Ibuku tak suka saat aku hamil lagi

Bun boleh.crta sedikit ! .... Q hari ini sedih bngt krna mental ku tak sekuat yg q pikirkan ternyata q down bngt saat ibuku bilang takut kalau q hamil lgi. Krn anakku msh kecil ber umur 4 thun,,,dan ternyata terjadi sm aku, aku hmil dan entah mengapa saat mendengar perkataan itu hatiku sedih dan mungkin gak mau tuk hmil.. Tapi gmn crnya krn janin udh ada dlm perut ku, serasa hancur bngt hari ini.... Menurut bunda2 q hrs bgmna ya menyikapi ibuku, aku bingung 😔😔😔

46 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

ibu saya juga Bun...pas anak pertama lahir ibuku sudah suruh aku untuk KB dan wanti2 untuk tidak segera punya anak lagi. tapi suamiku ga nyuruh aku KB, alhasil anak pertama umur 1 tahun, aku sudah hamil lagi..aku gak berani bilang sama ibuku (kebetulan saya dan ibu beda kota). ibuku selalu wanti2 untuk gak segera punya anak lagi..gara2 itu aku jdi overthinking ngerasa bersalah dan kayak ga Nerima kalo hamil lagi..hamil 7 bulan aku baru berani bilang ke ibuku kalo aku hamil lagi itupun kepaksa karena dia tiba2 di datang kekotaku.. ekspresi nya pas aku kasih tau kalo aku hamil lagi marah banget dan kek jijik gtu Bun (mungkin hanya perasaanku). dia bilang "anak masih kecil sudah hamil lagi, bikin capek diri sendiri," terus dia sindir juga masalah keuangan ku yg memang pas Pasan..mungkin beliau khawatir dg saya takut saya terlalu capek dsb. terus aku bilang ibu mau gak pas lahiran nanti datang kesini..ibuku dg sinisnya bilang enggak alasannya mau cari uang aja, dia suruh cari aja siapa yg mau bantu nanti..sedih sekali bunnn😭 saat itu perasaan aku gak karuan banget, pengen nangis sejadi jadinya, tapi aku tahan didepan ibuku, aku pura2 biasa aja dan masih senyum2. pas sorenya ibuku pergi kerumah kakakku..pas dia pergi aku langsung nangis sejadinya Bun..sampe terisak, pikiranku ga karuan, mikir kok ibuku jahat banget, segitunya, berasa hancur sekali hati, terbayang2 ekspresi dan kata2 ibuku itu..mulai kembali menyalahkan diri sendiri dan suami..aku nangis sampai esoknya Bun...dan sampai hari ini aku hamil 8 bulan lebih gak berani telpon ibuku..dan lagi mikir nanti lahiran gimana, siapa yg jaga anak pertama ku dirumah, aku takut kalo kontraksi tengah malam, kasian kakak yg harus diajak ke RS pake motor tengah malam😭 karena gak ada yg jagain drumah..sanak famili yg lain jauh semua. sekarang cuma bisa doa supaya ga lahiran tengah malam..dan berserah diri sama Allah gimana nantinya setelah anakku lahir, harus bisa urus sendiri sama suami..😢

Baca lagi
2mo ago

semangat bunda,bunda psti kuat ...

saya malah digituin sm mertua. dr awal nikah dsuruh kerja jgn punya anak dulu. saya malah minta cpt dkasi buat buktiin yg kasi rezeki Allah walau yg kerja suami doang . singkat cerita ank pertama Bru 1 THN ternyata Uda hamil 8w kepikiran gimana kata org anak Masi kecil dah hamil blom lg mertua ga setuju , nangis sepanjang hari tiap solat nangis . eh Allah ambil lagi kehamilan nya gugur usia 8w . dr situ saya malah nyesel knp ke makan omongan org dan mertua . selang 6 Blan hamil lagi dan tekat ga bole gugur lagi dan ga peduli apa kata org Alhamdulillah ngurus 2 anak Kaka nya 2 thn Ade nya lahir . skrg gede bareng maen bareng . selang 4 tahun lahir ank ke3 .. tapi semua ini ga lepas dr peran suami yg luar biasaa sayang ke klrga kecil kami walau mertua ga setuju tp kan kita yg jalanin dan emang realita nya saya lahiran sesar 3x ga ngerepotin siapa pun Krn saya pun yatim piatu dr sblom nikah

