Gemuk setelah MPASI

Bunda mari berbagi cerita, yang babynya waktu ASI kurus tapi setelah MPASI jadi gemuk.. menunya apa saja? Berapa kenaikan berat badan setelah MPASI?

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Aku, 2 minggu kurang lebih naik 0,5 Kg. Pas awal2 itu bb nya tetap. Masuk 7/8 bulan aku buat mpasi sendiri. Sebelumnya cuma main rebus dan blender. Menunya aku samain sama orang dewasa, tapi yang tinggi lemak. Misalnya pake lemak tambahan seperti unsalted butter, santan, susu uht, dll. Terus menu mpasi harus 4 bintang. Ini salah satu resep andalan ku bund, jaminan anak ku pasti mangap. Kira2 aja ya takarannya. Bumbu halus: Bawang merah Bawang putih Kunyit Kemiri Prohe: ayam/sapi/ikan/telur Prona: tahu susu/tempe/tahu telur Serat: wortel/sayuran lainnya (secukupnya, gak perlu banyak2) Lemak tambahan: ub untuk menumis, santan Bumbu lain: daun salam, daun jeruk, sere, garam sedikit, kaldu jamur mpasi dari pawon setengah sdt. Bisa di tambah minyak wijen. Cara buat: Tumis bumbu halus dengan ub sampai wangi. Masukan daun salam, daun jeruk dan sere. Aduk sampai wangi. Masukan air secukupnya. Masukan prohe yang sudah di potong kecil2, tunggu matang. Atau boleh sebelumnya di rebus dulu sampai matang terus tumis sebelum di tambahkan air. Setelah daging matang, masukan prona dan serat. Aduk2 sampai matang. Masukan santan, aduk sampai rata. Terakhir masukan garam, kaldu jamur pawon mpasi dan minya wijen sedikit aja. Koreksi rasa. Kalau menurut bunda enak dan ada rasa, siap disajikan dengan nasi hangat. Nanti tinggal sesuaikan tekstur aja. Saran saya pisahkan nasi dan lauk ya bund.

Baca lagi
2y ago

ini usia brapa boleh dikasi bun?

yg penting menu lengkap dan nutrisinya seimbang bun. aku ngikuti resepnya dr.meta. memang ngga semua sesuai ekspektasi, tapi anakku bb nya normal dan selalu naik baik tiap bulannya. aku nurutin anak aja sih bun kalo soal makanan. anakku suka nya makan sama ikan, jadi lebih sering ku bikinin menu yg ikan2. anak mah ngga pasti bun, kadang lahap kadang juga ngga selera makan, apalagi kalo pas tumgi/ sakit/ menunya ngga cocok. tapi tetep kucoba buat ngasih menu yg lain. kalo misal ngga selera makan biasanya ku bikinin snak yg tinggi kalori gitu bun, buat nunjang dan biar perut anak tetep ke isi. . pernah juga pas umur 12 bln ke 13 bln bb nya naik sampe 1kg (sebulan)๐Ÿ˜† kaget bun. tapi seneng, padahal waktu itu dia lagi susah banget makan, cuma doyan ngemil bun. . yg penting jam makannya juga diperhatikan betul bun. biar anak juga tau rasa lapar dan kenyangnya. kalo untuk contoh2 menu bisa lihat di instagram bun, banyak banget dan variatif. semoga membantu๐Ÿ˜Š

Baca lagi
2y ago

biasanya sih aku bikinin pudding pake ubi, santen/susu, kadang stik kentang keju. biasanya anakku suka itu. kalo di ig memang biasanya kebanyakan ngga nyantumin jumlah kalorinya, tapi bisa dicoba resepnya dulu dari situ bun. soalnya kan kadang kita pun ngga bisa ngitung sendiri kalorinya berapa, paling yg dihitung gram nya aja (porsi)

