Siang bunda bundaa

Bunn.. Cerita nya hari ini akuu ke puskesmas.. Minta surat rujukan pengin USG. Krna faskes ku faskes puskesmas. Dan tiap bulan bpjs slalu aku bayar . . Giliran udah nyampe puskesmas lalu minta surat rujukan buat usg. Pihak bidan nya ga mau ngasih krna ga ada keluhan.. Sdngkan skrng mau usg umum harus bayar 200 300 rb.. Saya udah ngasih keluhan .. Bu bidan saya udah hamil 38 minggu perut ssuka kenceng mules.. Rencana saya pen usg.. Pake bpjs .. Tapi jawab an bu bidan nya.. Itu keluhan biasa.. Kalau maau USG tinggal pake Umum aja.. Kita ga bisa ngasih surat rujukan kalau ga parah... Seketika saya diem aja.. Oh gitu ya bu.. Iyaa tinggal pake umum aja kalau mau USG..😅 apakah ada yg sama sprti ku kalau mau usg pake bpjs harus ada keluhan😁

121 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sama bund saya juga alami itu pda saat usia kandungan sy 27week. beda ny sy d klinik bukan d puskesmas. pada saat itu sy merasakn mulas² dn nyeri pada perut yg terllu berlebihan. krna takut kenapa² memutuskn untuk konsul k bidan. stelah k bidan respon bidan "itu hal yg wajar". yasudah dsitu sy angap hal yg normal,dn jika mau surat rujukan tidak semudah itu. surat rujukan hanya bisa kalau ada indikasi. d situ sy dn suami kesal dn berpikir indikasi yg seperti apa yg mereka maksud sedangkan sy sudah ada keluhan,apa harus nunggu parah.. beberapa hari kemudian sy merasakn hal yg sama lg, tapi bedan ny yg ini tidak tertahan lg akhir ny datang k klinik lg tp masih sm jawaban bidan. itu hal yg normal bawa istirahat saja. sampai pada tgl 31 oktober kemarin akhir ny memutuskn k ugd krna sy dn suami sangat cemas. alhamdulillah ny anak sy cepat d tangani kalau tidak bisa keguguran. dengan keluhan sy yg mulas² dn nyeri itu krna sy mengalami keputihan menggumpal jd menyebabkan mulas dn nyeri ny. 3hr d rawat alhamdulillah pelayanan rs yg sangat baik dn dokter yg sabar dn lucu keluhan sy sudah teratasi. tp sy msh sangatttt ingat sm omongan bidan yg bagi saya seperti orang yg tidak punya hati. bidan itu bilang "usg mandiri aj paling 150rb paling murah. klinik tdk bisa kasih rujukan begitu saja kalau tidak ad indikasi²." pdhl d situ sy sudah bilang sy tidak ad biaya ny untuk usg krna sy sedang d uji dengan ekonomi. jd bgi sy uang 150rb sj sangat berarti. dn nyata ny sampai sy ad alami indikasi pun belum dikasih. padahal yg sy baca d info bumil² mereka² tidak d persulit untuk minta rujukan usg pakai bpjs. yasudahlah mau d paksakn seperti ap lg. teratapi seharus ny bidan itu mengerti kalau ekonomi seseorang itu berbeda²,ya sudahlh sy juga tdk hisa mrmaksa untuk bidan itu mengerti. untuk sharing² aj ya bund ini pengalaman sy slma mengandung ank pertama. bismillah ya bund smoga kita d berikan kelancaran,d ganti rasa sakit ny dgn melahirkn ank yg sholeh&sholeha,sehat tanpa kurang sedikit appn Aaminn🤲💪🤗

Baca lagi

oalah mbak... mbak... puskesmas kayak nya sbagian emang kayak gini kali ya... kata suami gak ada keluhan pun bisa USG pake BPJS kan ada jatah nya. saya jg punya pengalaman yg gak enak. dari ketahuan hamil saya priksa dan USG ke dokter obgyn dan pembayaran selalu umum. di bulan ke lima khamilan saya dtanya tntang cek lab lengkap(hb,sifilis,hiv,dan sbagai nya) krn saya merasa tidak perna melakukan cek lab jadi saya dsuruh cek lab sm dokter obgyn trsebut di Puskesmas sesuai faskes BPJS saya (puskesmas nya jg dekat rumah hanya berjarak 200meter) jd disarankan dokter cek dipuskesmas saja. saat sampai dsana pihak bidan tidak mau cek lab saya dgn alasan cek lab itu blom diperlukan, tunggu mau lahiran baru di cek. awal nya saya percaya saja, ehh pas bulan brikut nya saya priksa ke dokter obgyn dtanya lg sama dokter nya hasil cek lab, saya bilang saja dicek klo mau lahiran dokter trs dokter nya kesal sampe buat surat perintah buat cek lab, bsok nya dtang lg saya kepuskesmas ehh jawaban nya sama, sudah dijelaskan klo dsuruh dokter obgyn ehh malah saya kena mental akibat mulut2 bidan dsana"ngapain mau cek lab, biasa klo mau cek lab tu janin nya bermasalah, atau cacat"yaaa Allah bun sharian aku nangis keingat tu kata2 bidan, sampe ngadu aku sama suami ku perlakuan oknum2 itu (padahal suami ku kerja di empat Rumah sakit besar dsini,dan suka nghadirin acara2 dr pihak BPJS sbagai perwakilan dr RS) stelah ngadu ke paksu auto ngamuk suami ku bun dtunjuk2 tu bidan yg ngatain janin ku brmasalah. stelah dimarahin paksu baru deh mau cek lab aku,baru deh tu bidan mnta maaf,aku ya klo dah di giniin gamau lg, mnding bayar drpd kyak rendahin harga diri dulu, kayak ngemis dulu cuma buat cek lab pdhal realita nya BPJS kita bayar. iiihh amit2 deh klo ingat tu bidan.

