Problema tentang Mertua

Hallo mom.. Aku disini mau sharing Tentang Mertua yuk.. Bun, aku sering kali menemukan keluhan tentang mertuaku gini, aku ingin mertuaku cepet mati, mertuaku jahat dan lain lain. Jujur JENGAH !!! Seolah mertua itu semua Jahat padahal Tidak sama sekali Bun, kalo aku berfikir sederhana saja ya kalo sekiranya Gak siap punya mertua ngapain di paksain menikah ? Kenapa gak saling mengenal lebih jauh lagi dg Mertua ? Mertua itu versiku yaa kek orgtua kita juga. Stop ghibahin mertua, selain Dosa yaa ngapain si ngumbar Aib keluarga ke luar. Allah dah nutupin rapat rapat ini malah kita yg buka buka. Versiku, mengapa mertua lebih banyak sensitif /manja ? Krn sudah lewat umur, mereka ini sudah sepuh, tidak berdaya, tidak sempat berfikir rasional, perasaannya lembut, mudah tersinggung. Kalo bukan kita yg memahami mereka sapa lagi ? Sama halnya dg kita, kl kelak anak yg kita besarkan ini mendewasa, menikah lalu memiliki kehidupan sendiri. Apa kita akan dg mudah menerima ? Tentu tidak bukan, ? Cobalah lebih dewasa memahami sesuatu. Aku punya mertua Baik luar biasa. Lalu, apa pernah aku tidak di Tegur ? Apa pernah aku di marahi ? Apa mertuaku selalu berbuat baik ? Lalu aku berfikir dan menilainya sbg seorang yg sangat Baik ? Bun, orang baik itu bukan org yg Gabisa marah, bukan org yg ga pernah menegur kita ketika kita salah. Lantas, apa sependek itu cara berfikir kita Krn hanya seringnya di Tegur, lalu kita menilai mertua kita JAHAT ? Sorry kl yg di fikirkan demikian, artinya yg Jahat bukan mereka tapi kita. Mertua kita ini bukan Malaikat Bun yg gaboleh marah, gaboleh jengkel. Mertua kita ini manusia biasa sama halnya spt kita yg mudah marah, mudah Jengkel. Jadi, solusi dariku berbuat baiklah terus berfikir positif lah selalu Berdamai dg hati, situasi Lebarkan hati dan Maafkan. Syaratnya hanya itu

25 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Hallo jg bunda yg MAHA BIJAK. Saya mau bertanya.. Kalo km pny mertua yg ikut campur, mengatur, bahkan mengadu domba pernikahan anaknya apakah msh bs disebut mertua baik? Kalo km pny mertua yg menghasut anak laki2nya utk menceraikan istrinya apakah msh pantas disebut mertua yg baik? Kalo km pny mertua memberi makan bayi anda yg berumur bbrp bulan bahkan msh itungan hari, ga bs disebut sbg mertua jahat? Kalo km pny mertua yg dgn teganya memisahkan bayi yg baru lahir dari ibu kandungannya sendiri dgn alasan asinya ga enaklah, ga baguslah trus dikasih sufor apa blum pantes disebut mertua jahat? Kalo km pny mertua yg dgn teganya menyuruh menantunya kerja diluar kota dan bayinya dipisahin dr ibu kandungannya sendiri itu bkn mertua jahat? Msh byk cerita2 lain ttg mertua JAHAT diluar sana yg kita gatau sampai separah apa perilakunya ke menantunya, cucunya bahkan anak laki2nya sendiri. Km merasa JENGAH dgn curhatan menantu ttg mertuanya. Gmn mereka sendiri yg jelas2 mengalaminya. Jgn menjudge bunda2 disini yg ga bs menerima mertuanya yg zolim krn suami aja baru ketauan perilakunya setelah menikah apalagi mertua. Jd tolong, walaupn ANDA tdk pny empati thdp masalah org lain krn KM sendiri ga mengalaminya, jgn sok menasehatin, jgn nyinyir, syukuri aja pernikahan anda yg bahagia itu. Saya bkn membully tp mengkritik postingan bunda. Tolong bedakan.

