Pre Eklamsi Komplikasi Fatal dalam kehamilan

Halo bun, sy ingin menepati janji sy, sharing ttg pre eklamsi yg menyebabkan anak sy lahir prematur di 30w. Semoga bermanfaat yaa. Apa itu pre eklamsi? Pre eklamsi itu komplikasi pada kehamilan. Dengan gejala spt tekanan darah tinggi, sesak nafas, sakit di ulu hati, kebocoran protein pada urin, kaki tangan dan wajah yg membengkak, dan apabila membengkak ketika di tekan, kulit tidak kembali spt semula (berjejak). Kasus yg sy alami, sy sesak nafas, ulu hati terasa sakit, tangan dan kaki sy bengkak parah, ketika di tekan, malah jd berlobang dan tidak elastis spt semula. Wajah sy bengkak, tekanan darah sy naik melebihi 160/110. Biasanya pre eklamsi muncul di TM 2, apa penyebabnya? Bisa jadi keturunan, bisa jadi karna pola makan, bisa jadi karna kelainan plasenta, bisa jadi karna tubuh kita mengartikan janin sbg racun, dan menghambat aliran darah ke plasenta sehingga tekanan darah pada ibu melambung tinggi. Kalau pd kasus saya, sy terkena pre eklamsi karna turunan dari kedua orangtua yg memang hipertensi. Padahal dl nya tidak pernah punya tekanan darah tinggi, selama TM 1 pun tekanan darah normal, tp melunjak naik di uk 20w. Makanan dan stress manajemen juga bisa mempengaruhi tekanan darah ibu hamil. Kenapa pre eklamsi sangat berbahaya? Karna kalau di biarkan, janin akan kekurangan gizi disebabkan peredaran darah di plasenta tidak lancar, bisa menyebabkan bayi meninggal dalam kandungan, atau melemah dan harus dilahirkan dini. Pre eklamsi juga berbahaya utk sang ibu, karna bisa menyebabkan kematian, pendarahan, atau kejang. Apabila sudah menimbulkan kejang dan kebutaan, itu disebut eklamsi. Ibu2 yg pernah mengalami pre eklamsi atau eklamsi di kehamilan pertamanya, cenderung akan mengalami hal yg sama dikehamilan kedua. Bagaimana cara mencegahnya? 1. Usahakan kontrol kandungan setiap bulannya. Amati tekanan darah, apakah normal atau tidak 2. Aware terhadap tubuh. Saat hamil, ibu harus peka terhadap gejala tubuhnya. Kaki bengkak tidak selalu karna kelamaan duduk, kaki bengkak karna pre eklamsi apabila di tekan, ia tidak kembali spt semula, dan membutuhkam waktu lama utk kembali ke bentuk normal. 3. Jauhi stress. Ibu hamil harus bahagia 4. Minum dan habiskan setiap vitamin yg di resepkan oleh dokter 5. Istirahat yg cukup 6. Jaga pola makan, usahakan berat badan tidak naik scr drastis 7. Amati gerakan janin, minimal janin harus memiliki 10 gerakan dalam 24 jam. Apabila sudah mengalami pre eklamsi di kehamilan pertama, bagaimana cara mencegahnya di kehamilan kedua? 1. Saat mengetahui hamil, langsung temui dokter obgyn dan jelaskan bahwa bunda memiliki riwayat pre eklamsi 2. Konsumsi vitamin terbaik dan lengkap agar janin mendapatkan semua gizi yg dibutuhkannya, agar nanti amit2 bayinya harus segera lahir, organnya sudah siap dan matang 3. Konsumsi obat hipertensi sesuai dengan dosis dokter 4. Lengkapi dg obat herbal spt bawang putih yg di tubruk, rendaman/rebusan air seledri, habbatussauda, akupuntur, agar membantu tekanan darah tetap stabil 5. Sensitif terhadap gerakan janin, apabila janin bergerak pasif dalam sehari, langsung hubungi dokter mu 6. Harus dan wajib punya whatsapp atau nomor telfon dokter utk keadaan gawat darurat 7. Manajemen stress harus baik, meskipun banyak masalah, bumil harus tetap happy. 8. Usahakan istirahat cukup 9. Selalu berdoa agar janin sehat dan lahir di waktu yg tepat. Dalam kasus yg saya alami, saat mengalami hipertensi, sy selalu konsumsi bawang putih 2 siung di pagi hari, rendaman air seledri, akupuntur setiap seminggu 2 kali, minum habbatussauda dan minum 10 tetes melia propolis setiap hari. Kesalahan saya adalah, saya jarang sekali minum obat hipertensi dr dokter, karna takut akan mempengaruhi janin saya. Padahal dokter sudah meresepkan obat yg pasti aman utk ibu hamil. Terakhir, saya doakan selalu bunda2 yg sedang hamil selalu lancar dalam kehamilannya. Salam semangat dari mami dan biyyu ??

