nursing strike (mogok menyusu)

Hati saya terpoklek lbh sakit dr yg namanya putus cinta saat anak saya usia 2 bln 11 hari tiba² tidak mau menyusu kepada saya seperti biasa. Pas lahir langsung IMD sampe usia 2 bln kmrn menyusu ttap melalui payudara. Sudah 10 hari ini uring2 an jika menyusu, marah menjerit bahkan kaki nya ampe tegang dan tangannya menolak dada saya dgn keras saat melihat saya menyodorkan payudara. Ya Allah salah saya apa..?? Makanan yg di makan jg itu saja, bau saya dan sabun saya jg itu saja, foto2 di sosial media saya hapus semua krn menghindarkan penyakit 'ain. Saya udh konsul ke DSA katanya gk masalah. Fase bayi memang seperti itu, anak saya jg tdk sakit/demam, tdk jg infeksi telinga. Sedih bun rasanya saya sampe nangis rela gk tdr mlm demi memujuk nya buat menyusu melalui pd. Bayi saya hanya mau menyusu langsung saat terbangun tp mata blm terbuka.itu pun sebentar gk smpe 5 menit dan hanya sedikit. Saya coba pumping, dan dpt 100 ml, saya suap pake sendok biar gk bingung puting. Skin to skin sudah di coba, menyusui sambiil di gendong, relaxasi ber 2 mendengarkan musik klasik dan murrotal, tp blm berhasil. Ada solusi kah bun..?? Apa bunda pernah alami seperti ini..?? Tolong saya bun

nursing strike (mogok menyusu)
75 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kata ortu jaman dulu klo menyusui ..jgn buka payudara sembarangan bund .. yaa wlpun mitos ..se enggaknya kalo ke kamar mandi jgn di umbar wlpun sebentar usahakan si putingnya ditutup kain soalnya di kamar mandi bnyak jin nyaa .. klo abis pergi pergi ..cuci payudara terus wudhu .. jendela pintu kalo menjelang sore tutup sambil baca tawudz atau basmalah ..mau pake baju baca basmalah, pokonya jgn lupa tiap aktifitas baca basmalah bund .. jgn naro kain kotor/basah di kamar ..jgn masukin pakaian ke rumah selagi blm kering ..rajin masukin pakaian bayi ke rumah sebelum adzan maghrib .. tutup rapat makanan minuman atau wlpun ditutup pake sebilah kayu sambil bacain basmalah Percaya atau ngga .. aktifitas jin itu sama kayak kita ..kita mnghindari jin/setan jahil ..

Baca lagi

Coba bun.. anaknya dibujuk dengan suara yg lembut. Bayi sy jg awalnya gak mau nyusu, terus aku bilangin, nak bantu mama untuk bikin kamu tetap sehat, gak haus dan gak kelaparan, kamu harus nyusu ke mama supaya asi-nya keluar. Kita kerjasama ya sayang, mama mau kamu sehat lewat asi mamah... Sambil di tempelin gitu bun.. diulang terus.. Kdg ketika menghadapi masalah dengan kehidupan bayi saya, kdg teori yg sering kita baca memang membantu. Tp entah kenapa yg lebih tokcer itu kalo sy ngomong lgsung ke baby dan Puji Tuhan baby-nya bisa kerjasama dan bbrp masalah mengenai asi & persoalan lain bisa teratasi. Mgkin krn sy orang feeling kali ya jd lebih mengutamakan komunikasi.. 😂😂🤣🤣🤣 Tp patut dicoba bu..semoga berhasil

Baca lagi

Sama Bun anak saya kemarin sempet gitu, usianya baru 1bulan 28hari. Pas malem ketika dia nangis saya nen seperti biasa tapi dia malah nolak nangisnya tambah kenceng, kakinya nendang2 ketika saya paksa nangisnya menjadi😥, ibuk saya gak tega akhirnya saya kasih sufor. Kalau pagi dia baru mau nen lagi. Udah 4hari seperti itu di tiap malam, akhirnya saya tegain Bun saya paksa buat nen, dianya akhirnya mau lagi sampai sekarang tapi hanya 1 PD saja, masih usahain bujuk buat 1 PD sebelah kanan. Karena tiap dikasih sebelah kanan dia selalu tutup mulutnya, kalau dipaksa jadi nangis. Sedih emang Bun ketika anak biasa nen ke kita, tiba2 dia menolak.

Baca lagi

Ini hari ke 3 anak sy ngalamin nursing strike. Aslinya uji kesabaraann 😭 Tadi malam sampai nangis2 sendiri karna stress anak gak mau nyusu. Tapi puji Tuhan suami sangat mensupport. Sy terus belajar dari informan tercepat => internet. Googling terus sampai subuh.. Akhirnya dpt ilmu dari rekan2 AIMI. Yg paling ampuh saat ini utk saya, menyusui ketika bayi saya setengah tidur. Gak gampang memang, sakit hati pasti ngeliat anak gak mau nyusu seharian. Tapi, hanya itu waktu yg tepat. Jgn lupa, cek kecukupan ASI minimal 6x dalam 24 jam. Kemarin sampai bela-belain gak pakai diapers seharian demi ngitung BAK bayi saya.

