mertua tdk sayang mantu dan cucu

Bund mau curhat nih,sy 11 th menikah dg suami sy yg merupkan anak bungsu dr 4 bersaudara,kami tinggl beda daerah dg mertua,selama 11 thn menikah dg suami sy,sy dan mertua srg berkonflik,krn mertua slalu mencampuri urusan rmhtgg sy,bukan hy rmh tgh suami sy tp jg rmhtgg anak2nya yg kain sehingga semu sauadar suami sy berkhir dg perceraian,malah satu diantarax setelh bercerai kemudian dicarikan istri oleh mertua sy dan ujungnya bercerai lg krn istri ipar sy tdk kuat slalu dihina dan dicari2 kslahanx oleh mertua sy,stiap berkonflik dg mertua sy cm diam,dan kesedihan sy slalu sy sampaikan pd suami sy,suami membela sy tp bukan dg cra yg frontal memarahi mertua perempuan sy,hy slalu menguatkan sy,cm sy memperhatikan suami sy tdk prnh menelepon mertua sy kalai tdk sy paksa2,puncakx sy mengetahui alasan suami tidak mau menelepon suami sy saat mdgr suami ribut ditelepon dg mertua sy,suami mengatakan dg suata keras" sy tdk telepon mama krn setiap sy telp mama,mama tdk pernah menanyakan kbr anak dan istri sy,bagaimanapun mereka sdh jd bagian hdp saya",mmg sy sdh berusaha mendekati mertua sy,baik sikap dan materi sy berikan bhkn diantara anak2nya cm sy yg rutin mgirim uang bulanan walau sy tau mertua sy berada, itupun msh dihina,anak sy srg juara lomba seni,saat mertua dtg ekurnah sy dan lht anak sy usia 8th sdg berlatih menggambar,mertua mengtakan "cuma juara gambar terus,coba kek menangnya lomba mtematika",bukan hy itu saat anak sy jd juara kelas mertua sy mencibir"ah byk yg juara kelas tp g dpt kerjaan,malah byk yg stres",dr bayi saat sy menelepon mertua dan menceritakan perkmbgn anak sy mertua tampak tdk menanggapi dan malah meceritakan kelebihan cucu kesayanganx,saat anak sy masih tk a,mertua berkata kepada sy,sy heran lht papa nia(nama anak sy)kok sayang sekali sm nia,apa sih hebatnya nia smpe papanya sayang sekali sm dia(anak sy maksudnya),kalian seharusnya lebih sayang pada cucu saya x (x cucu kesayangannya)karena dia belahan jiwa saya",astaga bun pdhl anak sy jg cucunya,mmg smpe anak sy usia 8 th mertua tdk pernah menelepon sy ,klau pun telp hy kalau hp suami sy tdk aktif,tdk prnh menanyakan kbr amka sy pdhl prnh lht status WA sy kalau anak sy sakit,malah menelepon suami sy yg cm sakit pinggang utk pijet tp sama skali g menanyakan keadaan cucunya yg sdg sakit,akhrnya suami sy marah dan mengatakan jgn tanya keadaan sy,sy sdh besar,coba tany keadaan cucu,dia msh kecil yg butuh diperhatikan,akhrx ribut besar antara suami dan mertua,skrg sy mmutuskan utk tdk lg menghubungi mertua sy,krn 11 thn sy berusaha sgala macam cara tp sm skali tdk direspon,bgmn menurut bunda?sdh benarkan tindakan sy?

48 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

hehe stay strong mom's. bunda ga salah, pilihan suami bener kok, untungnya udah ga serumah ya. saya sejak hamil juga gitu , hamil breng sama ipar. tpi ga pernah tanya keadaan, kondisi, pas lebran juga didepan aku pada nanyain kandungan ipar, elus2 perutnya, didoain yg baik2. ya aku si coba tenangin diri sambil ngmong " ya gmna lagi kan ipar anaknya sendri". kmren ipar usg dua kali hasilnya cwek, pdhal dia pengen bgt anak cowok kebetulan pas aku usg, kata dokternya debayku cowok. pas mertua dnger jawabnya jg bikin gaenak dihati " lho kok cowok, pdhal ibu pngennya dr kamu cwek dr mbak iparmu cowok, kasian mbak iparmu pngen anak cowok" suami cuma nennlangin saya, jgn diambil hati katanya . kmren suami iparku masuk rs , sedangkan dirumah mertuaku lagi ada acara masak2 , pagi2 nelpon minta dianter sarapan, aku yg masakin, mungkin Krn panik ya mertuaku nyuruh aku cepet2 anter makanan ke RS buat iparku dan suaminya pdhal posisi bnyak bgt sodara2 suami disana . pas aku ambil helm langsung ditanya suami mau kemana? pas aku jawab mau ke RS anter srapan. suamiku labgsung marah2 dan nyuruh adeknya yg pergi . " udah tau lg hamil 7 bln malah dsuruh ke RS lagi bnyak penyakit kyk gini, naek motor sendri " dijawab mertuaku " kasian mbakmu udah nunggu sarapan dr tadi " langsung suamiku bilang " kasian si kasian, lha ga kasian sama istriku lagi hamil juga" Alhamdulillah ada suami yg siap backup. semoga aku dan suami ada rejeki buat segera punya gubuk sendri seperti bunda

