Akte anak

Bun ak kan nikah siri sekarang ak lagi hamil, tadinya mw nikah secara negara, udh diurus2 semua eh gtw nya gk dibolehin SMA pihak Kua nya karna umur ak blm cukup, tapi klo umur suami udh cukup bngt, suami ak gk mw klo nunggu 1thn lagi karna suami ak ingin bngt menjalinin rumah tangga apalagi yg usianya udh pas bngt, otomatis ak nurut sma suami dn keluarga nya untuk nikah siri dulu, dan skrng ak lagi hamil bentar lagi lahiran, dan rencana suami abis lahiran mw nikah secara agama biar bisa bikin akte Dede dan kk, dan ak org Cirebon suami org krawang, kira kira persyaratan nikah negara di KUA Kya gimna ya Bun biar ak dan suami punya buku nikah?

3 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalau usia belum cukup, harus ada surat ijin pengadilan agama dulu bun. kalau sudah cukup usia, siapin KK ortu dan mertua, buku nikah ortu dan mertua, KTP bunda dan suami, terus urus dari pengantar RT RW (bilang mau nikah). habis itu ke kelurahan. serahkan berkas, ntar ditanya2 dan dikasih berkas lain. nah dari situ terus ke kecamatan, terus ke KUA karawang. habis itu berkas dari KUA karawang diserahkan ke kelurahan, kecamatan, dan KUA cirebon.

Baca lagi
3y ago

yang jelas ngurusnya emang gitu bun. kalau buku nikah mertua ga ada, bisa ditanyakan ke KUA setempat. soalnya pihak laki2 aja kan yang ga ada, biasanya ga terlalu dipermasalahkan.

maaf ni bun,, sekarang kan di KK ada keterangan kapan nikah tercatat ny,, kalau tanggal lahir sama nikah nya dluan tanggal lahir dd ny,, nanti di aktenya,, hanya anak ibu,, tidak ada nama bapaknya .. klau bisa di percepat nikah secara negara ny,, biar bisa ada nama ayah dan ibuny d akteny ..

Aku juga nikah pas 18th.. seharusnya dibolehkan nikah 19th.. boleh aja nikah secara negara,tapi harus ke pengadilan (mahkamah syariah)dulu..udah ikut sidang baru bisa nikah