Mitos orang dulu pada orang hamil

Bunda disini adakah yang masih percaya dengan mitos mitos jaman dulu ? Misalnya * ngga boleh ngebersihin / motong ikan maupun ayam . * ngga boleh duduk tanpa alas . * ngga boleh makan udang / ceker ayam . Lalu adakah bunda disini yang ibaratnya menentang mitos" orang dahulu dan sudah melahirkan ? Bagaimana dengan dedeknya ? Apakah berpengaruh ? Yuk sharing bunda .. #seriusnanya #bantusharing #ingintahu

59 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

klo menurut saya bun buat yang pertama "mungkin maksutnya jgn ngebersihin itu hewannya belum mati alias masih hidup kan katanya selama hamil gk boleh menyakiti binatang nah klo kita beli ikan atau ayam dipasar kan itu udh mati ya ikan atau ayamnya jadi ya gk papa kan bukan kita yg bunuh 😅 dan kita gk menyakiti" yg kedua "kan klo pas lagi hamil duduk klo gk ada alasnya suka sakit dibokong kan yah logika aja" terus yg terakhir "menurut aku, ceker sama udang itu mlah bagus kok buat dikonsumsi. cuma klo di tm 3 kan udh gk boleh terlalu bnyak mengkonsumsi seafood cukup 2x dalam seminggu aja buat mencukupi kebutuhan omega 3 jadi gk berlebihan." klo saya pribadi yah bun bukan org yg bisa percaya mitos gtu aja. klo memang ada org yg bilang gk boleh ini gk boleh itu saya tnya dulu alesannya apa, trus saya pikir lagi secara logika nyambung gk nya.. kaya kata org tua gk boleh makan dikamar nanti klo melahirkan jadi susah(naudzubilah) amit² jabangbayik... mungkin mksutnya org tua dulu itu cuma buat bilangin klo makan dikamar itu gk baik karena kadang suka jatuh² entar malah jadisarang semut lagi 😅 gtu aja sih saya mikirnya

Baca lagi
2mo ago

iyah bun.. kita mah bnyak berdoa aja biar dikasih kesehatan terus dan kelancaran smpai persalinan nanti ya

Alhamdulillah, saya penentang mitos bun, slagi ngga ada korelasi ilmiahnya, ngga dilarang dokter apalagi dilarang agama, saya lanjutttt.. Rasanya percuma sudah skolah tinggi² dibidang kshatan, ikut kajian rutin ttg tauhid dan punya gadget yg bisa searching jurnal ilmiah tp masih tunduk dg mitos.. Alhamdulillah anak sy sehat wal'afiat bun.. ngga ada msalah.. Justru saya lebih takut dg 'ain, krna stiap sy upload foto bayi sy wlopun mukanya dtutup & udah dikasih tulisan Masya Allah, dll, ttep ada yg ngga beres stlahnya...... Jd, ngga ada yg prlu ditakutin dr mitos bun.. Disiplin dzikir pagi-petang, ini udh jaminan dari Allah agar dilindungi dr sgla bahaya (musibah, gangguan dr manusia atau dr jin + sekutunya), dan lakuin sunnah² yg Rasulullah ajarkan spt sblum tdur kasur dkibas & baca surah² yg bliau contohkan, slalu berdo'a apapun aktivitas harian bunda spt kluar rumah, masuk pasar, masuk WC, dll 😊

Baca lagi
2mo ago

Btul bun, klo 'ain udh diwanti² sm agama, dan brlaku smpe akhir zaman.. Tp klo mitos, itu msg² daerah pasti beda, biasanya krna tradisi & kprcayaan sepuh + minimnya ilmu pngtahuan & informasi di jaman dlu.. dan sebab akibatnya sbnernya ngga nyambung (ngga ada korelasi) 😅

kalo saya sih, bukan gak prcya sama mitos, bkan pula menentang larangan kata orang dulu. misalkan -kayak gak boleh motong ikan dll, saya mikirnya gimana mau masak kalo ikannya gak dibersihkan. tapi tetap saya slalu mngucapkan "amit-amit" -gak boleh duduk tanpa alas, terlepas itu mitos atau bkan, saya tetap prcaya, dikrenakan alasannya masuk akal, "takut nanti ari2nya lengket" (kalo gak salah 🤭) -kalo gak boleh makan udang/ceker, saya sering baca artikel klo bumil gak boleh mkan seafood (boleh tapi harus benar2 mateng, dan itu pun gak bleh terlalu bnyak) klo ceker, jujur saya gak prnah dnger klo gak boleh. intinya kalo kita melakukan apa2 bilang amit-amit bun. prcya kalo anak kita akan lahir sehat, tanpa kurang satu apapun, Allah maha baik, Allah gak akan mnyusahkan umatnya, apalagi bunda yg sedang hamil.

