Hukum bernazar

Bun, sebelumnya suami ada niatan bernazar akan memberi sedekah/makan untuk anak panti asuhan Tetapi krn waktu, situasi dan kondisi blm memungkinkan untuk melaksanakan nazar tsb, qadarullah ada saudara dekat suami dgn ekonomi kurang memadai yg masuk RS dan butuh perawatan Lalu bagaimana seharusnya kami mengambil sikap Bun, Apakah nazar yg sudah diniatkan itu hukumnya menjadi wajib atau bagaimana, Ataukah kami harus mendahulukan org terdekat untuk dibantu ? Mohon sharingnya Bun, terima kasih šŸ™šŸ»

15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sebelum nazar apakah ada waktu yg telah ditentukan kapannya ingin dilaksanakan? jika sudah ditentukan waktunya wajib bgt dilaksanakan sesuai waktu yg telah dinazarkan misal lebaran nanti sy mau nazar kasih makan anak2 Yatim JD ya harus bener2 ketika lebaran ga boleh dimajuin atau diundur, namun jika memang blm ditentukan bisa dahulukan dulu saudara nanti jika sudah ada rezekinya baru dibayarkan nazar. maaf Bun ini jawaban sy dapat dari ustadz ku ketika aku bertanya saat aku jg punya nazar

Baca lagi

kalo menurutku ya ini. hukumnya memang wajib. tapi membantu yg terdekat juga penting. kalo memang mepet uangnya, bantu dulu yg terdekat, setelahnya nazarnya diwujudkan. kan ibu masih sangat ingat utang nazar itu. kalo aku mikirnya, Tuhan tidak pernah memberatkan umatnya. terlambat tidak apa, tetapi, niat tetap dilaksanakan. Tuhan pasti menerima janji kita.

Baca lagi

nazar itu wajib di tuntaskan kalau yg di nazarkan sudah terwujud..karn itu termasuk janji...contoh kalau punya anak nanti aku mau sedekah 1jt di masjid qodarullah terwujud lh doa itu ..tapi saat itu ada saudara yg butuh bantuan dahulukan saudaramu dlu..setelah itu tuntaskan janjimu di nazar itu di kemudian hari

Baca lagi

kalo nadzar emang hukumnya jd wajib kalo yg dinadzarkan sudah terqobul. misalnya kalo ibu saya sembuh, saya mau puasa 3 hari. begitu ibunya sembuh harus segera menunaikan nadzar tsb. sudah seperti jual beli lg. kita udah terima barangnya ya hrs segera bayar.

kudu bayar denda Denda tersebut dapat dengan memilih salah satu dari alternatif berikut secara berurutan. Pertama, memberi makan 10 fakir miskin. Kedua, memberi pakaian pada 10 fakir miskin. Ketiga, memerdekakan hamba sahaya. Keempat, berpuasa tiga hari.

1y ago

Mksudnya gmn bun, Kita harus ttp melaksanakan nazar + denda atau gmn

TapFluencer

nazar itu wajib bun , hrs di tuntaskan , biar gkd kejadianĀ² yg g enak trjdi klo gk di tuntaskan. smkin cepat smkin baik . jgn ngulur waktu .

Nazar itu sifatnya wajib. Tapi, salah 1 keringanannya tuh enggak ada batasan kapan. Tunaikan kalau sudah memungkinkan buat ditunaikan.

TapFluencer

Iya bunda wajib dituntaskan. Diibaratkan kita berjanji ya harus ditepati. Soal waktu kapan ditepati bebas yg penting ditepati

hukumnya wajib segera dilaksanakan tapi itu saudara jg lagi butuh bantuan ya alangkah baiknya dahulukan bantuin saudara bun

dahulukan saudara terdekat duly ya bun.. semoga bunda segera bisa menuntaskan nadzar itu.. aamiin