggak diangkat tapi untungnya ada saudara yang mau bantu biaya cs nya. sampai anak ketiganya meninggal dia nggak ada datang sama sekali Bun, anaknya yang kedua sunat juga dia nggak ada datang, akhirnya dia cerai. tapi sayangnya pikiran anak pertamanya udah terkontaminasi sama tingkat bapak, anaknya pernah bilang gini "harusnya ibu maklumi bapak, kan bapak nggak kerja" aduh ya Allah saya dengar itu langsung deg apa iya nanti anak ini bakal jadi kayak bapaknya yang nggak bertanggung jawab.

Baca lagi
1mo ago

iya bunda gapapa jadi pelajaran buat aku.. supaya bisa kasih anak aku pengertian dan pendidikan yang baik supaya bisa menanamkan rasa kasih ke sesama ataupun selalu menghormati kedua orang tua.. makasih ya bunda sayang❤❤❤

Suami dzolim pemalas mertua dan orng tua jg samanya,banyakin solat malam minta bantuan Allah hidup cuman sekali jgn mau merasakan sakit hati dan susah terus ,minta petunjuk dan bantuan Allah istikarah inshaAllah ada jawabanny,dl aku jadi babu di mantan mertua sendiri plus mantan malas aku harus kerja,cerita dan kasus ini bnyak di negara kita,yg bisa nolong semuanya ya kita sendiri,aku berpikir gamau gini terus di injek suami dan mertua,caraku cuman minta bantuan Allah klo masih jodoh dibuat berubah dibuat rajin dan dengerin istri klo bukan jodoh dipisahin secara baik,akhirnya cara Allah dan bantuan Allah selalu bagus,dipisahin aku sama dia dan alhamdulillah digantikan dengan yg lebih baik sejauh ini gada keluhan udh 2 tahun nikah beda 90 derajat 😂 smngt yaa ingat minta bantuan Allah nangis di sejadah nnti jg ada jawabannya

Baca lagi

kita adalah wanita² pilihan Allah, Allah tau kita kuat bun, maaf bukan ingin membuka aib suami tapi aku juga saat ini lagi pisah rumah sama suami akibat ipar dan keluarga nya ikut campur dengan urusan rumah tangga ku, dan suami juga belum bisa sedewasa itu dalam menyikapi permasalahan rumah tangga dan keluarga nya, keluarga ku selalu mengira dia baik padahal yang tau sifat asli nya itu kan aku bukan orang tuanya ataupun keluarga nya, saat ini aku sedang hamil anak pertama bun dan tinggal di rumah orang tua, setiap ngebahas dia hati ku sakit banget berasa keluarga ku lebih berpihak kedia, padahal sudah jelas² dia salah, semoga bayi² yang akan lahir di tahun ini lahir dengan sehat wal afiat, organ tubuh nya lengkap dan menjadi anak yang aktif aamiin allahumma aamiin🙏

Baca lagi
1mo ago

amin bunda amin .. semoga bunda sekeluarga beeserta anak bunda selalu dalam perlindungan Tuhan dan selalu sehat ya bunda❤

ga tega banget baca cerita nya, semangat ya bund tetap kuat, sesudah melahirkan wajib kb ya bund, semoga cepet dapet kerja dan maaf mungkin saran saya agak kasar tapi, lelaki modelan begitu harus di kasih paham bund, jelasin kewajiban dia seperti apa kalau memang sudah diberi tau dan diberi peringatan masih begitu, alangkah baik nya bunda gugat aja,karna menurutku suami bunda malah jadi benalu, dengan menghidupi dia sedangkan harus nya kebalikan nya, terus juga dia ga peduli dengan anak, klo udh ga peduli dengan anak udh ga wajar sih bund dan aku liat komenan bunda di bawah katanya suami sudah pernah kdrt ? duh bund apa yang mau di pertahankan kalau begitu semoga bunda bisa menentukan pilihan yang terbaik untuk diri bunda dan kedua anak

Baca lagi
1mo ago

iya bunda makasih banyak masukan nya ya bunda.. dukungan bunda sangat berarti buat aku❤❤salam sayang sehat selalu ya bunda Risna ❤❤❤❤