Baca lagi

klo dipuskes tempatq dokter umum ada trus,waktu 27week aq ngeluh kaki bengkak,nyeri dada,tangan kram parah.dokter malah auto ngomong"bu sy buatkn rujukan langsung ke dokter ahli kandungan ya?trus ceritakn keluhan ibu semuanya ke dokternya.rujukan ini berlaku 3 bln tp ttp dokternya kasih obat .trus aq ke RS yg di tuju gratis semuanya cuma lumayan jauh 4jam perjalanan.untung iparq yg bayarin biaya sewa mobilnya😬.trus aq baca info klo daerahq ada dokter ahli kandungan aq ign USG lg .ke puskes lah aq awalnya dgn keluhan nyeri dada trus si dokter ngomong" bu ,rujukan masih berlaku.aq jwb "jauh dok ,biaya mobilnya😔 trus dy jwb balik lg ya tgl 11 nov aq buatin yg baru surat rujukannya .trus dy liat dibuku KIA lum periksa darah hbsg dy bawa ke ruang lab 😄.tgl 11 aq ke puskes lg tp bingung ngga ada keluhan ,aq bilg aja bagian pendaftarannya saat ditanya ada keluhan apa? aq jwb kontrol kandungan😁😁😁 gtu masuk ketemu dokter eh beda dokter.pdhl niatnya mau minta rujukan🤭🤭.nah dgn dokter ini dy periksa buku KIA q ,dy bilg waduh bukunya masih byk kosong bu , mf klo lama sy isikan ya,soalnya ibu mau melahirkan kasian nnt.aq jwb alhamdulilah bu.trus aq minta surat rujukan lg kebetulan dokter tersebut lg hamil juga ,dy nyaut mf bu klo di RS terdekat BPJS KIS ngga berlaku jd bayar 170rb.krn ada uang lebih aq USG nah td posyandu ketemu bidan .bidan ngomong " bu alhamdulilah kemarin alat USG ru datang,ada KIS BPJS ke sana gratis bu.aplg ibu dah 9bln .semangat 45 aq dengarnya😁😁😁 tp kta suami jumat aja ke sana .tanya iparq dulu jm brp dokter yg USG ada .aq malah ditanya keluhan aq jwb kontrol kehamilan aja tp di arahin ke dokter langsung ngga ke bidan sih

Baca lagi

sama... saya pun jugabegitu dari sejak TM1 saya minta rujukan buat USG tapi nggak dikasih😥. Karena nggak ada keluhan, pun kalau mau USG terbatasnya di puskesmas juga. dan di TM3 jatahnya 1x... Setiap konsul pasti saya minta rujukan buat USG, tapi as always jawabannya sama. Kalau priksa di puskesmas itu bener2 sesuai dg kolom yg ada di buku KIA, TM1 3x TM2 1x dan TM3 3x... dan amat sangat terbatas fasilitas dan konsulnya... kemudian dari bidan puskesmasnya yg suggest ke saya, baiknya coba ttp ada pemeriksaan dg dokter kandungan karena di bidanpun terbatas hanya perabaan dan pendengaran. Sewaktu akhir TM1 bidan suggest saya buat ke dokter feto krn melihat usia saya. Alhamdulillah dokter yg di suggest biayanya masi bisa dijangkau. Dari itulah saya jadi punya 2 tempat periksa 1 di bidan puskesmas (karena pertimbangan untuk lahiran) dan dokter spog untuk saya lebih prefer dg konsul dan penyampaian info ttng kehamilan dan adek janin. *** Kalau menurut pendapat saya ikhtiar untuk sehat itu butuh berbiaya dan nggak murah😢, khususnya untuk kehamilan bener2 harus jaga2 dan mempertimbangkan asupan nutrisi... Buah + sayur + protein ini pun tidak murah, belum lagi + susu... Plus biaya dokter untuk konsul yg tidak di cover bpjs. *Alhamdulillah ala kullihal. Semoga kita dimampukan dan dicukupkan rejekinya, adek janin + bumilnya sehat2 dan cerdas serta dimudahkan juga dilancarkan proses persalinannya.

