hamil 7weeks. beban anak pertama.

bund maaf aku pengen sedikit sharing. disini aku baru nikah 2bulan. Alhamdulillah udh dikasih amanah sm Allah skrg lg hamil 7week. btw, fyi aku baru lulus kuliah kemarin. dan stlh lulus akupun lgsg nikah. oh iya disini umurku 23 tahun. bbrp hari ini perasaanku campur aduk bund. entah karena hormon, atau memang keadaannya sedih kaya gini. jujur beban ini udh aku alami dr awal aku SD, beranjak SMP mama aku bilang tlg jaga adikmu ya, dan terus berlanjut sampai kuliah dimana mama pesan kalau misal udh kerja dan mandiri tolong adiknya dicariin kerja dibantu uang kuliahnya dll.. 2hr yg lalu aku vc sama mama kaya biasa.. mama tiba2 ngmg "belum bales orangtuanya udh mau jd orgtua aja ya" disitu jujur perasaanku sedih dengernya. sedih sesedihsedihnya. aku gatau mau ngmg apa. jauh didalam perasaan dan pikiranku aku memang udh mau balas semuanya. pngen bantu bayar kuliah adikku, bs beliin mama barang2 yg mama mau, bantu bangun rumah buat beliau. aku mau lakuin itu semua. tp nyatanya skrg aja uang yg ada cm dr suami dan itu alhamdulillah pas. saat inipun buat aku kerja kaya ga memungkinkan buat aku. aku gatau apa yg hrs aku lakuin. aku ngrasa jd anak yg ga bs bales apa2 ke orgtuaku yg udh kuliahin aku mahal2 cm buat nikah. kdg aku bertanya2, kenapa beliau ngizinin anaknya nikah kalau memang blm ikhlas kaua gni? dihamil muda ini aku malah sering nangis tiap hr mikirin ini. kalo bunda gimana? apakah yg anak pertama jg ngrasa punya beban yg sama kaya aku? sharing dong bund.

52 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya juga anak pertama Bun. dulu waktu masih sekolah, pengen banget nerusin sampai jenjang kuliah, terus kerja, bangun rumah dulu dan habis tuh bikin rumah sendiri. impian anak kecil di waktu puber itu😂 tapi apalah daya, karena jarak saya dengan adik kedua saya 3tahun, jadi saya lulus, adik saya juga lulus dan harus nerusin d jenjang berikutnya. alhasil, saya di larang kuliah dengan alasan biayanya di pake buat adik saya. padahal saya sudah berdalih tidak akan merepotkan karena saya akan mendaftar beasiswa. tapi ya tetep gaboleh, dan di suruh kerja. saya akhirnya kerja, dan yang membuat saya patah hati, belum genap dua tahun adik saya sekolah, dia malah berhenti. kurang lebih setengah tahun saya menjadi dingin ke keluarga. ngomong seperlunya, tapi semua kewajiban tetap saya lakuin. separuh gaji saya tetep saya kasih ke beliau. belum lama patah hati saya sembuh, saya kembali di buat patah hati sepatah-patahnya. saya di jodohin. padahal saya sudah tidak kuliah, saya sudah bekerja, tinggal sedikit lagi, karir saya naik, tapi harus di paksa berhenti karena menikah. disini saya bukan tanpa penolakan dan pasrah begitu saja, Bun. sampai hari H pun, saya masih mencoba mencari celah buat gagalin pernikahan tersebut. sampai akhirnya sah menjadi suami istri, saya mulai menerima suami, dan kami sudah di beri amanah, keluarga saya malah men-cap saya sebagai anak yang lupa sama orangtuanya. saya di sini sempat emosi, yang menikahkan saya kan beliau, yang memilihkan suami saya juga beliau, jadi sekarang saya ikut suami, apa-apa harus nurut sama suami, harusnya ya ada sedikit pengertian. sampai saat ini pun, saya hamil 30w Bun, masih harus bolak balik ke rumah ortu naik motor sendiri, agar tidak ada konflik. karena suami juga harus kerja gak bisa di tinggal. mohon doa nya agar saya sadar dan sabar ya Bun, kalau ini bukan cobaan, tapi kewajiban seorang anak untuk orang tuanya🙏

