Acara 7 bulanan

Halo bunda2 mau tanya, aku lg hamil 7 bulan tapi galau mau ngadain acara 7 bulanan atau engga karna ini kehamilan pertama saya, bingung ekonomi lg dibawah bgt lg mikirin persiapan biaya lahiran tp disisi lain kepikiran acara 7 bulanan, apa gapapa ya kalo ga ada acara 7 bulanan ? Takut kalo ga ngadain tp emang lg tipis bgt uangnya

92 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Klo saya pribadi Bun, dari hamil anak pertama smpe skrg lg hamil anak ke-3 (skrg saya UK jalan 35W) gk pernah ngadain acara 7 bulanan bunda..Apalagi hamil yg ke-3 ini kondisi ekonomi juga belum stabil..Waktu hamil anak ke-2 saya lg masa jaya nya Bun karena kerja dan posisi sbg kepala cabang juga, tapi saya tetap gk ngadain acara 7 bulanan bunda...Karena saya lebih milih nyimpan dana juga buat lahiran (anak pertama dan ke-2 saya SC) dan kebutuhan lain..Alhamdulillah anak pertama saya skrg umurnya 13 th 10 bulan dan anak ke-2 saya umurnya 7 th..Tidak ada masalah gk ngadain acara 7 bulanan bunda..Dalam Islam juga tidak ada kewajiban buat ngadain acara 7 bulanan...Mungkin lebih ke adat aja...

Baca lagi

Acara 7 Bulanan ga wajib bun itu hanya budaya bagi masyarakat kita. Nah kalau bunda kira² ga mampu ya jangan di paksain. Duit buat acara itu kan bisa buat beli kebutuhan bayi atau biaya lahiran. Dan acaranya juga bisa kok bun, di ganti kayak kasih nasi dan sedekah buat anak Yatim sekitar 3 - 5 orang, atau bisa wirid/pengajian yasinan kecil² di rumah. Kayaknya gitu lebih bermanfaat. Kalau omongan orang mah jangan di dengar bun. Sampai kiamat pun mulut tetangga yg nyinyir akan tetap sama nyinyirnya. Itu sudah lumrah kalau nanti "Anak pertama kok ga buat 7 bulanan". Ntr lama² lupa mereka ngebahasnya krn ntr pasti ga lama udah ngebahas lain yg lebih update 😅😂

Baca lagi

7 bulanan itu menurut saya kyk tradisi bun jadi tidak di acarakan tidak apa" lebih penting buat perlengkapan bayi dulu bun itu lebih penting kalau semisal bunda ada rezeki lebih sedikit ya buat urapan aja bun gudangan gtu buat di bagi kanan kiri aja nggk usah banyak" 10 atau berapa taruh di piring terus di bagi gtu nggk usah pakai kardus lebih hemat bun yg penting doa nya di do'ain terus di bagi kalau tidak ada jangan di paksakan bun penting doa nya sehat keduanya sampai lahiran nanti

Baca lagi
2mo ago

saya juga lgi di posisi sulit perekonomian bun tapi saya percaya saya bisa lewatin untung nya saya sudah sedikit demi sedikit cicil perlengkapan dan lain lain sampai dapat lungsuran popok alhamdulillah sebagian masih bagus" gpp buat tambah" kan bayi bisa ganti popok berkali-kali dalam sehari jadi orang kasih lungsuran saya sortir saya sendiri juga beli buat anak saya cuma yg lungsuran buat tambah" aja

hukumnya sunat ngadain acara 7bulanan ,perbanyaklah bersyukur Kpda Allah disetiap detik nafas kita,dan sujud kita, tapi klo ada rezeki lebih bagusnya berbagi ,jadi kesempatan kita untuk beramal baik lebih bnyak di acara hamil 4blnan maupun 7bulanan, tapi jika blum ada rezeki untuk berbagi ,mengadakan 7bulanan masih bisa dijalankan kok mba,kita adakan pengajian namun kita kasih bapak2atau ibu yg stelah mengaji nya dikasih makanan ringan apa yg kita punya aja,atau yg kita beli tidak menguras kantong,yang simple,smoga kita semua Allah limpahkan rezekinya kita semua aamiin 🤲

