nursing strike (mogok menyusu)

Hati saya terpoklek lbh sakit dr yg namanya putus cinta saat anak saya usia 2 bln 11 hari tiba² tidak mau menyusu kepada saya seperti biasa. Pas lahir langsung IMD sampe usia 2 bln kmrn menyusu ttap melalui payudara. Sudah 10 hari ini uring2 an jika menyusu, marah menjerit bahkan kaki nya ampe tegang dan tangannya menolak dada saya dgn keras saat melihat saya menyodorkan payudara. Ya Allah salah saya apa..?? Makanan yg di makan jg itu saja, bau saya dan sabun saya jg itu saja, foto2 di sosial media saya hapus semua krn menghindarkan penyakit 'ain. Saya udh konsul ke DSA katanya gk masalah. Fase bayi memang seperti itu, anak saya jg tdk sakit/demam, tdk jg infeksi telinga. Sedih bun rasanya saya sampe nangis rela gk tdr mlm demi memujuk nya buat menyusu melalui pd. Bayi saya hanya mau menyusu langsung saat terbangun tp mata blm terbuka.itu pun sebentar gk smpe 5 menit dan hanya sedikit. Saya coba pumping, dan dpt 100 ml, saya suap pake sendok biar gk bingung puting. Skin to skin sudah di coba, menyusui sambiil di gendong, relaxasi ber 2 mendengarkan musik klasik dan murrotal, tp blm berhasil. Ada solusi kah bun..?? Apa bunda pernah alami seperti ini..?? Tolong saya bun

nursing strike (mogok menyusu)
75 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sama bun anak saya juga prnah bgitu maunya pake sendok disusuinnya,biasanya nyusu langsung ataupun pake botol mau tapi ini maunya pake sendok,tapi skrg alhamdulillah udh mau nyusu langsung atau pake botol lagi Kayanya emang udh fasenya bun,soalnya anak saya ngga saya apa2in saya cuma coba terus aja nyusuin langsung ataupun pake botol saat anak saya mulai laper atau ngantuk,lama2 jadinya mau lagi bun

Baca lagi

Kalau keponakan saya , umur 3bulan gamau nyusu dan rewel terus. Ternyata alami, bayi punya insting utk mengurangi berat badannya. Mungkin dia bakal mengalami perkembangan. Misal mau tengkurap, dia gabisa kalo gembul. Makanya instingnya pengen brenti mimik dan meringankan badannya. Sama kalau mau jalan juga, ada aja gak doyan makan... Ternyata mau jalan. Perubahan wajar. Selalu Konsul aktif aja sama DSA

Baca lagi
3y ago

Nenen kan pas dede nya udh ngantuk bgt,tp klo slama 2 jam lbh dede nya ttp nolak asi nenen, pompa aja bun suapin pke sendok jng ksh dot. Tkt ny bingung puting bun, sbar ja.ttp d gendong dan nenen itu ksh aja bun. Biar di coba2 nya wlw pun dpt penolakan. 12 hr saya kmrn galau bun. Jng lupa skin to skin d perbanyak bun

VIP Member

sabar bunda, kalo saya dulu gendong dedenya sambil diajakin ngaji/dinyanyiin kalo udh rada ngantuk baru kasih nen, dulu anak saya asi disendokin pun dia gamau, dot gmau. tiap hari bisikin ke dedenya biar mau nenen. bunda jg harus positif thinking. selama bb masih naik sesuai + pipisnya lbh dr 6x jangan dbikin pusing. ada fasenya, yg pnting sabar dulu bun

Baca lagi
3y ago

Iya bunda. Semua udh d lakukan kok. Mmg bnr, kunci nya harus stok sbar yg luar biasa.biar strong emak nya. Hihi.mksh bunda sarannya. sehat sllu ya

Bun anakku jg bun malah udh 1 bln lebih udh tk bawa ke dsa padahal ktnya baik"aj . Kalo ndk mau nyusu sendokin aja gitu. Trus skrg ttep gk mau bun udh 1bln set. Cuma dia maunya nen klo pas lg tidur/setengah ngantuk gitu. Jadinya anakku kurus bb ny jg turun. Sedih ak bun. Gimana nih bun tipsnya? Setres jg aku. Udh 1bln lebih kalo melek gmau nyusu

Baca lagi
3y ago

Oh gitu y bun yaudah tk coba deh makasih ya bun

Yaampun bun sama banget ini ak juga . trnyata ga hanya ak aja ya. Kenapa y bun ak udh cek ke dsa jg ktnya ndk ada sariawan ndk demam ndk pp. Tp gtau knp bayi ku jg gmau nen langsung mlah udh 1bulan lebih bun . Ak jg tak sendok i bun. Bunda sih mnding dia pas merem mau. Nah klo bayiku merem melek ndk mau jadi kalo malem yah repot jg sayanya

Baca lagi

Baby saya jga pernah gitu bun ,usia nya sama pas segitu udh cek dsa , udh ke bidan , udh makanan dijaga yg sehat*aja ,udh pusing sana-sini . Ternyata nanti lama*jga nyusu seperti biasa bun ,soalnya bayi udh mengenal dunia luar jdi dia mau nya main,tengok sana-sini . Insyllh gpp bun . Tpi ttp aja diusahakan utk menyusu meskipun sbntr*jga

Baca lagi

Waktu itu bayi saya juga begitu bun sekitar 2 bulanan. Semingguan lebih. Digendong saya oun nangis kejer, cuma mau nenen saat malam hari atau sudah ngantuk merem matanya. Coba di sounding terus bun, minta maaf juga kalo misalnya bunda ada salah sama dedeknya. Tapi memang ada fasenya bayi mogok nyusu, lihat nangis kejer, patah hati bgt.

Baca lagi
3y ago

Iya bun.pas bgt ini ciri nya. Maksh bunda ya sharing nya. Semoga cpt berlalu dan anak saya mau menyusu tanpa drama.amin

Bayi saya jg gitu bun masuk usia 3 bln dan hanya mau nyusu pd saat ash terlelap kita sodorkn asi lgsh mau nyusu lama kdg 15 menitan tp klo udh melek gk mau tp masuk usia 5 bulan lebih mau msuk 6 bulan ssh mau nyusu intiny kita gk ush stress anakku jg dsuapin pake aendok krn dy muntah klo pake dot, smg kdepan anak2 kita sehat ya buibu

Baca lagi
3y ago

Sama bun anakkku jg gamau dot bun. Jd tk sendok i tp sehari dia jarang minum bun. Tidurnya yg banyak sekali. Hampir seharian. Apa normal y

Sama bun,,, pertama gamau nyusu gitu sy ampe nangis sediiiihhh banget. Tp skrg ada sbntr2 1-3 menit aja trs lepas gamau lg nglawan badannya. Jadinya nambahinnya lewat dot biar terpenuhi kbutuhannya. Kcuali malem smbil merem baru full bisa 15 menit dbf. Klo pas lg melek susah suru dbf 😭. Aku jg blm tau cara balikinnya gmna yah..

Baca lagi
3y ago

Aamiin.. makasi bunda 🙌😊

Bun,,, mitos atau ga baik nya kita juga jaga saat nyusui baik nya kalau rambut bunda panjang diikat, atau pakai hijab, trs bahu jgn ikut keliatan usha kan ketutup, pakai kain atau anduk,,, trs pd nya usap dgn air wudhu juga.demikian pengalaman aku ya ini... Alhmdulillah ank kembali nyusu di pd smpai usia 3 thn malah

Baca lagi