Baca lagi
2y ago

semangat buat bunda jg ya🥺❤

Baru denger ada seorang ibu jasanya minta dibalas,bukannya seorang ibu itu tulus mengasihi dan menyayangi anaknya tnpa pamrih ya?Mgkn ibunya bunda bukan brharap dibalas smua jasanya,lebih ke mengingatkan biar bunda swaktu udh bisa kerja dan pnya pnghasilan sndiri itu inget sma orgtua dan adiknya.Tp kan skrg posisinya beda bun,keadaannya bunda jg udh mnikah dan skrg lg hamil jd orgtua gak berhak nuntut.Bunda jg anak prempuan,jd gak wajib kasih jatah buat orgtua.Kalo ada rejeki lebih ya baru kasih ke orgtua gppa,tp klo gak ada ya jgn dipaksa seolah2 itu adlh tanggung jwb bunda. Saya jg persis kaya bunda,tp bedanya saya bkn anak prtama mlainkan anak bungsu.Saya pnya 2 kakak laki2 tp gak tau diri dan gak mau mikirin orgtua,jd saya yg masih waras harus mikirin beban orgtua.Tp posisi saya skrg jg lg hamil,dan rncana emg shabis lahiran mau kerja lg utk bantu orgtua dan nabung buat masa dpn rmh tngga saya. Apapun itu disyukuri dlu keadaan yg skrg bun,jgn trlalu khawatir inshaallah rejeki psti slalu ada.Fokus dlu sma kandungan,jgn trllu jd pkiran nnti malah ngaruh ke kandungan bun kasian.Ngmong baik2 aja sma ibunya bunda,utk skrg ini ngertiin keadaan krna bunda lg hamil gak ada pnghasilan dan cuma ngandelin nafkah dari suami.Nafkah dari suamipun sbaiknya utk prioritas kbutuhan rmh tngga dlu bun,klo ada rejeki lebih barulah kasih sbgian ke orgtua gppa itupun ijin dlu sma suami.Ibunya bunda gak boleh nuntut,gmnapun harus ngertiin kondisi skrg.Gak usah dimasukin hati omongannya,bnyak brdoa aja bun smoga kluarga bunda dimurahkan rejekinya..semangat bun 😊

Baca lagi
2y ago

makasih ya bund buat semngatnya. bunda jg smnagt ya semoga sama2 dimudahkan rezekinya 🥰❤❤

harusnya itu tidak dibebankan pada anak pertama. sadar gak kita? ada beberapa hal yg sudah menjadi budaya/kebiasaan masyarakat tp sbenernya dalam islam tidak dibenarkan contohnya ya ini.. ketika anak sulung menikah, anak sulung diminta bantu keuangan adik2nya dan juga orangtuanya. kalau bunda mampu.. itu sah sah saja. kalau enggak mampu? coba bunda pikir lagi apakah itu kewajiban mu? menafkahi orgtuamu dan adik2mu? lain lagi kalau sedekah itu sudah sepatutnya kita mengutamakan org terdekat. yg namanya balas budi itu urusan bunda sendiri.. banyak cara. tapi kalau menafkahi adik2 tidak seharusnya jadi beban dan kewajibanmu.. iya kan bund. kalimat ibumu itu menurutku kurang tepat bund.. nggak sepantasnya orgtua minta anak sulung kyk gitu. jadi pelajaran buat kita bund yg bakal jadi org tua.. kita jadi orgtua diberi amanah sama Allah membesarkan anak. membesakan anak kan hal yg mulia.. apalagi kalau kita menjaganya dengan ikhlas hanya karena Allah, dan atas ridho Allah. pasti itu udah ada balasannya pahala yg besar, apakah itu masih kurang? ntar kalo anaknya gede, jangan minta balas budi ke anak kita. cukup kita doakan anak kita ketika sudah berumahtangga..