Baca lagi
3y ago

untung suaminya ngebela bunda ya 😇

Benar Mertuamu tidak ingin mempunyai menantu dan cucu, dia hanya ingin hidup bersama anak2nya Buktinya penikahan anak2nya dihancurkan, dia bukan contoh orangtua yang baik. Jelas seorang ayah sayang kepada anaknya, masa malah disuruh lebih sayang ke anak orang lain. Aneh Itu mertua udah tua atau masih muda sih??? Kok pemikiran sedangkal itu. Kalau aku jadi bunda Selamanya aku gak akan pernah lagi kau berurusan dengan manusia seperti itu. Ohh ya, dia pas cucu juara gambar ,dikatain lomba gambar aja bangga, dia suruh gambar bisa gak, pas juara kelas malah bandingin sama orang stres. Wkwk mertuamu palingan yang dulu juara kelas tapi ujung2nya stres😂 Anak punya kelebihan sendiri 2 dengan anak lain. Jauhi mertua dekati anak suami. Suami bunda aja sampai stres ngarasain ibunya sendiri kok😁

Baca lagi
4y ago

Sepertinya bgtu lho,mmg mertua prnh ngmg ke ipar klau menantu buat dia tetep org lain

TapFluencer

halo mba, sy yakin mba ga sendiri mengalami masalah dgn mertua ya. kalau dirasa memang se toxic itu mertuanya, dan pastinya kita tidak bisa mengubah hati orang kecuali Tuhan yang mengubah hati mereka. Jadi utk mengurangi interaksi dengan orang yg toxic, sy rasa sudah pas ya. Mertuanya boleh didoakan agar lebih bijak dan dewasa tiap habis sholat/ibadah lainnya. Tp pesan saya, kita tidak bisa mengendalikan orang lain bersikap sm kita gimana, yg bisa kita kendalikan adalah reaksi kita terhadap sikap mereka. jika usaha mba selama ini disertai harapan mungkin mertua akan berubah, dan akhirnya berujung kekecewaan, mungkin memang sudah sepantasnya untuk melepaskan semua harapan2 yang bikin hati kecewa itu.

Baca lagi

sabar ya bun. tetep semangat. yg pentinh bunda sama suami bahagia, saling pengertian. selama 2tahun nikah mertua aku juga ga pernah bun tanyain kabarku, cucunya jga gak. dia cuman peduli sama anak pertama dri kakak iparku. malah klau telfon pasti kalo pas aku sekolah, jadi ga tau ap yg mereka bicarain. kalau nyuruh dteng ada perlu gtu ga boleh ajak aku bun, suami aku disuruh dteng sendiri tapi kalo kesana sendiri ujung2nya suami jadi tempramen, karna di rumah bumer cuman ada org teriak2 marah2, ga ada suasana harmonis. adanya ribut2 mulu. kebiasaan d rumah bumer buruk bgt. akhirnya suami jdi jarang kerumah bumer. aku diem aja yg penting suami aku baik dan pengertian

Baca lagi

saya jg bun malahn dr sya nikah mrtua aj ga da yg dtng saudra y jg ega jd alhsil suami bnr2 pyur sndri di acar nkhan ya ga da siapa2 yg dampingin wkt pcran baik2 aj eh pas mau nkh mlh jd ga suka mlh smpt mnt d btalin klo aya wkt ittu trgtung suami mau lnjtin to ga tp suami lbh mlh sya dn krlga sya krna kta y lbh nyaman d krlga sya ketimbng d rmh ya smpe skrmg pun udhh pny ccu jln 4 bln aj ga pnh nya kbr to pun sya jg orng cuek si jd sbdo amat smpt suami tinggl drmh sndri slma 7bln d rmh aj pgn cpt2 plng k rmh sya krna ga bth dan dh ga trllu d anggp mau y mertua sya suskses dlu bru nkh sdgkn ank y dh pgn ngbet nikah klo sya ikut aj buat ibdh knp d tunda