Baca lagi
2mo ago

peran suami poin pertama , apalagi saya SC nya 3x langsung pulang k kontrakan dan SC terakhir Uda pake eracs , pulang krmh besok nya suami Uda saya suruh jualan ( kami punya usaha ayam geprek) dan saya Uda bs nyuci baju walau pake mesin . ngurus newborn dan ke2 KK nya yg usia 7 THN dan 5 THN . di enjoy in dan enakan d kontrakan sndri GDA yg ngatur . yg penting tetep makan yg bergizi klo ga sempet masak tingal beli jadi . apalagi Newborn Masi sering tdr lebih mudah ngurus nya . anak saya kuning smp 1 bln Krn tinggal ga sm mertua JD bs browsing2 slama ga berbahaya Alhamdulillah ilang kuning nya . mata kuning dsuruh pake kembang Teleng tapi ga saya turutin Krn mata org vital ga mau coba2 apalagi buat bayi dan kuning nya bersih smua ga d apa2in

Pengalaman saya stlh nikah lgsg dikasih rejeki, hamil 4 bln bumer blg ke org blm siap punya cucu. Hancur bgt hati saya, tiap hari dikit2 jd mslh karna sakit hati yg dipendam. Tp mgkn karna waktu itu bumer msh pengen kerja, singkat crta memang akhirnya bumer hrs brhenti kerja dan ngasuh anak saya. Nyatanya sama cucunya sayaaaang bgt. Stlh lahiran pertama, malah ibu kandung yg blg udah anak 1 aja, karna trauma saya slma hamil keluar masuk RS, lahiran nungguin pun hatinya gk tenang. Kalo bumer ijin mau mulai kerja karna anak prtamaku sdh mau masuk TK, tp jg blg klo mau nambah anak usia kakaknya udah pas. Skrg saya hamil, dan alhamdulillah semua support. Bumer yg slalu masak di rmh, ibu kandung slalu kirim bekal ke tmpt kerja. Coba bicara dulu, setiap ibu punya alasan yg psti terbaik utk anaknya, dan klo kita bisa slg memahami pd akhirnya bisa berdamai dg keadaan bund..

Baca lagi
2mo ago

iya bunda,mksh saran nya bun

ibu saya juga gitu bun, ngerasa kaget dan nyalahin saya saat saya hamil anak kedua sementara kknya masih usia setahunan. tapi namanya hati seorang ibuu.. akan luluh dengan berjalannya waktu. watak ibu saya terus keras ke saya dan sering kali menyalahkan saya bahkan didepan orang lain 🥲 sampai tiba saatnya saya niat mau adain sukuran 4bulanan, hatinya me-luluh sendiri.. tau saya akan kerepotan menyiapkan ini itu dengan perut membesar, dan juga ada si kaka baduta ini 🥲 langsung saya nangis terharuu sujud syukur ditengah malamnyaa yaAllah akhirnya do'a saya terwujud 😭 sorry bun jadi curhat, tapi semoga bisa diambil pelajaran.. kuncinya bisa bunda ajak bicara baik2, dan do'akan lewat "sepertigamalam" biar Allah yg meluluhkan. semoga keadaannya segera membaik ya bun, ga baik menjalani kehamilan dengan stress karena masalah sama ibu sendiri. 🥲💪

Baca lagi
2mo ago

iya Bun amiin smga ajj ya Bun membaik

VIP Member

Gakpapa bun, santai aja Selagi bunda yg urusin sendiri anak2 bunda nanti, ga usah diambil pusing... Aku pun digituin juga sama mertuaku karena berfikiran "Nantikan repot urus 2 anak kecil, sendirian pula jauh dr keluarga" Bahkan mertuaku smpe cerita ke ibuku. Tp ibuku dgn santai ngejawab "Gakpapa biar dia mandiri" Tp padahal mah kenyataannya ibuku juga khawatir bgt. Keliatan khawatir nya pas aku melahirkan, kakanya umur 2 tahun, dan aku udh melahirkan anak lg Di situ keliatan ibuku khawatirnya, gak tega, kasian, bahkan setelah seminggu bantuin aku ngurus newborn, ibuku pamit sambil ciumin aku n nyemangatin aku dan bilang Semangat Ya... Jd husnuzhon ajah kalau ibu kita sebenernya sekhawatir itu dgn kesehatan n mental kita dalam mengurus anak, karena mereka sudah lebih awal tau bagaimana perjuangannya ngurusin anak Semangat buuun