Baca lagi
2mo ago

Aamiin Aamiin Yarobbalallamiin bun

VIP Member

Ini yg aku alami bulan lalu bun 🥲 Kondisi 2x keluar rembesan gitu, sampe puskemas cuma cek DJJ aja. Trs ditanya'in "udh 9 bulan bu?" aku jawab blm, msh 24weeks. Maksud aku mbok ya minta tolong cek itu rembesan ketuban apa bukan pake lakmus, malah disuruh seminggu lagi cek lagi. Aku inisiatif tanya blh minta rujukan bpjs buat usg apa engga, katanya ga bisa karna ga ada indikasi darurat. Apa keluar rembesan kaya gitu ga darurat? Trs indikasi yg darurat banget kaya gimana spesifiknya?🥲 Agak gedeg sih, karna aku udh usg di bulan yg sama kan lumayan ya pake umum disini 300rb-400rb. Dr dokter sama bidan di RS aja menyarankan pake bpjs tiap periksa. Lah faskes nya sendiri seperti itu 🙃 Akhirnya suami langsung ajak usg ke RS bun, sekalian ke UGD. Dokter aja ngomel2 "Kenapa ga ke bidan dulu buat cek itu ketuban apa bukan?".. duhh panjang ceritanya Dok 🥴

Baca lagi
2mo ago

Terima kasih Bunda Acy atas infonya 🙏🏻

Dipuskesmas memang gitu bun. Saya awal periksa dibilang dr umumnya bulan depan balik utk mnta rujukan usg, waktu balik dr umumnya uda beda org, sm dr yg ini gak dikasih krn gaada kelainan, komplikasi, keluhan gitu katanya Jd saya umum utk usg, walau blm bisa tiap bulan, krn uangnya dibagi2 Selama 17week ini saya baru usg sekali di 10week, krn parno juga lihat di youtube2 bnyk kasus hamil diluar rahim dll😂 Alhamdulillah normal sdh ada djj nya Bulan lalu kontrol di puskesmas, dicek djj pake alat kyk doppler gak ketemuu😭 uda panik bgt pngn usg lagi tp nanggung nunggu sekalian tau jenis kelaminnya Jd yah saya bantu doa dan positif thinking ajaa bun

Baca lagi

iya sma bund, tm 1 aku ada flek, ,faskes 1 d desa A. lgsg dksih rjukan buat k rs.. trs sya rncana pgn gnti faskes 1 ny yg dkt rumah biar enak kntrol²ny.. rjukan kn cm 3 bln itu hbis bund mau minta ke faskes yg baru ,udah ada surat rjukan balik dr spog nya tp eh gk boleh ktanya hrs ada kluhan dlu klo mau usg d rs..skli deh usg d puskesmas , cetakanny jelek yg meriksa dr umum, skli aja itu bund lalu aku d dokter spog² aja yg prktek gt. gpp byar drpd ngecewekan. tp ttp nyari hrga yg aman d dompet. . ini sudah 32 mg.. rencana pgn lhiran d rs krena ada riwyat Sc, tp gk tau nnt minta surat rjukanny boleh tidak ya..

Baca lagi

bantu jawab ya bunda2 sekarang bpjs hanya bisa merujuk untuk usg dari puskesmas jika di temukan masalah dari hasil pemeriksaan yg di temukan dari bu bidannya ,, jika hasil pemeriksaan masih bagus pihak puskes tidak bisa mengeluarka rujukan karena rujukan d buat sesuai diagnosa yg d periksa,,, jika tidak d temukan masalah usg emg biaya mandiri walupun bunda2 mau pki bpjs mandiri ataupun yg punya pemerintah,, itu semua sudah kebijakan dari pihak bpjsnya,, itu setahu saya bunda2,,,krn saya juga pengguna bpjs mandiri,,,semoga bermanfaat ya bund😊

Baca lagi

sy jg pernah nanya gt bun kebtlan bpjs ku jg faskes puskesmas, nanya mau mnta rujukan usg, ktny usg bpjs it bs 2x antara tm 1 sm tm 3, nah wkt it sdh tm 3 kl gk slah sdah 32 week tp ktny nanti aj soalny takutny nanti perlu, bidan nanya jg sdah usg brp x tiap bulan ktny jgn sering2 usg gak bgus buat bayi sy hanya senyum aj bun, jdny ysdh gak jd mnta rujukan buat usg pkek bpjs. y sy hnya mau manfaatkan fasilitas yg ad tp kl buat ribet ysdah sy gak ambil pusing alhmdulilah sblm ny sy kerja jd gak terlalu pusing biaya usg.

Baca lagi

kalo di faskes 1 minta rujukan emang harus ada keluhan dulu bund, kalo normal biasanya emang gak mau ngasih rujukan. tp sekarang dibeberapa puskesmas udah ada usg kok bund, emang gak ke cover bpjs tp bayarnya murah. kalo ditempat saya pekalongan bayar 65 ribu. pengalaman saya faskes 1 ngasih rujukan ke saya karena seminggu sebelumnya saya dirawat di rs karena ada infeksi paru2, makanya faskes 1 mau ngasih rujukan ke RS untuk ngecek kondisi janin, eh pas di usg malah posisi janin melintang di uk 30w 2d 😥

Baca lagi