Payudara seperti ngegrenjel

Bun semalam pas mau tidur gak sengaja'meraba PD kok kayak ngegrenjel kecil banget posisi kayak digambar itu tapi samar tapi rasanya kayak tebal gitu tapi kalo saya tekan sama urut" keluar sendawa, apa masuk angin yaa Sampek skrang masih kerasa sedikit ngilu" kalo di pegang tapi gak Sampek nyeri tapi tetep kalo agak di urut keluar sendawa (saya sedang menyusui)

Payudara seperti ngegrenjel
13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

mungkin gumpalan asi yang belum keluar bun. bisa dicoba semacam kompres air hangat, minum yang anget2 atau dipijat pelan pelan ke arah aerola. kalau dirasa cukup mengganggu, bisa konsultasi langsung saja ke bidan atau dokter untuk diperiksa langsung.

TapFluencer

coba rutin mengosongkan payudara bun baik scr pumping/menyusui langsung. aku pernah kyk gt, asi yg tersumbat jadi parah bgt yg sampe jd abses & hampir2an di rujuk ke sp. bedah grgr sumbatan asi.

2y ago

maaf bunda mau tanya, saya udah seminggu sapih anak saya, tapi payudara masih kenceng kek ada bongkahan batu, apa itu wajar Bun, soalnya udah seminggu. soalnya waktu sapih anak pertama gak kayak gitu. mohon jawabannya ya bunda2

Ini baru aku alami bund gara2 baby masuk MRS pengosongan PD ku kurang maksimal. Pas baby KRS, aku cobain dbf trus, Alhamdulillah sdh membaik. Kyknya itu peradangan aja, sambil dikompres air hangat juga bund.

sambil disusui sambil dikompres hangat coba bun.. biasany itu sumbatan asi, tapi gpp bisa hilang kok kalau bunda rajin menyusui dan pelekatanny benar, dtmbah dikompres hangat.

2y ago

terimakasih bundaa

dulu ku jg kaya gtu pas aawalan menyusui .yg sbelah kiri aku yg kya gtu nya. karana nyusu nya nyaman yg kanan. jdinya yg kiri gak di susuin. tp skrg grenjel ny hilang kok

2y ago

bun saran, itu namanya clogged duct. bisa digoogling tentang itu di google cara ngilanginnya bisa dengan dikompres air anget, abis itu payudaranya di pijet terutama di bagian grenjelnya. pijetnya pake minyak yg licin ya bun (bisa minyak kelapa atau sabun pas lagi mandi). disitu asinya pasti keluar, bebas mau ditampung atau dibuang. tapi yg penting dipijet dan dipencetin sampe PD kosong. kalo masih grenjel dan sakit, kompres lagi, ulangi lagi pijetnya sampe luruh semua.

wajar bun, dlu sya smpe bnyak bnget itu urat" yg tegang, dlu sya smpe gde" diketiak juga ada sering diurut" sndri aja biar gak tegang lagi ntr juga normal lagi bun

mungkin itu sumbatan ASI bund , aku pernah juga ya emang harus di keluarin di kompres atau di pompa juga bisa

saya juga punya kayak gitu bund dari hamil muda sampk sekarang ttep aja grenjel kira2 apa ya bun

coba dikompres hangat dan pijat payudara Bun.. lihat di YouTube caranya,atau ke bidan...

Klo udah kyak gitu, sering dikompres pakai air hangat bun, terutama dibagian yg grenjel.