Pre Eklamsi Komplikasi Fatal dalam kehamilan
518 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya waktu hamil juga kena pre klamsia bun di usia kehamila dri 37w selama 3 minggu tiba2 tekanan darah stag di 130/90 gak turun2 saya mengalami batuk dan sesak nafas, protein urine positif 3, kaki bengkak2... Akhirnya tepat Rabu14 Agustus 3019 39w tekanan darah saya semakin tinggi 180/90 malam jam 24.00 saya harus dioperasi selama dioperasi penuh perjuangan bunda2 saya lama di dalam ruang operasi tiba2 jantung saya melemah. Bersyukur semua karna anugerah dan kasihNya kepada saya dan baby saya jam 00.55 baby keluar dan jam 2 pagi saya keluar dari ruang operasi. Mau ketemu baby butuh perjuangan bunda2 saya masuk ruang ICU selama 4 hari karena tensi tidak turun2 stag di 170/90 krna saya stress akhirnya saya sama dojter dipindahin ke kamar perat selama 3 hari akhirnya setelah lepas semua alat2 saya bisa bertemu dan berjumpa dengan baby. Saya menangis terharu tidak sampai disitu bunda2 selama hampir 2 minggu saya belum boleh kasik Asi si baby minum sufor soalnya saya waktu itu banyak minum obat akhirnya setelah selesai minum obat selang berapa hari saya kasik Asi Puji Tuhan baby esther tidak bingung puting. sekian cerita dari saya tentang preklamsia maaf kepanjangan๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜š

Baca lagi

Kontrol periksa setiap bulan tidak cukup Bun untuk menghindari pre eklamsia.karena orang hamil itu pasti beresiko entah resiko itu kecil atau besar..dan resiko itu bisa terjadi di awal kehamilan,selama kehamilan atau akhir kehamilan.saya kemarin 35 week terkena pre eklamsia karena dukungan dari keluarga,suport dari teman serta bisa menurunkan kecemasan pada diri kita akhirnya bisa mengendalikan tensi yg tadinya tinggi bisa stabil.setelah tindakan pematangan paru2 karena yg di takutkan melahirkan prematur.alhamdulilah karena keyakinan saya serta interaksi kepada baby bisa terjalin dengan baik akhirnya sampai sekarang kehamilan saya 36 week masih bisa di pertahankan..ya setidaknya menunggu sampai baby aterm/cukup bulan untuk di lahirkan.jadinya bunda harus perhatikan tensi ya Bun,sama albumin dalam urin setidaknya di trimester 3 periksa kehamilan 2 Minggu sekali ya.untuk meminimalisir adanya kegawat daruratan maternal.karena ibu hamil itu tidak bisa di prediksi yg bisa baik2 saja sampai melahirkan.terkadang mendekati melahirkan malah masalah datang.jadi ibu hamil harus happy,santai hilangkan rasa kecemasan,ketakutan untuk melahirkan agar tidak mempengaruhi tensi

Baca lagi

Ya Allah... Jadi menyesal sekali atas kurang pekanya aku sebagai calon ibu. Sedih klo inget. Bayiku meninggal dalam kandungan umur 31 minggu. Aku tidak merasakan gejala apapun yang bunda alami. Tapi kejadian bayiku meninggal setelah kakekku meninggal. Dan saat itu aku sangat terpukul dan sangat sedih. Mungkin karena keadaan yg sangat sedih itu aku tidak memikirkan janinku. Tapi aku sempat merasakan pinggang terasa pegal sekali. Tapi kata orang2 disana itu wajar saja. Bawaan bayi. Tapi ya sudahlah. Semua tak akan pernah kembali walau bagaimanapun aku menyesalinya. Terimakasih infonya bund. Mungkin pada saat itu tensiku naik drastis karena rasa sedih tp tak dirasa karena ramainya rumah atas duka meninggalnya kakekku. Mungkin Allah punya rencana indah yang aku tidak mengetahuinya. Alhamdulillah sekarang aku lagi hamil lagi dengan usia 8 week. Semoga bisa melahirkan anak yg hebat kuat sehat dan sempurna aamiin.... ๐Ÿ’™ semoga bunda dan biyyu selalu dalam lindungan Allah dimanapun berada, diberikan keberkahan dalam hidup aamiin ๐Ÿ’š

Baca lagi
VIP Member

alhamdulillah yg prekelamsi tp msh aware sm keselamatan ya bun msh rejeki juga dd bisa sshat lahir selamat. pengalaman adek ipar saya bun, dia hamil sudah waktunya, 39w kalau ga salah.. dr 4bulan sudah punya hipertensi dan sudah konssumsi obat darah tinggi. tp dia krg peka kayaknya dia msh maju mundur mau normal atau sesar krn sebetulnya dr 37w dokter udh nyaranin sesar tp wajar mgkn dia mau usaha yg terbaik. dia cari 2nd opinion smp akhirnya pd sabtu dia ngerasain janin udh ga gerak, pdhl semalam msh aktif katanya. trs aku sbg kk ipar cm blg coba byk minum es atau disenter perutnya siapa tau dd ngsh respon. ternyta enggak, dia akhirnya daftar klinik buat usg krn dsog baru ada sore.. dia jalan akhirnya udh bawa tas bayinya juga pas di usg ternyata janin nya udh ga ada bun sm dsog dirujuk ke Rs Fatmawati trs dia lahir normal hari selasa. pake induksi balon. sedih rasanya liat nya. skrg dia blm hamil krn msh ada hipertensi dan dia msh trauma

Baca lagi
2y ago

iyaa aamiin allahuma aamiin bun.. dia hipertensi bawaan sepertinya bun.. orangnya juga cuek parah. harusnya kan saat dia lg pengobatan hipertensi stop kopi kopian ya bun atau ga kurangi dl. ini dia hampir tiap hari minum kopi.