Baca lagi

heh mak tolong ya jgn sembarangan ngjudge "klo gak siap punya mertua ngapain paksain nikah". Setiap org problem nya beda2 gak bisa lo sama2in, mungkin lo gak tau bnr2 apa yg ada di dlm keluarga nya cuma krna mertua lo dan lo berhubungan baik. Lo kira lo yg paling ngerti paling paham dgn berhubungan sama mertua? iya? Mereka crta ttg keluhan nya/ketidak cocokan nya dgn mertua mungkin krna sudah pernah mencoba apa yg lo blg buat pdkt lbh lg ke mertua tp ya apa daya klo memang kurang akur. Pliisss ya jgn sembarangan ngjudge mentang2 hubungan lo dgn mertua baik2 aja. Lo klo mau nasehatin gak usah pake blg 'klo gak siap punya mertua ngapain nikah' pikiran simple lo kya gitu kan? klo emang niat sharing yaudah yg baik2 gak usah mengutarakan pikiran lo yg blg 'klo gak siap punya mertua ngapain nikah'. Heran gue td nemu coment lo yg nyinyir, eh disini nyinyir jg postingan nya. Ngrasa udah jd ibu dan mantu paling perfect yak. Duhduh. Dan klo lo jengah dgn postingan mereka yg curhat ttg mertua nih ya SIMPLE nya gak usah lo baca aplg lo coment bisa lo skip aja kan drpda ujung2nya nyinyir :)

Baca lagi
3y ago

Nyampah? Bukannya luuuuu dan postingan Lu sampah itu? Plis lah jangan Bahlul Bahlul amadd Bu ayuuuuuuuuu

Hay buk. Saya baca di tanggapan2 kamu. Ada komen bilang kamu dan suami selisih hampir 21th ya? Hmm.. jadi saya bisa membayangkan. Mungkin mertua kamu sudah sepuh. Ga separah mertua yg masih masuk kategori makmak sen kanan belok kiri Aku juga punya sodara yg mertuanya sepuh sekali. Karna dia nikah sama anak bungsu. Mertuanya baik sekali. Gapernah ngomel. Memang pernah ditegur. Tapi sama sekali gapernah main tuduh atau dikomporin Jadi lebih baik kamu posisikan dirimu di posisi mereka yg curhat, bukan malah main judge. Lawong mertuamu sama mertua mereka juga beda lo, sis Mungkin kalo aku sekarang perempuan berduit, cantik, berpendidikan tinggi, nikah sama bujang yg umurnya jauh lebih tua dibanding aku. Dimana ibunya mendambakan seorang mantu, ya pastinya akan sangat disayang sama mertuaku😊😊

Baca lagi
3y ago

Engga juga si.. mertuaku tdk sesepuh yg anda bayangkan bun

Mau sok bijak, malah kena bully, bun. Mending dihapus. Kalo aku sih malu. Mungkin kamu gapernah ngalamin apa yg dialamin bunda di sini yg suka curhat soal mertua. Dan ya, "kalo ga siap punya mertua kenapa dipaksa nikah" Apa hanya perempuan yg perfect, pintar mencuri hati ibu suami yg boleh nikah? Bahkan banyak ustadh yg menyarankan setelah menikah lebih baik pisah rumah sama mertua. KENAPA? Ya karna memang banyak mertua dan istri yg kurang klik. Perempuan masuk ke keluarga besar suami setelah menikah, itu ga semudah laki2 masuk keluarga besar perempuan Hey, buuu. Kalo kamu belum pernah merasakan dijudge sembarangan sama mertua, belum merasakan suamimu marah sama kamu karna mertua ngomong yg engga2, dan dighibahin mertua ke tetangga2, lebih baik diam