anakku setelah MPASI 2,5 bulan naik 2,5 kg, sebelum MPASI beratnya 5,8 kg itu 2 bulan naiknya nggak sesuai KBM di buku pink jadi usia 5,5 bulan udah dibolehin MPASI sama DSA, sekarang 8 bulan 9 hari beratnya 8,3 kg pakai menu lengkap, bahan makanannya kira-kira begini (dalam sehari) โ€ข prohe : 60 gr โ€ข karbo : mulai dari 60 gr nasi, naik bertahap sampai 150 gr nasi (bayi 8 bulan) โ€ข lemak : 1,5 sdm (kadang tambah lemak dari santan) โ€ข sayur : maksimal 15 gr (kadang pakai kadang skip) prohe pakai apa saja yang ada, karbo seringnya nasi/kentang, lemak pakai minyak canola/olive oil/margarin, sama aku tambahin keju (aku pakai prochiz) sepotong kecil aja buat ganti garam, bumtiknya jgn lupa, sebelum dikasih ke bayi diicipin dulu, pastikan enak ya ๐Ÿ˜†

Baca lagi
2y ago

kejunya yg gampang dicari ya bun ๐Ÿ˜† mau ikut-ikut pakai belcube dkk harus online, ketimbang rusak dijalan kan ya kejunya

Pengalaman aku si dulu anak pertama abis mpasi bb jadi susah naiknya, karena ilmu mpasi berdasarkan katanya aja bukan ahlinya, jadi menu paling nasi sama sayur jarang ada protein apalagi lemak tambahan, bb bukannya naik malah turun terus. Sekarang karena sering baca ig dokter2 jadi paham menu mpasi yang bener, jadi yang penting itu karbo, protein dan lemak tambahan kalo sayur cuma sebatas kenal aja, alhamdulillah bb naiknya masih bagus sebelum mpasi, bulan pertama 8ons bulan kedua 5ons udah bersyukur banget

Baca lagi

Anak ku 2bln mpasi naik 1,5kg. Gk gemuk normal aja kenaikan bb ok.. Kalo aku cari tau Sih buat naikin bb anak itu daging sapi, ayam. Aku pakai, ikan sungai (gabus,lele) alergi ikan laut ank nya๐Ÿ˜Œ. Daging sapi sm ayam. 2hari ayam, ganti ikan, trus daging. Kalo sayur apa yg ada di kulkas aja, daging sapi+kangkung+tomat ditumis trus campur ke nasi tim. Menu nya aku ngarang sndri msk nya๐Ÿ˜. Ikan lele goreng/steam kasi irisan jahe dikit trus kukus udh mateng kasi daun bwg trus siram minyak panas 1 sdt.

Baca lagi

anaku setelah makan BB-nya naik normal aja Bun, bisa naik antara 300-500gr, yg penting tiap bulan ada kenaikan BB sih kalo ak, menunya yg lengkap g pake 4bintang apalagi menu tunggal, sama lemak tambahan itu penting bgt sih, biasanya ak masak nasinya dikasih santen, atau masak lauknya kasih santen, atau kalo lg tumgi bikin aja cemilan yg tinggi kalori bisa baca d igs nya dr.meta kalo mau resep ada d ig byk bun

Baca lagi
2y ago

atau kalo lg tumgi kn nyeri tuh Bun gusinya, bisa bikin cemilan yg dingin2 kaya puding gitu, bikin aja pake roti tawar, kasih susu, masukin buah naga, kasih ager2 yg plain udah deh jadi, pasti anak suka kalo makan yg dingin2 gitu bun

wah banyak ilmu nih.. bunda2 yang lain mana suaranya, kesan2 mpasi pertama. buat pengetahuan saya juga

kalo saya lemaknya pake santan bun. kadang minyak. kalo saya minyak merk apa aja yg ada didapur heeh

Kok anakku pas mpasi jdi kurus yah pdhl makan bnyk nyusu bnyk lgi bayi usia 2bulan gemuk skli

2y ago

iya bun. prohe & pake santan juga. tapi selang seling klo pake santan, khawatir bosan. misal hari ini pake. besok enggak. lusa pake. gitu klo lagi ga mau makan juga PR bgt. mungkin bunda bisa share tips klo anak ga mau makan? saya sudah nerapin jadwal makan juga, yaa kurleb arahan dr. metta

numpang nanya buk ibuk... klo udh MPASI klo ga bab normalnya brpa hariiiiii

2y ago

coba kasih buah pir klo sembelit. jakin deh keluar pupnya