Baca lagi
2mo ago

bnyk mitos di sini bunda

kalo aku sih gk terpengaruh sama permitosan duniawi bun hehe, apalagi yg gk masuk akal dan gk ada penjelasan ilmiahnya kecuali kalo ada aturannya sendiri di agama kita kyk misalnya gk boleh keluar sekitaran wkt maghrib aku percaya karena emg di waktu tersebut jin sedang berkeliaran.. kalo permitosan yg gk masuk akal dan gk logis mah nggk samsek apalagi yg sampe membahayakan keselamatan ibu dan bayi, big nooo banget.. dan jaman sekarang juga update ilmu lebih mudah dengan memanfaatkan media sosial contohnya, banyak orang² berilmu seperti dokter kandungan, dokter anak dll yg suka sharing ilmu secara gratis, jadi lebih gampang cari tau mana yg mitos mana yg emg fakta untuk diikuti, begitu bun kalo aku

Baca lagi
2mo ago

iyha bun . aku sebenernya ga percaya hal hal yang di luar nalar tanpa penjelasan sih . dan aku kalo tanya emng kenapa gitu malah di marahin bun .

VIP Member

saya bun dari jaman gadis - hamil - punya anak ga pernah ngikutin mitos. suru pake bangle, aku taro sembarangan, suru jangan ini itu dll cuma iya iya aja 🤣. malah suka saya tanya balik, kenapa ga boleh begini mah ? kenapa itu ga boleh? apalagi pas tinggal sama mertua pas hamil bener2 ga boleh ngapa2in, aku mikirnya ya alhamdulillah bisa istirahat ga cape2. hal2 yg bunda sebutin diatas saya lakukan semua pas hamil, alhamdulillah Allah sebaik2nya pelindung. biasanya terjadi sama orang yg percaya mitos bun, kalau bunda percaya ya gapapa jalani aja, kalau ga percaya ya langgar.

Baca lagi
2mo ago

Model ku jga gini bun,, hdup dilingkungan org2 jawa dan org2 tua yg permitosannya msh kuat syukur ortu ku gk trlalu ngikutin gtu ke aku,, Dikasi bangle sma saudara katanya sruh ngunyah tiap mau magrib tempelin ke umbun2 bayi. cuman 2x magrib aja ku lakuin smpe krg sendiri tu bangle gk ku pke lagi 🤣 Disruh make korset smpe selesai masa nifas cmn make seminggu udh,, sumpah sesek dan tiap mau pipis ribet buka pasang lagi gatal2 jga di perut. Gk boleh minum air putih bnyak2 jga sehari bsa 2 liter malah org nyusuin bayi haus lah bawaannya klo jrg minum 😅 itu anak pertma... ini lgi hamil anak ke 2 kyaknya makin dablek aku sama ilmu permitosan 🤣🤣🤣

saya suka bgt ceker hihi, memang skrg blm melahirkan dan selama saya ikut mertua tdk ada larangan makan ceker tp dlu wktu ibu saya sdg mengandung saya, beliau jg suka bgt makan ceker, alhamdulillah saya lahir sehat. untuk makan udang sebetulnya malah bagus krna proteinnya tinggi, bidanku blg gtu, cm selama hamil saya ga makan udang krna alergi bukan krna mitos klo masalah dilarang bersihin ikan/ayam, saya nurut aja karena saya jg geli wkwk alasannya bukan karena mitos lagi

Baca lagi

dulu aku hamil anak pertama bersihin ceker Bun motong" kukunya kata mertua cuma bilang "motong ayam bukan motong jari anakku" disuruh batin kayak gitu trus hamil ke dua ini aku makan ceker sama udang gak papa sama mertua asal semua masuk janin sehat emang beberapa mitos mertua juga ngingetin kita sebagai ibu juga kepikiran jadi berdoa aja

Baca lagi

saya adalah salah satu yg ga terlalu ikutin maunya orgtua yg serba ga boleh, saya di larang makan pedas, ga boleh makan di kasur, ga boleh lap2 tangab kotor atau basah di baju dll. pokonya makanan atau laranngan lainnya ga terlalu saya ikutin. saya percaya anak saya sehat karna saya rajin minum obat obatan dan gizi untuk anak saya dan beerkat konsul ke dotker juga jd pas lahir alhmdulillah semua yg ga dibolehin saya patahkan pada saat saya lahirran

Baca lagi

dulu saya lakuin semua itu awalnya yaa agak khawatir cuman mesti di tepis karna kalo kita yakin enggak insyaAllah enggak Bun . cuman duluuu hampir saya mau bunuh ular jam 12malam , saya mimpi ular terus bangun mau pipis eeeh malah ada ularnya . tapi aneh ularnya diem malah melongikar (sepertinya jin) alhamdulillah cuman sayaa sapu tutup kain . tidur lagi saya kalo dalam Islam kan ga boleh sembarang bunuh ular .

Baca lagi
2mo ago

mungkin ularnya jin kali ya bun. masa datengin lewat mimpi terus nongol aku juga pernah ketemu ular berasa kayak tersihir gitu akunya jadi diem aja liatin tu ular sampe pergi wh besoknya aku kemalingan laptop

aku juga risih banget sama masalah mitos ini Bun, apa apa harus bilang amit amit/bating bating... setiap ngelakuin apapun selalu bilang kaya gitu, aku capek Bun sebenarnya mulut ngupat gitu terus, tapi aku ngikutin apa kata orang tua aja,, percaya ga percaya yang penting aku udah ngelakuin apa yg disuruh aja,, padahal dipikirin ku sendiri kadang suka menentang soal mitos itu

Baca lagi