Persalinan dengan BPJS

Bun mau tanya donk misalkan kita tiba2 kontraksi dan langsung ke RS tanpa rujukan dan indikasi apakah bisa gunaain BPJS ? Selama ini aku check up di klinik non bpjs dan puskesmas. Puskesmas aku gak 24 jam daerah Bekasi Barat dan hanya senin - sabtu, kata bidannya kalo lahiran di luar jam puskesmas langsung ke RS aja bisa pakai bpjs tanpa rujukan. Sedangkan tadi aku cek di klinik katanya ga bisa ke RS pakai bpjs untuk lahiran normal dan tanpa rujukan dr faskes 1nya. Mohon infonya bunda2, dan boleh info yang daerah rumahnya di Bekasi Barat RS apa yg bisa nerima BPJS? Makasih seblmnya bunda2.

39 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalo pengalaman saya sih bun, saya niatnya lahiran di puskesmas saja secara normal karena selama ini nggak ada masalah. saya ke faskes 1 (puskesmas) tanggal 16 okt karena saya merasa si dedek masih aktif belum ada tanda2 mau keluar padahal HPL tgl 17 okt. Setelah diperiksa, kata bidannya dedeknya udah masuk panggul tapi untuk lebih jelasnya gpp kalo mau USG di dokter RS, nanti dibuatkan rujukan. Waktu di RS, USG & dokternya malah bilang kalo saya HPLnya 14 okt (saya beberapa kali pindah2 dokter, hanya dokter ini yang bilang HPL 14 okt). Saya nggak boleh pulang & mau langsung diinduksi karena menurut dia lewat HPL. akhirnya saya ikuti saja setelah diskusi sama keluarga. Alhamdulillah bisa lahiran normal tgl 18 okt & pulang tanpa bayar sepeserpun. Mungkin nanti bunda bisa coba tanya2 ke puskesmas dulu di hari operasionalnya bun biar lebih jelasnya, takutnya kebijakan faskes 1 & RS beda daerah beda2 bun

Baca lagi

Setau sy untuk peraturan skrg kalau mau lahiran normal di faskes 1 atau puskesmas. Kalau ada indikasi baru bisa rujuk ke rs. Kecuali ke rs udh pmbukaan 5 bisa lngsung ke IGD. Krna ada sebagian RS yg mau terima langsung ada yg ngga. Ky sy nih rencana lahiran normal di faskes 1 puskesmas kemarin kontrol untuk rekam medis krna biasa kontrol ke RS. Tp pas di cek puskesmas HB rendah mau ga mau dirujuk ke Rs yg biasa kontrol dan dr. Spognya yg nanganin langsung bilang krna hb dibawah 10 kalau udh rasa mules mau lahiran langsung ke RS tmpt kontrol krna hb dibawah 10 puskesmas ga mau terima lahiran normal. Itu krn dr. Spognya udh ngmong langsung ke sy sama suami dan dikasih surat kontrol jg dr rs ya. Itu si pengalaman sy bun untuk lahiran normal. Dr juga ga nyaranin sc krna bayi udh masuk panggul.

Baca lagi
4y ago

Bener bun.. Saya dulu HB 8 bisa lahiran NORMAL di RS (pake rujukan) ๐Ÿ˜

Saya baru lahiran bunda Setiap saya kontrol saya selalu di bidan non bpjs dan tidak di faskes 1 saya Ternyata emang ga sesuai dugaan saya pecah ketuban dini jam 01.30 tanggal 160520 Saya kebidan dan bidan bilang masih bukaan 1 balik lagi jam 7 bukaan ga maju Akhirnya ke faskes 1 minta rujukan katanya langdung aja ke sana karna ada indikasi dan dokter belum datang buat kssih rujukan Saya langsung ke rs bawa buku kia dan alhamdulillah di terima bunda Tapi kalau bunda kontraksi malam langsung ke igd mereka mau nerima dengan syarat udah bukaan 4 ke atas , kalau masih di bawah 4 masih di suruh pulang dan ke bidan aja lahiran

Baca lagi

Kalau setau saya hrus ada rujukan bun.. Pengalaman anak pertama saya ketuban rembes langsung ke IGD di RS langsung dtangani tapi esok paginya suami harus ngurus minta rujukan dari puskesmas bun... Nah waktu anak kedua saya "stillbirth" langsung ke IGD tapi tanpa minta rujukan dadi puskesmas jadi langsung bisa dipake bpjsnya.. Tapi ini rencana anak saya lahiran besok walaupun normal dan ga urgent akan tetap diberi rujukan untuk lahiran di RS krna di puskesmas tdk bisa melakukan persalinan bunda..

Baca lagi
VIP Member

Kalo pengalaman aku sih waktu lahiran, krna ketuban pecah dini di usia kandungan 36 week, langsung di bawa ke rsud tanpa surat rujukan dari faskes 1. Pas sampe rsud udh pembukaan lengkap. Kurang dari 1 jam anak saya lahir normal. Tapi setelah lahir, anak saya harus di periksa semuanya karena masih tergolong prematur. Tapi alhamdulillah kata dokter semua organnya sudah matang. Dan biaya persalinan saya dan anak saya semua gratis di cover bpjs.

Baca lagi

Kalo setahu saya untuk lahiran di RS pake BPJS harus udah bukaan 4 dlu bund,,atau emg udh bener2 emergency bisa,, tapi klo pun pake rujukan,, itu emg dr faskes 1 y tdk bisa mengatasi lahiran krn ada indikasi atau emg perlengkapan kurang memadai baru di rujuk. Dlu sy jg sempat kontraksi, sy dtg ke RS pke biaya BPJS tdk bisa Krn kondisi y baru bukaan 1,,

Baca lagi

Kalo di sini bisa aja bun tanpa rujukan. Waktu saya mau lahiran operasi sc aja di tanya dulu ada bpjsnya atau nggak. Tapi sayangnya saya waktu itu bpjsnya blom jadi akhinya pake umum. Keluarga saya yg lain pun juga gtu bun lahiran di rs besar langsung aja ke rs pake bpjs bisa kok gak bayar apapun samsek.

Baca lagi

Aku bun tanpa rujukan langsung ke RS kebetulan sdh bukaan lengkap dan kembar, tpi klo tdk bahaya bisa lahiran di puskesmas. alhamdulillah lahiran normal dan ngak ada yg dibayar(semua tercover BPJS) babynya dibuatin BPJS seblum keluar RS jdi gratissss deh. Tapi tdk tau di daerah lain.

Sebenarnya sy jg bgg bun. Katanya kl lahiran normal gk bs pakai bpjs kl gk difaskes 1. Kmrn sy lahiran di klinik bidan, kirain ya bayar normal. Ternyata sama bidannya malah ditanya punya bpjs apa gk dan bs ke pakek. Cm bayar perawatan bayinya aja. Kyknya tergantung kebijakan masing2 bun.

4y ago

Klinik bidan itu emang setara dgn puskesmas bund (faskes tkt I) jd kalo lahiran normal dan kliniknya kerja sma dgn bpjs, emang tercover bpjs.

Setau saya klo lahiran normal bisa kok bun ke rs, asal pembukaan sudah di atas 5, ketuban pecah / rembes duluan bisa langsung di tangani di rs, kemaren sya ketuban pecah duluan dan gak ada pembukaan langsung di terima di IGD langsung di tindak induksii dan gratis pake BPJS bun