Baca lagi
3y ago

wktu nikahan saya sm suami sodara kandung ibu mertua gak ada yg hadir neneknya pun sm gak ikut pdhl rumahnya sebelahan dg mertua ...yg hadir sodara dr alm.bpk suami..ntah lah q jg masa bodoh bund gk penting2 amat knp pd gak mau dateng..KK sm adek suami tp hadir smua pd cuti mski jauh di pulau seberang ..jd mertua gak merasa sendiri ada anak2nya

Kyk suamiku jrang bngt nlp orgtuanya palen suami nlp klo mamer miscal..prnh juga mamer ngsih tw ..ksi tw itu suami mu tlp2 mama ingat org tua jgn jdi anak durhaka..trus sya ksi tau lah pesan mamer ke suami..Suami malah bilang gmn gk gtu org mama stiap nlp slalu uang2 trus yg dbhas kita kn juga bnyk kbutuhan..emang sh mertua baik bngt cuma tiap nlp kesannya kyk mau minjem uang gtu pdhl mertua dblng org mampu ya mampu..klo kita juga punya ya psti di pnjemin tpi krn kita juga bru mulai rmh tangga dri nol apalagi cuma suami yg krja krn sya gk boleh krja sma suami..

Baca lagi
4y ago

Iya bun..klo soal suami syg sma orgtuanya ya jlas syg tpi smnjak nikah prioritas nya ke istri smua bun

Mertua ku juga gitu Bun . Cuek sama aku dan cucu nya , dari aku hamil Sama sekali GK pernah nengok . Ke rmh pun cuma minta uang doang GK pernah nanya in perkembangan kehamilan aku , eh BNR aja Pas aku ngelahirin mertua Datang nya seminggu setelah lahir cucu nya . Itu pun harus di paksa anak nya(suami ku) setelah itu GK ada kabar . Sampai suami Tlpn buat ngasih kabar cucu mau Syukur an , eh pas hari H nya Mertua GK datang . Alhasil suami marah besar Sampai bentak Ortu nya , dan GK akan pernah nengok Ortu nya lagi .

Baca lagi

huhuy sama bun cmn aku pas 1thn baru nikah sifat mertua masallah bngt hhee kdang aku dibikin nangis terus pas awal2 nikah sih suami ngebela ibunya terus sampe kami bertengkar dan bahkan hampir bercerai bun tpi alhamdulilah semnjak klw mertuaku ngechat aku yg engga2 aku suka scren ajh krim2 ke suami kesini2 alhamdulilah suami belain aku dan prnh marahin mertua blak2kn .bukan marahin kasar atw gmna ya bun terlebih menasehati bahwa mau gmnapun saya istrinya dia(suamiku) dari sana mertua gak prnh lagi ngmong yg gmna2

Baca lagi

Lah? Itu mertua nanyanya aneh amat.. Knp sayang sma anaknya sendiri.. Itu mertua sayang kan ama anaknya.. Pertanyaan paling bodooh.. Yg ptg suami ada pihak kita bun.. Aman udah.. Hihi.. Aku ngalamin juga ko.. Dr hamil sampe anakku skrg 7 bulan blm pernh gendong, nanyain aja enggak.. Peduli aja enggk, kl nelp nanyain suami aku aja.. Jd aku sih dh ga peduli.. Hehe Tp ak bilang sma suami.. Aku ga ikhlas kl anakku dpegang sma kel kamu.. Anakku punya kel aku..

Baca lagi
3y ago

sama bun, aku jg ga iklhas anakku diambil dikuasain sama mertuaku, enak bgt waktu aku hamil aku disiksa abis"an tp pas lahir malah direbut bahkan aku diusir! untung anakku pinter tiap diambil mertua slalu nangis, skrg aku blajar ga peduli sm mertua dan aku sma anak kabur dr rmh neraka mertua.

Mertuanya aneh sekali mempertanyakan "mengapa seorang ayah sangat menyayangi anak kandungnya sendiri".. Pertanyaan paling bodoh yg pernah saya dengar, andai yg ditanyakannya adalah "mengapa seorang ayah tidak menyayangi anaknya".. Ini baru pertanyaan yg wajar 😌 Untung suami berada dipihak istri, jika tidak pasti berakhir seperti saudara-saudaranya yg lain. Semoga Allah selalu menjaga pernikahan kalian ya bun, jangan menyerah untuk mempertahankannya..

Baca lagi