Baca lagi

Gini ya bunda, bersosmed itu memang kudu bner² pintar aplg dgn jaman milenial skrg jd kita jg kudu² bener² bijak .. Intinya simple, kalau bunda ga suka dgn postingan orang ya tinggal di skip aja, kalau bunda suka ya tinggal di like aja. Dan intinya lg adalah bunda bersyukur bnget tandanya mertua bunda ga buruk sprt mertua bunda² yg lain. Kalau saya pribadi, tiap kali ada postingan yg sambat tntg mertua, saya cukup bilang "Alhamdulillah mertua ku ga seperti dia, ak masih beruntung" uda cukup di batin aja, jgn di koment juga ntar yg ada terkesan sombong 😊

Baca lagi

Mlah mnurutku aman curhat di aplikasi ini krna ada fitur anonim jd gabakalan tau identitas aslinya. Sy setuju sama komentar bunda2 dibawah, bner masalah org beda2 & apa salahnya sih kasih dukungan sama bunda lain yg mungkin saking stress nya ngadepin ujian rumahtangga Mskipun sy gapernah cerita ttg mertua/kluarga disini tp tiap lihat postingan buibu lain yg punya masalah ga merasa terganggu kok justru bisa kita jadikan acuan untuk bersyukur. Kalo ga bisa kasih dukungan & masukan ya di skip dripada ngejudge .

Baca lagi
3y ago

Ternyata ga semua prempuan punya rasa empati kalo mlihat yg lain susah hati ya bun.

Gak perlu menasehati orang dengan membandingkannya dgn kehidupanmu, karna hidupmu dan hidup orang lain berbeda. Tekanan hidupmu dan tekanan hidup org lain gak bisa disamakan. Lagian yg curhat di sini banyak yg pake anonim, seburuk2nya mertua yg dia ceritakan setidaknya gak ada satupun yg tau siapa orangnya, namanya bahkan rumahnya. Berhenti terlihat bijak dan menceritakan kehidupan bahagiamu disaat orang lain sedang merasa tertekan dgn kehidupannya.

Baca lagi
3y ago

Coba dibaca lebih seksama Dibawah tampak jelas ada kata 'VERSIKU' artinya cara Berfikirku.. Tidak ada pembahasan seolah membandingkan antara yg kurang beruntung dg yg Beruntung

Kalau cuma jadi penonton emang lebih gampang bun ngomong n komentar, coba sekali2 jadi pemeran utamanya. Gak semua org bisa handle masalah mereka sendiri, dan gak semua org bisa bijak sama apa yg mereka hadapi. Kalau masih bisa mikir jernih ya pastilah mereka jg gak mau ngeluh, mereka ngeluh jg pasti karena sdh diluar batas. ayolah berempati sedikit, kalau ngasih saran ya bersahabatlah jgn menjudge atau merasa paling bener sendiri.

Baca lagi
3y ago

Ga cocok jadi peran utama. Jadi figuran aja ngeselin

Bersyukurlah kamu pnya mertua super baik tidak smua orng dpt mertua seperti mertua mu pada dasarnya smua menantu itu baik klau smpai di omongin pasti nya ada sesuatu yg ga beres ga ada asap klau ga ada api smua itu ada sebab nya jgn lah gampang bicara tnpa tau kehidupan mereka secara lngsng...impian tiap wanita tentunya punya suami dan mertua yg baik tpi sebagian mereka tidak seberuntung kamu sekali lagi hati" klau berargumen

Baca lagi

Lah yo disini sesembk nya coment di postingan org lbh pilih nya 'no' tinggal sama mertua alasan nya 'krna menghindari masalah dan menguji kemandirian' pantesaaaaaaan postingan nya macam kya diatas ngjudge bunda2 yg kurang akur dgn mertua lah wong sesembk Yu aja ndak mau tinggal sama mertua krna 'alasan nya itu' kan gmna mbknya bisa bersimpati/empati ke bunda2 lain hahaha duh malu ah mbk sama postingan nya 😂😂

Baca lagi
Post reply image