Dulu aku lahirin anak yg pertama mengalami pre eklamsi lahir di minggu ke 40 dengan normal setelah baby lahir aku nya kejang kejang lumayan agak lama dan sampe nga sadar selama 3 hari alhmdulilah setelh sadar saya di bolehkan pulang tp selama 1 thn itu tekanan darah tinggi nya belum juga turun dan harus kontrol terus, dan untuk anak ke 2 saya bertolak belakang tidak ada tekanan darah tinggi, tidak bengkak", dan lain sebagian nya cuman dari anak yg ke 2 harus lahir di induksi pada usia menginjak 42 w๐Ÿ˜ญtp alhamdulilah semua lahir normal dan sehat, inti nya tiap anak beda perbawaan dan yang terpenting mencegah, mengatur pola makan, istirahat cukup, makan makanan yang sehat, dan selalu bertanya pada dokter atw bidan jika kita ada keluhan inti nya itu aja Selamat atas kelahir baby nya ya bun

Baca lagi

Masha Allah tabarakallah, biyyu ๐Ÿ˜ sehat selalu naak.. ๐Ÿ˜˜ Saya juga mengalami pre eklamsia di kehamilan ke dua bund, semenjak masuk trimester ke 3 tensi yang tadinya nggak pernah tinggi tiba2 jd 140/90, nah disitulah saya ketauan PE dgn protein urin positif 1.. Sampai menjelang persalinan pun tensi masih di angka yg sama, sampai akhirnya saya harus induksi di usia kandungan 37 minggu.. Meski pun kasus saya masih terbilang PE ringan, tapi saya bener2 trauma dan takut untuk hamil ke-3 ,maunya udahan 2 aja ๐Ÿ˜Š Buat para bumil, jaga kesehatan selalu yaa.. dan harus tetap bahagia ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Baca lagi
2y ago

sakit bgt bund bikin trauma kalo buat saya ๐Ÿ˜

Makasih bnyak bunda informasi ny. Di kehamilan pertama ini bener2 worry karna setiap cek tensi darah selalu normal, dan pas cek selanjutnya masuk TM2 tensi darah tbtb tinggi, jd tiap hari bener2 merhatiin bgt perubahan tubuh, kaya tiap pagi liat kaki/tangan bengkak atw engga, ngaca mluu tiap hari liat muka kira2 bengkak atw engga, sampe makan makanan yg bikin darah normal walaupun ga suka makanan ny. Tp alhamdulillah setelah cek lg darah ga tinggi lg. Jd lebih menikmati kehamilan ini. Karna anak pertama jadi nya butuh bnyak bgt info. Terimakasih bunda sharing pengalaman ny ๐Ÿค—

Baca lagi
VIP Member

Makasihh bun infonya sangat bermanfaat skli, oia bun aku mau tanya donk, kaki ku bengkak dan saat di tekan itu membekas tp ga lama kembali lgi. Stiap periksa tensiku bagus bun, bb ku jg msh normal. Dan asal muasal kaki bengkak krn dri pagi mpe sore aku ada acara dinikahan tmn sehingga kebanyakan berdirinya makanya kakiku bengkak. Ini udh seminggu msh bengkak dan trakhir periksa pun tensi msh bagus dan ga ada keluhan yg lainnya seperti yg bunda sebutkan diatas. Apa kaki bengkak ku itu trmasuk bahaya bun? Aku pengen dgr jawaban dri bunda aja

Baca lagi
2y ago

Aku mau coba bun, mksh yaa bun

Saya nih Bun,,,anak ke 2 preklamsia usia kandungan 7bulan jalan 8 bulan,,,nah PD 36w akhirnya diputuskan sesar,,,itu sudah kejadian 8thn yg lalu,,,skrng saya LG hamil lagi baru 16w tensinya pun kesini2in makin tinggi 10w 135/90 skrng 155/95....minta doanya ya bunda2 disini semoga nanti lahiran tepat PD waktunya

Baca lagi
2y ago

Aminn ya allah

Aku anak kedua tensi tinggi blm sampe pre eklamsi tp sdh kondisi 50:50 tensi ga prnh naik begitu uk 34-35w setiap periksa tensi jd 130-140. Tapi mmg kaki sdh bengkak sampai paha. Pas periksa terakhir 160/100 dan langsung dsuruh sc. Uk 37w bayi sy lahir secara sc dgn selamat. Tapi bengkak di kaki lama bgt hilangnya.

Baca lagi
2y ago

Kyknya bun...trus tensi juga tinggi. Kta dokter bisa turun stlh 2 minggu gitu.