Baca lagi
2mo ago

iya Bun,mungkin ibu juga seperti itu ,

Bukannya mau adu nasib ya bun. Saya dulu pejuang garis dua 4 tahunan. Saya kalo liat mertua dan ortu sendiri suka sedih bgt, temen2nya udah pada gendong cucu main sama cucu. Apalagi kalo lebaran, saya minta maaf sujud2 sampe nangis sesegukan di depan ortu dan mertua, bingung permintaan maaf seperti apa lagi yg harus saya ucapkan kpd mereka, ngeliat tetangga gendong2 cucu ortu cuma ngliatin doang, gak jarang jg banyak yg nanya knp kok lama blm punya cucu. Itu saya yg merasa bersalah Ya walopun saya ga tau keadaan bunda sesungguhnya, tapi ga ada takdir allah yg salah. Kalo emang itu udah ketentuannya ya allah pasti kasih jalan. Jadi orang yg selalu berharap dikasih keturunan juga gak mudah loh bun, ada beban batin tersendiri. Krn sesungguhnya manusia itu punya masalah sendiri2 tapi saya yakin pasti ada solusi

Baca lagi
2mo ago

iya Bun bnr bngt ....

VIP Member

Orgtua mama tdk bermaksud buruk maa😊 beliau sebenarnya khawatir mama kesulitan dlm mengasuh 2 anak msih kecil nantinya, krn ank² semakin gede semakin aktif dan buanyak sekali hal yg dia lakukan yg nggk jrg bikin kepala emaknya nyut²an (semacam ada aj yg dilakukan ank) krn jiwa eksplornya jg semakin tinggi. Dan ibu mama mgkn jg khawatir sma ank pertama krn ibunya sdh riweuh dan terlalu capek sma bayi, blm lg kerjaan rumah lainnya, ditambah ngurusin di kakak😊 Seorg ibu pasti paham lelahnya ngurus anak lbh dr 1, dan itu yg dirasakan ibu mama. Nah ke depannya buktikan ke orgtua mama bahwa mama bs memberikan perhatian yg sma ke kakak dan adiknya, mama sanggup mengasuh keduanya😊 Semangat maa, sy yakin ibu mama sayang sekali sm mama sehingga khawatir sprti itu ke mama🙏

Baca lagi

4th mah udh besar itu bu sudah pantas punya adik sekedar sharing aku jg gak kb krn masalah kesehatan terus ibuku sellu mewanti2 hati2 jgn sampe kebobolan akhirnya anak pertamaku usia 2th pas blm sapih aku hamil saat itu aku jg takut respon ibuku gmna, saat aku tanya yaa Alhamdulillah menerima walaupun pasti ada kekhawatiran buat aku dan anak pertamaku bun tp ibuku bisa menerima malah bantu full jaga anak pertamaku, mgkn ibunya itu khawatir bun sama bunda atau sama anak pertama bunda kalau nanti punya anak lagi, dikasih pengertian bun ibunya kalau bunda insyaAllah bisa menjalani kehamilan itu dg baik dan bisa menjaga anak pertama jg, lagian jg udh besar 4 th bun

Baca lagi
2mo ago

iya Bun mungkin ibu ku juga bgtuh Bun

waktu hamil dan lahiran anak pertama apa bunda mengalami kesulitan? jika iya mngkin si ibu kwatir dengan kesehatan bunda... atau anak bunda sehari² diasuh oleh neneknya kah? bisa jadi beliau ngasih kode klo sdikit lelah mengasuh... jika jawaban dri pertangaan sy semuanya tidak maka tak perlu kwatir bund, anak bunda adalah tanggung jawab bunda dan suami, jika suami dan bunda siap maka seharusnya tidak ada masalah... dalam proses kehamilan sampe lahiran nanti tunjukkan klo bunda dan suami adalah ortu yg siap punya anak lebih dari 1, percayalah semua kakek nenek selalu sayang sama cucu²nya bahkan sayangnya ke cucu kadang melebihi sayangnya ke anak kandung...

Baca lagi
2mo ago

iya Bun,klau ank q yg urusin,pling nenek nya sesekali ajj Bun ,

ibu aku juga dulu waktu anak ku umur 5 tahun dia bilang janagn dulu punya anak lagi .. gak berselang lama aku hamil lagi anak ke dua .. waktu tau aku hamil lagi dia antara senang sama hawatir .. soalnya anak pertamaku termasuk anak istimewa dan proses melahirkan anak pertamaku bikin tegang bahkan hampir tak terselamatkan .. tapi alhamdulillah Alloh maha segalanya .. di lahiran anak kedua ku diberi kemudahan dan tumbuh kembang nya inshaAlloh baik .. mohon maaf kalo cerita saya gak nyambung😂intinya tetap semangat bunda ..

Baca lagi