Baca lagi

sy juga anak pertama.. beban itu juga sy rasakan.. bedanya mamaku gak nuntut.. tp sy sadar dan kasihan lihat sikon ortu yg sdh menua dan beruban.. jd sy bimbing adik sy agar bisa sampai kuliah hingga dpt beasiswa selagi sy kerja setelah lulus kuliah. keluargaku serba kurang bun jd sy berusaha kuliah dg beasiswa, alhamdulillah dpt sampai lulus. ini juga jd motivasi buat adik2 sy. karena sy niatnya meringankan beban dan membantu ortu. Sampai skrg pun, sy hamil pertama 34w.. sy msh cari cara gimana agar bisa membantu meringankan ortu meski gak sebanyak waktu seblum nikah, meski bukan selalu tentang materi.. coba bunda lihat sikon ortu bunda, posisikan juga sbg beliau melihat anak2ny.. mungkin ortu tdk bermaksud menuntut bunda, tp kdg sedih juga melihat anak yg sdh jauh berjalan tp tdk mau melihat ke belakang, melihat sikon ortu dan adik2nya.. karena anak memang investasi ortunya di hari tua, terlepas dr balas budi ke ortu.. tp kalau bukan anak, siapa lagi yg merawat dan membantunya.. tinggal bunda, menganggap ini sebagai beban tuntutan atau kewajiban .. kesadaran bunda yg memutuskan

Baca lagi

beban jadi anak sulung perempuan itu emang besar banget mak. banyak tekanannya. dari segala penjuru. kamu gak sndiri mak. dari caranya bicara, sepertinya beliau blm ikhlas. tapi aku gak habis pikir deh dgn beliau. tega2nya ngomong gitu apalagi anaknya lg hamil. udah mak. gak usah pikirin. ada suatu saat nanti kamu akan bisa membahagiakan dan membalas jasa org tuamu. fokus pada kehamilanmu dlu. insyaa Allah rezeki akan mengikuti. oh iya, adiknya udh smster brp? buat adiknya, dicariin beasiswa aja mak. ada kok skrg program kampus mengajar yg dijalankan kemendikbud untuk mahasiswa smester 5 hingga smster 7. aku jg anak pertama dan nyaranin adikku daftar, alhamdulillah lulus. selain nambah pengalaman, lumayan bisa nambah uang jajan 1,2 jt perbulan dan itu berlangsung selama 1 semester. siapa coba yg mau ngasih duit segitu sebulan? lumayan banget kan? target daerah lokasinya jg sesuai domisili mahasiswa. adikku dpt lokasi msh 1 kecamatan. itu jg sebagai pengganti KKN kampus dia yg sebenarnya ditempat jauh diluar daerah.

Baca lagi

sebenernya tugas orangtua itu membesarkan, mendidik anaknya.. anak bukan investasi masa tua.. tp ada banyak juga ortu kayak gini, yang minta balasan atas jasa jasanya padahal itu semua emang udah jadi tanggung jawabnya ke anaknyaa.. sabar ya bunda.. kalo ibumu bilang gitu jawab aja gini "alhamdulillah bu, dikasih amanah sama Allah, doain terus ya bu biar kami sehat selalu dan lancar rejekinya biar bisa bahagiain ibu juga..🙂" itu yg sering kubilang ke ibuku tp ibuku selalu bilang gini.. tanpa diminta pun, orangtua selalu berdoa untuk kebaikan anaknya, ibu gak minta apa apa ibu gak nuntut apa apa sama kamu, ibu cuman mau kamu bahagia sama suamimu, rumah tanggamu adem ayem , jangan berantem terus.. sama kayak saya bun, masih aja selalu ngerepotin ortu, belum bisa balas semua jasa jasa ortu.. semoga kita semua dilancarkan rejekinya bun supaya kehidupan kita lebih baik dan bisa membahagiakan kedua orangtua kita..

