Bolehkah bayi umur 4 bulan dititah

Beberapa hari yang lalu saya dan teman saya imunisasi DPT 2 di bidan langganan kami Kebetulan anak saya dan anak teman saya seumuran, anak saya 4,5 bulan, anak dia 4 bulan Waktu ngobrol teman saya bilang kalau anaknya gak betah digendong, lebih suka dititah katanya Awalnya saya gak percaya dong, mungkin maksudnya diposisikan berdiri di pangkuan pikir saya Ternyata memang benar2 dititah di lantai dan si bayi mau melangkah 1 atau 2 langkah yang kemarin saya lihat, padahal si bayi belum bisa berguling dan duduk Sedangkan anak saya sudah bisa berguling tapi kalau diposisikan berdiri kakinya terkadang masih menggantung Pertanyaanya apakah aman bayi usia 4 bulan diajarkan berjalan/ dititah seperti itu?? Dan apakah wajar untuk usia 4,5bulan anak saya kalau diposisikan berdiri kakinya masih menggantung?? Mohon jawabannya bunda... Terimakasih NB : disini saya tidak bermaksud meniru tindakan teman saya ya bunda bunda... Saya ingin bertanya biar saya lebih berani menegur teman saya, mana yang benar dan salah. Kalau saya asal menegur tanpa landasan takutnya dia tidak percaya karna kami sama sama ibu baru 😊🤗 #seriusnanya #bantusharing #firstbaby

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

melompat2 fase perkembangan itu bukan sesuatu yg membanggakan bu. Gak apa2 kalau bayi mau dititah dengan syarat sudah bisa tengkurap, sudah bisa berguling, sudah bisa duduk mandiri, lebih bagus lagi sudah bisa merangkak. Pengalaman sy bu, anak dibebasin berguling, sy jarang sekali dudukin dia. Ketika berguling sebenernya dia jg latihan memperkuat otot dan tulang. Ketika sdh bisa mini push up sy stimulasi duduk pose tripod. Gak lama2 cuma 3 menit, selanjutnya 5 menit an itu pun gak rutin tiap hari. Dari stimulasi itu malah tahu2 dia bisa bangun, dan duduk mandiri.

Baca lagi
3mo ago

okay terimakasih sarannya bun

hai bun..anak saya juga usia 5 bln ketika d stimulasi duduk g mau, mauny d berdirikan..hny sekedar berdiri & tdk d titah..kebetulan kemarin saya membawa anak saya k dsa krn anak saya baru mulai mpasi..saya pun bertanya tentang perkembangan anak saya..dokterny blg kl usia 5-6 bulan seharusny wktny anak senang utk berguling2 & d stimulasi duduk..ada beberapa bayi yg sdh bisa duduk sendiri, tdk papa yg penting tdk melewati fase2ny..utk berdiri d persilahkan yg penting anakny d pegang & "TIDAK BOLEH DITITAH"..

Baca lagi
3mo ago

terimakasih bunda tanggapannya

wajar kok... gk usah buru2 drpd stimulasi berdiri mending stimulasi duduk aja... tapi ibu itu jangan di contoh yaaa... belum bisa tengkurep berguling malah di ajarin titah... pdhl tengkurep itu ilmu dasar ank ku yg ke2 umur 4 bln saat dipegang perut uda berdiri tegak dan melangkah... tapi gak ku titah, meskipun dia uda berguling jadi ku stimulasi duduk dan merangkak biar gak lompat fase pertumbuhan nyaa jadi lebih baik stimulasi sesuai tahapan usia aja...

Baca lagi
3mo ago

anakku juga hampir sama bunda Vina, pas umur 4 bulanan kalo dipegangin suka melangkah 1-2 langkah. tp ya di fokusin biar ahli guling2 dulu. tetangga malah nyuruh ditaro baby Walker aja, ya saya tolak dong pastinya. berarti orang jaman dulu emang rata2 umur segitu udah mulai di titah mungkin ya... 🤔

TapFluencer

selalu di tumy time ya bund, anak seusia segitu belum waktu nya buat titah titah, itu bukan kemauan anak nya tapi karena bunda yg gak mau tumy time anak nya. kasian bund usia 4bulan tulangnya msih belum kuat. coba untuk tumy time sesuai dengan usia nya yaaa. hrus cba miring miring dulu tengkurep jngan langsung di tita tita kasian bund.

Baca lagi
3mo ago

maaf bun sepertinya bunda belum selesai membaca tulisan saya ya coba dibaca ulang lagi bun 🙏 1. bukan anak saya yang dititah 2. anak saya alhamdulillah sudah bisa berguling terimakasih tanggapannya 😊

milestone anak bukan lomba ya bu.. sebagai ibu, meskipun ibu baru, kita harus selalu memperkaya diri dwngan pengetahun. usia 4 bln kemampuan apa yg boleh, dan harus sudah dimiliki bayi... jangan buru2 dan jangan dilewatkan. sampai usia 6 bulan fokus utk tengkurep bolak balik aja dulu, lale merangkak dan duduk mandiri

Baca lagi
3mo ago

aamiin terimakasih doanya semmoga doa baik kembali ke keluarga bunda

VIP Member

Normal bunda Anak sya di titah begitu umur 9 bulanan Umur 4 bulan baru guling2. Mungkin anak tmn bunda kyk sodara saya. Sering d taruh di baby walker Dari usia 3 bulanan. Mohon maaf. Bukan nya malah cepet jalan. Baru berani jalan sendiri tnpa pegangan 1,2 lgkah di usia 15 bulan

Baca lagi
3mo ago

kalau masalah ditaruh di baby walker sih kayaknya engga bun semoga aja anak kami tumbuh baik dan sehat

normal bgt kok bu, karna belajar berdiri/jalan itu mulai usia 8 bulan, usia 4 bulan terlalu dini, gausah diikutin tuh temennya, stimulasi sesuai tahapan usianya aja bun.

VIP Member

stimulasi sesuai usia aja bund. biarin aja temen mu begitu, jangan di contoh... edukasi aja semampunya entah itu lewat share ilmu di ig atau sw biar temennya liat

3mo ago

iya bun saya kemarin mau ngomong tapi gak enak sama ibunya soalnya ibunya temen saya yang nitah si bayi

menurut saya gak pas usia 4bulan dititah bun, saya aja gak berani titahin anak saya. anak saya juga 4bulan, paling sekarang sy stimulasi untuk duduk

3mo ago

sipp terimakasih bunda

sama bunda temen anak saya juga begitu tapi saya gk berani negur nanti malah gimna* jadi saya fokus saja dengan perkembangan dan stimulasi anak saya

3mo ago

mau negur juga gak enak karna kami sama sama ibu baru bun tapi kasihan lihat anaknya 😔