PD yg di Pumping Bikin ASI Seret atau Tetap Ada?

Di hari pertama bayi lahir, aku sudah siap agar bayi asi ekslusif. Hari pertama keluar colostrum sedikit, ku paksakan menyusui lewat puting. Colostrum bagus kan? Meski Bayi belum terbiasa puting, sulit nyedot, kadang cuma nempel ujung putingnya saja. Apalagi puting kanan dan kiri ku beda. Karena post op sc, posisi menyusuiku lumayan sulit. Tapi dibantu oleh bidan2 di Rs dan dipegangi suami. Bayi ga dibawa ke ruang perina, full bareng aku karena diberi ASI, kecuali jika sufor bayi dikasih ke ibunya dari setiap jam 09.00 pagi selesai dimandikan dan diberi susu. Pokoknya setiap jadwal nyusu perawat bawa itu bayi. Begitu penjelasannya. Hari kedua, produksi masih colostrum. Setahuku ASI mungkin keluar pas hari ke 3 pasca lahiran. Setiap jam bayi bangun selalu ku tetein. Entah ini bayi kenyang atau ngga, colostrumnya keluar atau ngga. Aku teguh ga mau ada sufor diantara kita. Ya bayi pun sudah jelas nangis terus. Hari ketiga. Aku pulang. Di perjalanan bayi nangis ga henti, kasih kanan kiri puting susahnya luar biasa. Sampe aku bingung sendiri. Dan di rumah tangisnya makin menjadi. Suaranya mulai serak, parau seperti tak ada tenaga. Bibirnya tampak kering. Aku sedih. Ku usahakan lagi nete. Ga bisa. Aku nangis. Akhirnya dengan berat hati tengah malam suami beli sufor. Dan dikasih lah. Pakai dot isi sufor, aku ngasihnya sampe nangis terus2an. Memang sufor ga salah, tapi aku sangat tegus pengen asi ekslusif. Asalnya selang seling dot dan puting. Pas asi mulai keluar, ku pancing dengan pumping. Alhamdulillah keluar. Cuman sedihnya, karena bayi kenal dot dini, jadi makin sulit nemu puting. Sampe akhirnya bayi bingung puting. Tiap ku coba tetein, bayi nangis aku juga ikut nangis. Berasa post partum blues. Itu berjalan sampe beberapa hari kita nangis berdua. Katanya kalau terus di pumping tanpa di sedot bayi, asi bakal berangsur berkurang/seret. Ya allah ga mau! Usaha mengatasi puting sudah dilakoni. Kalau tetap ga bisa. Aku pasrah pakai dot tapi isi asi. Yang jadi pikiran, apa bakal seret atau tetap ada asi nya? Minta sharenya pengalaman bunda2 disini, biar nambah ilmu dan pengalaman buat aku. Makasih ?

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Engga kok bu, justru pumping itu mancing produksi ASI tambah banyak. Banyaknya ASI kan by supply and demand.. semakin banyak permintaan semakin banyak pula produksi ASI nya, saya power pumping jadi makin banyak bu ASI nya. Saya juga lebih sering kasih ASIP daripada DBF karena kemaren-kemaren masih kerja. Supaya tambah banyak makan pare bu, bisa tumis pare atau di jus. Pare lebih ampuh dari daun katuk, daun kelor atau supplement ASI mana pun. Saya pake Legendairy dan Fenucaps.. tetep sih paling ampuh makan pare

Baca lagi
4y ago

Ohh syukur. Takutnya gula darah rendah jadi bikin pusing. Makasi ya infonya. Mau di coba. Semoga cocok, meski ga menyusui semoga bisa mengasihi sampe 2 tahun. Aamiin.