Baca lagi
2mo ago

Maaf bunda, setau saya yg sunah itu aqiqah, hukumnya sunah muakad.

knpa ya setiap masalah rumah tangga diawal pernikahan ujiannya pasti diekonomi. ada yg blom punya keturunan tapi duitnya ada. aku heran 😅akupun begitu ekonomi sulit banget kayanya😅tapi Alhamdulillah nya Rizki itu ada aja dari mna datengnya juga walaupun ngga seberapa tapi Alhamdulillah terlaksana semua😇🤲. banyak do'a aja bund semoga nnti pas waktunya rizkinya ada🤲😇 amiin

Baca lagi
2mo ago

kata ortuku sih mau ada drazatnya kita bund🤲😇 awalnya susah nnti senang gtu🤲😇 semoga saja ya bunda" amiin🤲😇

7 bulanan itu bukan suatu ibadah bund. 7 bulanan adalah sebuah tradisi yg diwariskan oleh orgtua terdahulu dalam menyambut seorang calon buah hati. jadi hukum 7 bulanan tidak ada didalam agama islam. jadi sebaiknya kalau keuangan tidak memungkinkan didoakan di sepertiga malam saja bund supaya bayinya sehat, normal dan dilahirkan dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun diwaktu yg tepat. jadi uangnya bisa digunakan untuk mempersiapkan keperluan bunda dan bayi saat melahirkan dan biayaya operasional melahirkan 😊

Baca lagi

aku kondisinya sama bund, 7blnan di akhir bulan juga. pas bgt keuangan lg banyak keluar bulan ini buat mudik dll. tp aku akalin ngdain 7bulanan cuma berbagi aja ke tetangga sekitar rumah sama sodara deket aja. nasi kotak sama snack nya & rujakan. ga banyak cuma 30dus nasi. alhamdulillah cuma sbg syarat aja buat nyenengin keluargaku juga. klo pun ga ngadain juga gpp. aku sama suami tadinya ga nyiapin budget 7bulanan, tp ortuku mau ngadain. yaa solusinya patungan sama ortu, & ortuku alhamdulillah ga keberatan.

Baca lagi

maaf yaa, mom. ini hanya menurut pendapat saya saja. menurut saya, baik diadakan ataupun tidak, itu tidak menjadi masalah. apalagi jika kita sendiri lagi krisis ekonomi. ngapain harus dipaksakan kalo nanti kita sendiri susah untuk biaya lahiran? yg penting doanya Mom. semua kembali bagaimana mom berdoa kepada Tuhan untuk kelancaran, kemudahan dalam persalinan nanti. doa itu lebih penting. itu sih menurut saya. tidak perlu dipaksakan

Baca lagi

7 bulanan mah cuma tradisi nusantara aja bun, gak diwajibkan dan gak ada catatan diharuskan banget, daripada maksain sampe pinjem2 udah mah lagi kepepet, mending mikirin persiapan buat nanti lahiran, atau nggak buat nanti aqiqah InsyaAllah kalo ada rezeki. saya juga kemarin cuma ngadain pengajian 4 bulanan aja, karna kata saya 7 bulanan mah bukan ajaran di islam juga, terus memang gak ada budget buat acara2 kayak gitu.

Baca lagi

Gpp bunnnkaloo gaa ngadain 7bln mah .. , dan gaa wajib juga. ituu cumaa adat dr kita nya. kaloo kita mampu ,kalau kitaa gaa mampu .. nntii aja setelah lahiran dan di 7hari nya langsung aqiqah ini malah wajib .. kaloo dr ajaran Islam si Bbun. . gtu si. kalo dr org tua aku .. , kalo misal kita gaa mampu pas di hamil 7bulan kita harus baca surat Maryam n Yusuf aja di rumah bersama suami .. gtu 🤗

Baca lagi