Baca lagi
3y ago

Iya bun. Sabar ya semangat Betul,peran suami jg ptg bgt. Sedih mmg cm kita harus kuat dn super sbar.... Klo baby nya gk mau nenen smntara udh 2 jam lbh gk nenen di pompa aja bun,suapi pke sendok.jng coba2 pke sot.malah bingung puting nantinya. Alhamdulillah nak saya udh mau nenen lg tnpa drama kok. Semangat mengasihi ya bun...

Dulu sy gitu jg pas anak pertama, tiba2 gk mau gitu trs kata kluarga itu wajar2 aja cmn ksian kan kita ibunya jd agak gmn gitu mogok asi.. nangis2 nendang2 gk jls tiba2 kyk aku org lain gtu, akhirnya baca2 google kan dpat deh website ttg anjuran membaca ayat kursi setiap mau nen sma alfatihah,inshaa Allah.. Yah namanya jg kita coba ya bun,alhamdulillah sngat2 berhasil bun.. Aku bacain alfatihah sma ayat kursi smbil aku elus2 kepalanya alhamdulillah aku sllu brusaha baca itu tiap anakku rewel dan demam bun, apalagi aku hamil ank ke 2 skrg tiapp ingat sllu baca bun..

Baca lagi
3y ago

Alhamdulillah udh mau menyusu seperti biasa kok bund. Ini pertanyaan saya udh hampir 1 mggu lalu. Tp ng up lagi

Kayak anak pertama sy dulu jg gt bun,, terus sy bawa ke pak ustad katanya ada yg nempel di badan sy, terus sy di kasih air garam di suruh minum,, sama PD sy di tepuk" pake sapu lidi, setelah itu sy mandi, selesai mandi baca alfatihah dan coba sy susuin ke anak sy, alhamdulillah mulai mau nyusu lg bun.. Percaya gk percaya sih ya, antara musrik atau tidak jg gk tau, yg penting niatnya ikhtiar dan menyembah hanya kepada Allah, kita hidup di dunia gk sendiri, kita hidup berdampingan dg makhluk tak kasat mata yg lainnya jg

Baca lagi
3y ago

Iya bun yg penting niatnya ikhtiar bun.. Tetep minta pertolongan sama Allah.. Pak ustad itu cuma perantara aja... Kalo apa" di bilang musyrik ya musyrik semua yg kita lakuin di dunia

Di sounding bun, anakku pas umur 4 bulan juga mogok nen sumpah aaya tau rasanya seharian saya nangis Malem kalo anak haus q perah manual soalnya g punya pompa elektrik ribet memang tapi saya usahain g pake dot biar g makin parah bingung putingnya Terus saya sounding ayahnya juga sounding Kuncinya harus sabar dan telaten anak mogok nen g boleh dipaksa bunda Tetep tawarin nennya tapi kalo g mau g usah dipaksa coba lagi 30 menti kemudian Anakku mau nen lagi setelah kurleb semingguan mogok nen

Baca lagi
3y ago

Ditelatenin aja bun Anakku kemaren kurleb semingguan

Pengalaman saya, bayi nolak nyusu pas awal nyusu langsung deres (LDR, let down reflect), disodorin juga dia bakal GTM kadang iya sambil dorong pd emaknya. Solusinya saya selalu sedia beberapa mangkok plastik di dekat saya, kalau deres mangkoknya diselipin di PD 😁 ntar kalau dah netes nggak ngucur lagi langsung kasih ke dedek & dia mau Asi yang dimangkok bisa sampai 50-100 ml, jadi wajar kalau lagi deras, sekalipun bayi mau nyusu durasinya bentar banget

Baca lagi

Sama kok bun, anak aku akhir2 ini gitu juga bahkan sampai sekarang masih gk mau, terus aja dicoba tawarin nyusu lewat pd langsung, tapi jangan dipaksa, tunggu si dedek bayi nya haus banget nanti juga mau kok walaupun agak rewel awalnya, atau bisa juga coba ganti-ganti posisi nyusu nya, yang penting bunda nya tetap berpikir positif dan mehadapi dengan tenang, insyaAllah akan memberikan aura yang positif juga ke dedek bayi nya

Baca lagi

sama seperti anak saya bun. dari usia 4bln dia susah nenen. mau nenen kalau pas ngantuk aja. kalau ga ngantuk gamau mau dipaksa kaya apapun ditolak. skrng anak saya usia 5bln 10hr. jadi kalau dia sudah haus langsung saya tidurin. kalau udh setengah sadar disodorin nenen lgsung mau bun. anak saya juga tidak mau didot dan disufor. jd ya harus sabar.. jd sehari hari kalau mau nenen harus nunggu dia ngantuk dlu baru mau bun.

Baca lagi
3y ago

kalau sudah smpe lemes gitu coba konsultasi sma DSA bun. takut e kalau ada sariawan atau infeksi telinga jd dia gamau nenen.