MPASI DINI USIA 4 BULAN

Bun apakah ada yg anaknya disarankan DSA untuk Mpasi dini untuk bayi usia 4bulan ? Anak saya hari ini usia 4bulan9hari, BB 6,120,Panjang 61cm, Lingkar kepala 41cm hbs imunisasi trs disarankan dokter untuk Mpasi dini, kata dokter udh bs mulai Mpasi dini supaya bs naik BBnya. Tapi ntah kenapa baru kali ini saran dokter itu ngerasa bertolak blkng bgt sm hati kecil saya karena parno pernah baca2 kasus Mpasi dini yg berujung penyesalan (tpi ntah itu ada saran dokter atau bukan yaa). Klo saya baca2 anak laki2 usia segitu msh normal BBnya.. Menurut bunda apakah saya ttp harus ikut saran dokter ?

MPASI DINI USIA 4 BULAN
23 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

anaku 4bln udh MPASI tp sudah d konsultan k dsa waktu itu skalian d rotgen jg d cek lambung dll. dan karna anaku ada alergi jg jd waktu itu mpasi buat ngecek anaku alergi apa aja, dr 4bln ke 5bln cuma makan sayur2 dan buah2an itupun cuma 4/5 sendok bayi, masuk 6bln baru makan MPASI pada umumnya

3y ago

tp aku br mulai kasi daging pas umur 7 ke 8bln soalnya Masi takut Bun karena alergi protein

coba minta opini dri dsa lain bu, kalo ga mau ke rs bs konsultasi online dgn dsa via halodoc atau sejenisnya. saya paham ibu punya naluri sendiri, tp sebaiknya jg ada perbandingan pendapat dari dokter anak lain ya jd ibu jg lbh mantap dlm memutuskan

3y ago

atau bs juga krn sebab lain bun

setauku ya.. ga semua dsa saklek dg mpasi harus 6 bulan.. ada dsa yg memang klo si anak udh siap (udh d cek semua ya sama dsa nya) bisa jd boleh mpasi.. klo bunda kurg cocok coba aj cari second opinion ke dsa lain ...klopun nunggu 6 bulan aj gmn.. sekalian d tanya ke dsa nya..

3y ago

Baik bun terimakasih sarannya🙏

menurut aku yaa, ada bermacam² alasan kenapa disarankan diberi mpasi dini. mungkin dsa nya melihat anaknya udah siap utk makan, sudah ada ketertarikan utk makan, dan mungkin memang pencernaannya udah siap juga. coba aja bun, dikit aja. dibuat encer, insyaAllah gpp..

3y ago

Iyaa sudah saya coba bun diencerin..

MPASI dini itu di bawah 4 bulan. Usia 4-5 bulan sudab boleh mpasi atas advis dokter. Usia 6 bulan harus mulai mpasi dengan atau tanpa advis. Kalau memang anaknya tidak ada kenaikan BB sama sekali ada baiknya Bunda mengikuti saran DSA-y.

3y ago

Yaa itu bun agak membingungkan patokan yg mana dipake si dokter🙂

anak saya juga MPASI di usiah 4 bualan lebih. saya MPASI nya kasih promina. tapi di encerin kayak susu. saya kasih 1x sehari Alhamdulillah anak saya udah 6 bulan. dan nggak ngalamin apapun

3y ago

Iyaa bun saya kasih cerelac nestle beras meras diencerin, kata dokter 2x sehari..

VIP Member

kalau boleh tau bunda imunisasi dimana?? trus yang nyaranin MPASI anak bunda dokter apa apakah dokter spesialis anak??saya rasa anak bunda kelihatan bagus kok BBnya malah keliatan gemuk..

3y ago

Di RSIA Kendangsari Surabaya.. Saya lahiran disana jdi sekalian imunisasi disana jg dgn DSA.. BB anak saya tiap bulan naeknya antara 600-800gr menurut dokter hrsnya msh bs lebih dri itu untuk bayi laki2.. kmrn jg diperiksa katanya sudah bs Mpasi begitu..

di atas 4 bulan bukan mpasi dini. tapi 4-6 bulan sdh mpasi harus dalam pantauan dokter. saran saya sebaiknya ke dokter anak lainya dlu, biar ada pertimbangan.

Baca lagi

padahal anaknya gemuk yaa.. kalo bunda ragu coba ke dokter anak yg lain.. kalo sama2 disaranin buat mpasi yaudah bun kasih makan bayinya..

3y ago

😌 itukan gemuk ya pandangan saya aja. ga tau dr segi gizinya ya dokterlah yg lebih kompeten tau dan ngerti. dan si bunda yg bertanya ragu buat ngasih anaknya makan.. makanya saya saranin buat ke DSA lain buat second opinion 😌

coba ke dsa lain dulu bun. terus kalo memang disarankan untuk mpasi di usia 4 bln bakal dikasih contoh menunya kaya gimana gitu, kaya dikasih resep

3y ago

Disarankan bubur instant boleh merk apapun asal encer 5 hari pertama, setelah itu suruh yg homemade..