Bayi alergi susu sapi /laktosa

Bund apa ada dsni yg pengalaman bayinya yg alergi. Apa biasanya indikator dokter mnentukan bayi alergi susu sapi/alergi laktosa ? Pakai uji lab kah ?

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Bun, anak saya intoleransi laktosa. Pertama dicurigai krn sejak diberi sufor atas saran DSA (begitu lahir BBnya 4kg sementara ASI saya belum keluar) dia tidak mau menelan susu NAN meskipun sudah dicoba dgn cupfeeder, disendoki, apalagi dot. Nah, akhirnya ada yg bisa diminum, selama minum BAB dgn konsistensi cair dan diare. Tp tidak ada gejala lain seperti ruam dikulit, demam, dll Lalu DSA mewawancara riwayat keluarga. Ternyata saya dan ayah saya sama2 diare kalau sarapan dgn produk yg mengandung susu hingga dewasa. Krn saya tinggal di pulau kecil yg fasilitasnya terbatas jd tidak dites. DSA menyimpulkan demikian. Qadarullah usia 11 bulan anak saya ada pembengkakan kelenjar getah bening, utk 2nd opini saya bawa berobat ke Malaysia. Utk penegakan diagnosis barulah anak saya dites darahnya (&feses sepertinya tp mohon maaf saya agak lupa krn kejadiannya 6 tahun lalu, saya pun saat itu sedang banyak pikiran hehehe). Ternyata hasilnya memang benar. Semoga bisa jd informasi tambahan ya..

Baca lagi
3y ago

Alhamdulillah sekarang sudah 7tahun, kelas 2SD. Setelah pulang berobat memang BBnya agak turun tp masih di garis hijau KMS. Saya banyak diskusi dgn dokternya di Malaysia yg sub spsesialis endokrin. Beliau bilang semakin dewasa biasanya usus akan semakin mampu mencerna laktosa susu sapi. Jdnya setelah anaknya setahun, kami trial dan error gitulah bun.. Coba2 merk susu formula yg masuk ke pulau saya (termasuk merk2 negara tetangga), dari yg harganya biasa hingga menengah ke atas, ternyata semuanya bikin diare. Susu soya dari SGM, chillmill ga ada yg mau ditelan sama sekali. Coba UHT, merk lain diare, ultramimi plain alhamdulillah ga diare, akhirnya jd minum 3-4kotak sehari sambil tetap ASI. Begitu 2 tahun, disapih malah jd sehari bisa 10 kotak, krn anaknya memang sulit makan juga. Stop UHT umur 6 thn krn kami pindah ke pedalaman yg susah dptkan ultramimi, apalagi yg kemasan dus (isi 40kotak). Akhirnya coba2 lagi sufor eh saya dpt tawaran coba SGM dan malah cocok. Jdnya sekarang minu