Baca lagi

Salah di ibu mu sih itu Orangtua melahirkan anak itu tanggung jawab dia membesarkan, bukan tanggung jawab anak pertama yg mengurus adek adek nya Kalau ga sanggup punya 2anak ya jangan nambah (ini untuk pengingat diri sendiri juga) Kalau uda di kasih ya di usahain, toh bikinnya seneng masa ngurus nya ga seneng Itu kata-kata yg pernah aku baca dan yg di terapin babe ku bun Aku pun kuliah, lulus kuliah aku ngasdos sambil nunggu bukaan lapangan kerja perusahaan yg aku incer yg emang akan buka di bulan tertentu (dulu saya magang disana dan disuruh daftar di sana kalau sudah lulus) Belum genap 1th saya nikah dan setelah nikah suami ga ngasih ijin saya kerja 🙃 Kata babe “kalo nikah ya nurut aja sama suami, kamu uda tanggung jawab sama dia bukan sama kami lagi” Btw saya anak ke 2, tapi Kaka saya pun di perlakukan sama kaya saya

Baca lagi
2y ago

Aamiin, semangat ya bun..semoga segera dapat solusi di masalah bunda dan di mudahkan segala urusannya ❤️

VIP Member

halo bun, saya juga sandwich generation seperti bunda, saya anak pertama dan masih punya adik2 yg blm tuntas sekolah. setelah lulus di usia 21 taun, baru bekerja 2 taun trus skrg uda hamil anak pertama dan mau resign. saya sangat paham kekhawatiran bunda saran saya, ortu diajak untuk memahami pentingnya dana darurat dan dana pensiun. alhamdulillah ortu saya ajarin finansial dikit2 (krn saya background pegawai bank jg) jd malah skrg bs berhemat dan masih ba mencukupi kebutuhannya sendiri. saya jg kirim duit ke ortu mgkin 3 bulan sekali untuk ortu kelola mulai skrg bs buat rencana kapan bunda akan bekerja setelah anak lahir. nanti adakan pos pengeluaran untuk ortu bunda 10% dari gaji sudah cukup kok bun. skrg mgkin kita ga bs berbuat banyak, tp bs direncanakan mulai skrg untuk persiapan membantu ortu tanpa mengurangi kebutuhan keluarga kita sendiri. semangat ya bunda

Baca lagi
2y ago

makasi ya bun sarannya, semngat jg buat bunda nisa❤🥰

coba deh bun. posisikan bunda jd ibumu... beliau ijinkan kamu menikah biar terhindar dr zina, dan kedua beliau jg bertanggung jawab penuh dengan pendidikan mu, insyaallah jd bekalmu entah untuk berkarir ato mendidik anak2mu kelak, seharusnya bunda mikirnya bukan beban anak pertama, banyak2 bersyukur bun. ibumu cuma ingin adikmu d bimbing. klo minta d bantu biaya kuliah wajar, krna ortu udh tua. kerja jg semampunya. klo bunda sekarang hamil, Alhamdulillah. mungkin ibumu blom siap dgn kehamilan mu, ridho Allah ridho orangtua bun. coba bunda bilang dengan lembut kabar gembira ini. semoga beliau menerima. dan selalu berusaha membantu orangtua bun. klo blom bisa secara materi ya dengan yg lain. maybe bisa cariin adiknya beasiswa kuliah, jangan berkata kasar. membantu pekerjaan rumah dan jd anak pengertian.

Baca lagi
2y ago

makasi ya bun buat masukannya. semangat buat bunda gina juga🥰❤

ay anak kedua, tp hrus ngehidupin ibu sy krn kakak ga bs diandelin. krn itu sy berprinsip ga bakal nikah sbelum kerja. sy bilg ke pasangan sy. akhirnya lulus kuliah sy kerja dulu. Alhamdulilkah dpt kerja dg gaji 4x umr daerahnya. Bisa ngasih ibu, nabung, ngumpulin duit buat nikah. Maklum ibu janda ga kerja jd uang bener2 100% dr aku. setaun kerja diajak nikah pacarku. dan dia ingin ak resign n jd irt aja. ak ungkapin dong kondisi keluargaku dmn masih nanggung ibu. kebetulan suami jg msh nanggung ortu dan nguliahin 2 adeknya. stlh dibicarain berdua akhirnya pacar stuju abis nikah bakal ngasih ibuku uang bulanan . dan akhirnya aku fix resign dan nikah lalu ikut suami. ttp harus pintar2 ngatur uang dg 1 pemasukan utk generasi sandwich generation.

Baca lagi
2y ago

harus komunikasi sm suami jg ya brrti soal bulanan ibu 🥺 semangat yaa bund aku jg jd semangat❤❤