usg ke dua kehamilan pertama

hari ini saya ada jadwal usg ke 2. sampainya saya di rs saya di whatsapp bu bidan dekat rumah saya. katanya ngapain usg? kenapa usg? sering seeing usg g baik buat bayi dalam kandungan. radiasinya terlalu gede. apa bener gitu yaa bund? #seriusnanya #bantusharing #ingintahu #pleasehelp #firstmom #firstbaby

usg ke dua kehamilan pertama
146 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Ikut koment 🙏 bunda Aneu Kartini .. Hanya mau sedikit meluruskan dan sedikit sharing dan tidak ada maksud membully , jika saya salah juga mohon koreksi sari bunda2 lain... Bunda saya mau ijin koreksi , maaf jika saya salah .. Setahu saya USG tidak menyebabkan kecacatan pada janin.. Hati2 yaa jika memberikan info.. Maaf postingan geogle itu tidak selalu benar , maksudnya tergantung sumbernya darimana dulu ( ada yang benar / asli , dan ada yang kurang benar/ info palsu).. Dan saya belum pernah baca jika USG bisa menyebabkan kecacatan pada janin .. boleh minta link ,sumbernya ,dll ? jika boleh tau bunda sudah berapa kali hamil ? sudah pernah USG kah ? berapa kali Bun ? USG dimana? bidan? dokter umum ? dokter SpOG ? trus saat USG dilarang sama bidan/ dokter kah ? apakah bunda pernah dengar tentang USG bisa menyebabkan kecacatan pada janin , dari bidan/ dokter ( selain dari browsing)?? Sharing 🙏 saya sudah hamil 2x .. Dari awal kehamilan sampai lahiran selalu cek dan USG di RS ke dokter SpOG .. Seingat saya selama kehamilan 9 bulan kurleb , satu kali hamil/ setiap hamil USG bisa 10- 12x.. ( Alhamdulillah ada rezeki / dana) Karena dari tiap bulan di TM 1 USG ( 3x USG ) , di TM 2 ( 3x USG ) , 7 bulan 1x , 8 bulan ( sebulan 2x atau 2 Minggu sekali ) , 9 bulan ( seminggu 1x sampai lahiran ).. malah jika ada keluhan bisa belum sebulan sudah cek/ kontrol / USG lagi.. Dan kebetulan bukan ke satu dokter SpOG saja , kadang sengaja ganti2 kalau lagi gak ada keluhan ..( tidak ada dokter yg melarang / koment karena bolak balik USG .. ( jadi kurleb sudah 20x USG kehamilan ) belum USG lagi saat kontrol pasca lahiran dll .. Setahu saya yang bukan maksimal USG 3x selama kehamilan .. Tapi minimal 3x sampai 4x USG selama kehamilan di tiap trimester ..

Baca lagi
VIP Member

bidannya ngaco abis.. saya tiap bulan usg.. ga ada masalah.. malah waktu anak ke2 di awal kehamilan sempet dblg BO jd bolak balik dokter.. pas mao deket2 lahiran jg disuruh 2minggu sekali.. saya ke bidan cm di anak pertama doank krn ga paham org2 sekitar saya blg ke bidan bagus saya percaya aj.. setelah ada pengalaman pahit ke bidan saya udah ga pernah lagi ke bidan dan percaya sama bidan.. banyakan sok tau nya.. kdg bidan dipuskesmas tmpt saya juga suka lebay ga jelas.. saya pengguna bpjs.. dan tetep harus bbrp x ke puskesmas untuk minta rujukan.. dan memang kebetulan lemak perut tebal jd agak susah denger detak jantung debay dgn doppler.. bidannya lgsg panik ga jelas dan heboh ga jelas.. 1ruangan jd heboh ga jelas dan memang ak jg darting kronis.. haduhh pkknya lebay lah.. untungnya ak 1hari sebelomnya abis dr obgyn dan sudah pengalaman di anak pertama jd ak tenang2 aj dan santai.. yg penting dpt rujukannya.. obat semua jg ak dr obgyn..

Baca lagi

sma sprti bidan saya dlu, iya kali ketahuan hamil mau USG gk dibolehin, katany yg pnting DDJ masih ada, hellooooo. aplgi saya pernh ad kekentalan darah, sebelumnya saya udh USG dan diresepkan pengencer darah, krn jadwal kontrol lg ke obgynny masih lama saya mencoba ke bidan untuk meneruskan pengencer darah, tp jawabny sllu berbelit2. ini kehamilan saya ug ke 3, tp calon anak ke 2, krn ada riwayat iufd, anakku meninggl dlm kandungn UK 34mnggu kmungkinan krna pengentalan darah, sejak saat itu saya serba hati2, dan bnar2 menjaga kehamilan saya. dan ternyata benar, saat saya USG ternyata air ketuban saya agak kurang, setelah konsul sma dr obgyn dikasih PR untuk minum air putih mau dingin anget terserah, periksa atau USG bulan depannya alhamdulillah semua normal, dan di obgyn yg sekrng diberi pengencer darah, BBJ tiap bulan sllu ad peningktn, dan setelah itu saya gk pernah ke bidan lg.

