asam folat

Hallo bun mau nanya, saya minum asam folat 400mcg, dan vitamin bumil. Ternyata vitamin nya sudah mengandung asam folat 1000mcg. berarti saya kelebihan asam folat dong? Belum lagi saya minum susu hamil juga mengandung asam folat. itu bagaimana ya ? Saya baru sja browsing katanya kelebihan asam folat bisa autisme oada janin. Gimana tanggapannya bunda?

34 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Minum asam folat nya aja bun sm sumil sehari sekali. Klo saya dulu gtu hamil pertama, cmn minum dr bidan. Ank sy sehat, pintar tanpa vitamin yg mahal2. Skrg hamil ank ke2 tadinya pengen ky ibu2 dsini beli BM/folamil tp stlh sy browsing vitamin2 yg ada di multivitamin itu udh bs kita dpt dr mknn. Yg wajib menurut penelitian itu asam folat sm vitamin D aja. Yg pntg kita upayakan mkn mknn sehat. Percuma jg kn klo bli multivitamin mahal2 tp terbuang cz kelebihan vitamin. Kebutuhan afolat bumil 400mcg saja. Klo di folamil ja udh 1mg, BM 400mcg udh pas tp klo konsumsi vitamin sebaiknya dikonsultasikan sm tenaga medis bun, jgn beli sendiri cz kita gk bs ngukur kandungan gizi nya.

Baca lagi
3y ago

Iya bun alhamdulillah aku kepikiran browsing, gakhabis fikir kalau dilanjut minum bun :(

hmmm jadi begini bun.. taunya asam folat berlebih dlm tubuh ibu gimana? apakah sudah cek kadar asam folat pd darah? ga perlu parno minum asam folat berlebih. yg parno itu kl ibu hamil kekurangan asam folat atau bahkan gamau minum asam folat. asam folat jika berlebihan akan dibuang melalui urin, jadi dont worry terkadang artikel di internet memang serem, tp fakta lapangan ga gitu 🙂 oiya saya udah diskusi asam folat berlebih ini ke dokter ya

Baca lagi

emang ga d kasih tau sama dokternya bun atau tanya k dokternya. kalo kata dokterku asam folat 400mcg per hari d awal kehamilan itu cukup. 1x per hari. dll nya. maksudnya biar tenang dan yakin baiknya tanyakan k dokternya bun. jd ga worry2 an setelahnya. emang kalo hamil penting banyak belajar minimal baca. apalagi kehamilan pertama. harus aktif bertanya dan belajar mandiri.

Baca lagi

Bun mau nanya nih, aku hamil 6 minggu tapi aku baru tau kalo ternyata asam folat itu penting dan aku sebelumnya makan ngawur bgt apa aja aku makan malah sukanya yg pedes gitu dan baru tau ternyata kalo kekurangan asam folat itu bayinya bisa cacat trs gmn dong bun sarannya aku kepikiran sedih bgt😭 dan obat dari dokter ga aku minum karna aku gasuka

Baca lagi
2y ago

iya bun sudah mulai rutin cari" makan yg mengandung asam folat trs obat udah aku paksain minum tapi kira" telat ga ya takutnya knp napa bayinya

Dikonsultasikan ke dokter nya biar disesuaikan resep yg diberikan. Misal sudah terlanjur ditebus resepnya, dihabiskan dulu resep dari dokternya. Janin hanya akan mengambil nutrisi yg dibutuhkan dari si ibu, dan kelebihan asam folat akan dibuang melalui metabolisme tubuh si ibu.

dlu saya juga gtu waktu baru" hamil . saya periksa ke SPOG di kasih folavit yang ada asam folat nya terus sama vitamin hamil 1000mcg terus tiap pagi ada mnum susu hamil dan mudah"an gpp bun skrng saya sudah UK 36w bbj 2.3kg

iya emg lg tm1 di kasih asam folat 400mg trs di blackmores udah 500 jd aku minum blackmores'y aja,pas tm2 jg vitamin dokter sm penambah darah,tm3 udah longgar ga mesti vitamin mahal yg penting penambah darah wajib

3y ago

iya emg udah cukup bun,aku jg tm1 cm minum blackmores aja,ga tau knpa dia tetep ngasih lg apa emg udah ketetapan dia dgn bayar sekian dapat asam folat sm penambah darah,tp ga ku minum

Yg asam folat tunggalnya ga usah dimakan bun. Lagian kan jg dah dpt tambahan asam folat dr susu dan asupan makanan sehari2. Yg namanya kelebihan atau kekurangan itu ya ga baik.

jgn terlalu takut bun, mulai skrg perbaiki pola makan& asupan vitamin untuk si kecil ya! ga cuma asam folat,tablet tambah darah,kalsium,dll. juga sangat penting

Kalo udah minum vitamin bumil gausah diminum asam folatnya. 🥰 1000mcg itu udah banyak. Kalo sdh minum vitamin dan makan cukup gizi sebenernya ga perlu susu.