VIP Member

ikut sedih bacanya ga kebayang pasti rasanya berat banget ya bun 🥺 aku kalo jd kamu jg pasti bakal nangis histeris sih ngeliat keadaan kaya gini, ekonomi itu emang ujian tp kalo manusianya gada keinginan buat ngelewatin ujian itu ya gabakal bisa naik kelas sampe kapanpun 🥺 seharusnya sih tau suami gak mau kerja jangan hamil dulu, tp ya gak bisa nyalahin kamu jg krn pasti gak ada duit buat KB 🥺 kalo udah lahiran cari kerja trs cerai aja bun, takutnya kalo kamu kerja tp gak cerai nanti kamu jd ATM berjalan. trs itu mertua kok bisa2nya gak nasehatin anaknya, pdhal anak udah mau 2 tp knp mertua diem aja liat anaknya nganggur? pdhal kebutuhan anak kan bukan cuma makan doang 🥺🥺

Baca lagi
1mo ago

makasih mama zavi, doa yang baik untuk mama zavi juga ya ❤❤

VIP Member

Pergi aja bun... Itu udah toxic semua... Apa gunanya punya suami kalau cuma mau nanam benih doang? apa gunanya sama mertua kalau cuma jadi pembantu? apa gunanya ngarepin pertolongan sma orgtua kalau mereka ga peduli... Kita GAK AKAN PERNAH bisa mengharapkan kebaikan org lain dalam bersikap TAPI kita BISA mengaharapkan diri kita sendiri untuk maju dan bergerak... Yakin Tuhan kasih jalan Tuhan yg Kuatin Tuhan yg kasih rezeki Tuhan yg sehatin Banyaaaaaak bangeeeet para single woman single parent yg berhasil membesarkan dan mendidik anak anak mereka SENDIRIAN dgn sukses... Jangan takut jangan pantang menyerah... Yakin semangat ya bundaku sayang 😍

Baca lagi
1mo ago

baik banget bunda .. makasih banyak ya bunda.. atas ijin Tuhan rejeki, kesehatan, dan perlindungan bisa kita dapetin.. selalu percaya apapun cobaannya akan ada pelangi .. dan apa yg kita tanam suatu saat itu yg kita tuai.. fokusku hanya anak ku bunda.. makasih banyak bunda semua doa dan semangat yang bunda kasih, Semoga Tuhan selalu kasih bunda kebahagiaan, selalu sehat bunda sekeluarga.. amin amin 😊❤❤

membaca cerita bunda sungguh memprihatinkan,,,yang sabar bunda,saya yakin bunda orangnya sangat kuat,karna sampai detik ini masih bisa kuat menghadapi itu semua dan menjalaninya dengan sabar,saya JD bisa belajar dari cerita bunda mengingat selalu rasa syukur,ternyata di luaran sana masih ada yang kehidupannya masih memprihatinkan entah itu dari kondisi perekonomian ,suami / dari keluarganya,,,saya merantau tp Alhamdulillah suami selalu berusaha untuk bertanggung jawab penuh sama anak istirnya,,sekali LG yang sabar bunda,doaku semoga nanti persalinanya lancar dan selalu di beri kesehatan untuk bunda dan anak2nya,,,aamiin allahumma aamiin

Baca lagi

kalo saya dgr ceritera ibu..buat apa ibu pertahanin suami yg gak ada kontrbusi dalam hidup ibu..dari nafkah sampai urusan lain2 pun tdk bahkan merokok dari hasil kerja .kan jadinya beban..ibu lebih baik hidup sendiri membesarka anak ..kerja buat anak yg besok2nya akan melihat ibu..hidul dengan suami dan kel toxik akan mempengaruhi anak dan mental ibu..saya sih sudah lepas suami model bgt..jadi wanita harus berprinsip biar jangan dianggap remeh..masalah ortu anda mngkin waktu menikah tdk setuju sama suaminyaa..dan kalo iya memnag yerbukti kan..coba ibu rwnungkan dan berpikir utk kuat dan keluar daei masalah ini

Baca lagi
1mo ago

iya bunda makasih banyak ya bunda saran nya .. sehat selalu juga untuk bunda sekeluarga❤