Baca lagi

ga bner bun, USG itu aman dan USG itu ga ada radiasi gede, USG diambil dari gelombang suara gaada hubungannya sama bahaya kesehatan bumil dan baby. boleh ko USG sebulan sekali juga itu kata dokter kandungan yg bner2 udah ahli dalam bidangnya, dan yg buat bahaya USG itu di dompetnya bun 🤣 keseringan USG yaa gede juga pengeluarannya.

Baca lagi
3w ago

bener bun...😁

bidannya kolot amat 🙄 takut cuannya pergi kali itu dia😏🤭 mending ganti bidan deh bu, udah redflag sih klo kaya gitu buat saya 🚩

Baca lagi
3w ago

sama bun ke bidan itu cm pas ke puskesmas itu pun buat ambil buku sama cek lab aja..udah 15 w tp kata bidannya diraba baru 14 w karena saat dia periksa pake dopler blm kedengarn djj nya padahal saat di obgyn sudahh ada djj nya...mana dia bilang vitamin dari dokter itu kurang lengkap jd harus minum yang dari bidan puskesmas lebih lengkap krn sendiri sendiri, kalsium sama zat besi nya..kl di dokter semua kandungan masuk jd 1 makanya kadarnya jd berkurang gt katanya

TapFluencer

Wkwk kenapa deh bidannya?? USG malah bagus bun biar tau perkembangan bayi nya, liat ada kelainan atau enggak,air ketubannya banyak atau sedikit atau keruh engga nya, ihh banyak deh yg bisa di liat dari USG dan bisa di tangani dengan cepat kalo ada kelainan. Ga ada radiasi dalam USG, kalo ada radiasi ga bakalan ibu hamil di suruh USG. Yakali dokter malah membahayakan ibu hamil dengan USG. Radiasi tuh kalo lagi rontgen,CT- scan baru deh ga boleh buat bumil. Lah ini USG doang🤦🏻‍♀️

Baca lagi
1mo ago

iyaa bun, aku ikut saran dokter kok

USG setiap bulan aman ko bund, justru anak pertamaku dulu di USG tiap bulan, Krn memang aku merasa lebih puas bisa lebih mengetahui secara detail tentang kondisi anakku di dalam kandungan, justru aku sempat berfikir, kalo periksa ke bidan mngkn ada beberapa aspek dan caranya tersendiri saat memeriksa dan aku merasa kurang puas Krn tidak bisa melihat secara langsung anakku di dalam kandungan, dengan perbandingan harga periksa kebidan dan USG ke dokter yg ga jauh beda, aku lebih memilih USG ke dokter. mhn maaf aku hanya ikut berkomentar🤍

Baca lagi

kalau kata aku si Bun ia bahaya🤭 soal nya kn tadi nya kita ga tau kondisi bayi kaya apa kn kali USG jadi tau nah kalo sehat ci alhamdulilah. pas denger ato liat seneng kita coba kalo ga sehat kn jadi kita bumil malah gelisah. ketakutan. jdi kn mlh ga bagus ke banyakan USG saya anak udah 3, ke 4 sekarang belum pernah USG tapi Alhamdulillah. semua ny normal malah pake dukun beranak semua🤗 qita sebagai umat muslim berdoa aja yang terbaik buat ibu dn calon anak qita buat yang terbaik🥰☺️🙏🙏

Baca lagi

kalo saya itu dibilngin sama bidan...ke gni...aku kn tm 1 dri positif ke dokter...smpai kmren bru 11 w ke bidan...lh pdhl udh usg 2 x...bidnnya bilang.ngpn kebnyakn usg...usg tu klo pnting saja....pikiran positiftingking aja ke gitu ...lah aku bilng...aku itu punya pnglmn kegugutan...jdi wory tkut...dn gue bodo amat bidan mw bilang apa2...klo saya pngin priksa dokter ya priksa aja...klo memang penting buat ...keshtan ibu dan calon babynya...alhmdllh skrng udh mau 17w bunda....sehat2 bumil semuanya....

Baca lagi

terkadang bidan dan dokter tak sejalan 😅 (tapi ga semua yaa bun).. setauku sih ga aman dikantong klo usg tuh 🤣karena lumayan keluar duitnya lebih gede (ak setiap bulan keluar 400k mah harus u/ kontrol spog + usg). kalau untuk masalah kesehatan baby itu ga ngaruh sih.. soalnya usg itu pake gelombang suara, dan emg udh di atur yg ramah untuk baby.. malah dalam case tertentu, bisa aja mom diminta sebulan usg lebih dari 1x untuk menghindari yg tidak diinginkan

Baca lagi