Efek KB IUD

Hai bund, ada yg pakai KB IUD? Adakah efek samping yg bunda" atau suaminya rasakan saat pakai KB IUD ? Boleh share pengalamannya bund, Krn rencana mau pasang IUD sekalian saat sesar nanti tapi masih ragu 😁

24 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

aku kb iud langsung setelah 1 tahun melahirkan anak pertama karena emg ga kepengen pny anak dlu sampe 4 thn ke depan belum pernah kb lain, karena aku asi full 2 thn disarankan iud sama dokter kandungan, iud tidak pengaruh ke asi sama sekali, kalau kb yg lain pengaruh bikin asi jd sedikit (katanya). jd aku nurut aja. awal pasang kaget karena pas haid, keluarnya lebih banyak drpd biasanya. klo yg udah" ganti pembalut cuma 3x. ini bisa 5x. tp so far ga ngaruh apa" ke yg lain. suami santai aja katanya emg agak mentok. tp msh oke. kalau liat bunda" yg lain blg benangnya keluar, ini aku inget dokter kandunganku sempet bilang, kalo pasang iud tuh mesti pesen ke dokternya, dok, benangnya di lipet ke atas ya. jd ga menjuntai/keluar nantinya. trs dipesenin lagi, katanya tidak boleh angkat berat sering", max 10kg. khususnya sewaktu haid, karena kalau angkat berat bikin otot perut (kalau ga salah) jd renggang, nah itu yg bikin iud nya molos, lalu pas HB malah jd kebobolan. mesti sering" cek juga. setelah pemasangan, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 1 tahun, 1 tahun, lalu disarankan ganti kalau masih mau iud. so far aku uda mau 1 tahun lebih iud, posisi iud masih bagus dan blm kebobolan. anakku uda 2 tahun jd asinya ga terganggu, uda lulus asi 💜

Baca lagi
1y ago

iya bund usg, kalau msh bagus, ga diapa"in kalau miring, baru dibenerin lg 😅

hallo bunda ☺️✨ kb itu cocok cocokan ya bun... kita cocok suami enggak. jadi harus di tanyakan juga ke pak su... dan semua kb ada +- nya. saya anak 1,setelah nifas selang beberapa minggu saya udah subur lagi, karena suami udah ga tahan, akhirnya saya kb suntik 3 bulan. efeknya dibadan bikin gendut. tadinya BB 50kg sekarang 60kg 😁 mantap kan. setelah 3.5 tahun kb suntik saya stop. karena katanya kelamaan kb bikin kering kandungan nya kalo masih pengen nambah anak lagi, selama kb suntik 3 bulan awal awal masih haid lama lama ga haid sama sekali. akhirnya saya stop.... 6bulan kemudian saya baru dapat haid, darahnya merah ke iteman gitu dan banyak gumpalan, bahkan lama sekali durasi haidnya seminggu ada dan ga teratur.. karena menunda hamil lagi, suami pengen nyelesekan rumah dulu, jadinya ditunda lagi pake kb kondom aja 😁 emang kurang enak, tapi biar nggak di rugikan satu sama lain... lama lama kebiasa ☺️ oiya untuk IUD.. saya pernah kepikiran. tapi tetangga saya pernah kebobolan juga. terus buka youtube liat cara pasang nya, aaa serem 😭 makin ga kepengen 😭😂

Baca lagi

pas seminggu setelah pasang iud kata suami kerasa ada sesuatu bun, agak ngilu sedikit katanya tp lama2 ga kerasa lagi efek ke akunya tuh haidnya jd ga seperti biasanya bun, flek coklatnya lama pas darah keluar jd deressss bgt aku sampe ganti pembalut sehari 4x padahal itu pembalut ukuran 30cm dan selalu full tp selain itu nyaman2 aja, nanti jgn lupa kontrol 1minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun setelah pemasangan buat ngecek geser/ ngga iud nya

Baca lagi

kutulis berdasarkan pengalaman yang aku denger dari temen temen ya Bun, mulai dari Hb ga nyaman, tali ngejuntai keluar,ditarik terus keluar,haid buanyaak,sampe haid ga teratur,perut kram,itu sih yang aku dapet. kalo aku KB implan susuk di tangan kiri 3 tahun Bun,ga ngaruh ke asi,ke haid juga,tapi cocok2an Bun kalo KB itu setiap orang beda2.mending konsultasiin dulu aja ke bidan kalo masih belum Nemu KB yang sreg.

Baca lagi
VIP Member

setelah pasang ada rasa mengganjal tp cmn sehari, flek sekitar 1-2minggu, haid jd lebih lama dan darah lebih banyak (klo sy cmn 2 bulan awal, setelah 3 bulan mulai normal) . klo untuk suami mungkin saat berhubungan ada rasa nusuk dr benang IUD yg keluar dari pintu rahim, oleh dokter/bidan saat konsult biasanya benangnya digunting sedikit wkwkkqk. itu tergantung orgnya masing2 sih mom suka beda pengalamannya

Baca lagi
2y ago

gitu ya mom, makasih ya sharingnya. hehe soalnya mo pasang juga masih ragu" makanya cari" info dulu. abisan klo KB suntik di BB gak ke kontrol bgt, udh gitu gak pernah haid . di badan gaenak bgt

saya baru 2 bulan pasang. kalo di saya, setelah pemasangan perut agak kram, tapi hanya bbrpa jam saja.. trus ngeflek kurleb semingguan (tdk setiap hari). itu aja sih bun.. soalnya saya belum haid juga setelah nifas.. jd blm tau ngaruh ke haidnya gmna utk saya.. setiap org beda2 sih bun.. kalo utk kesuami, gak ada ngaruhnya.. benangnya dipotong pendek sih sama dokternya..

Baca lagi
9mo ago

gak ngaruh sama sekali utk suami bun.. jadi biasa saja

saya pasang pas waktu lahiran 6bln yg lalu di bidan.. ga kerasa gimana2 sih bund.. cuman skrg kalo keputihan lebih kentel aja.. kayak jelly bening gitu tapi gak berbau.. benangnya di potong agak panjang sampai kita bisa ngeraba sendiri benangnya.. di paksu alhamdulillah ga efek apa2..

2y ago

aku keputihan keluar banyak kalo abis HB Bun

aku dulu seminggu sesudah pasang IUD, HB biasa aja Bun, tapi sekitar dapet 3 Minggu gitu benang nya itu keluar masuk gitu di bibir Miss v nya trus pas di pake HB juga rasanya ada yg ganjel, jadi waktu mens berikutnya periksa lagi dan harus potong benang karena kepanjangan

VIP Member

di suami gak ada efeknya tp aku haid sampe 3 mingguan, berhenti haid cuma 1 minggu jd 3 minggu itu (1 minggu flek, 1 minggu nya banyak banget darah yg keluar, 1 minggu sisanya flek lagi) yauda sy lepas🤣 kasian suami kalo puasa 3 minggu wkwk

Baca lagi
10mo ago

kalau hb harus pelan2 atau hati2 ga ?

VIP Member

aku ngalamin sendiri pasang kb IUD eh ini hamil tau2 udh dapet 6minggu donk, pas konsul ke dr.kandungan cepat2 harus di ambil dan resikonya ke guguran😥alhmdulillah ini jalan 14minggu dan udah di ambil IUD nya..

7mo ago

bunda kebobolan setelah berapa lama pemasangan kb? saya juga tkut nih bun🙏