4hari gak mau ngedot

Bayi saya 1bulan 13hari, sebelumnya biasa minum asi perah lewat dot dan asi langsung, bayi saya termasuk bayi yg cukup anteng kata mama, dia juga gak bingung puting, pake dot mana aja mau, tapi sejak nginep dirumah mertua dia rewel jd saya hanya kasih asi langsung soalnya tbtb gamau minum lewat dot. Sudah 4hr setiap kali dicoba minum lewat dot gamau gabisa malah nangis, teriak kenceng banget, dia nolak dotnya pake lidah, padahal sebelumnya selalu mau dan lahap nyusu lewat dot. Saya bingung, skrg gak tenang kalo titipin dede k mamah kalo saya lg beberes mandi atau makan soalnya kalo baby tbtb lapar nangis gabisa ditenangin lagi dgn cara ngedot. Parents ada yg pernah ngalamin juga kah? Gimana cara mengatasinya? Stok Asip saya banyak, sayang kalo baby gamau minum. Sedih dan kasian tiap dia nangis karena gamau minum lewat dot. #seriusnanya

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bunda browsing deh perbedaan manfaat dbf dan minum dengan dot. dbf atau menyusui langsung itu jauh lebih banyak manfaatnya. dbf merangsang otot2 oromotor dan otot2 sekitar wajah bayi bekerja dengan baik. minum dengan dot membuat daya hisap bayi melemah lho, soalnya dot itu dikenyot dikit aja langsung keluar, ga perlu tenaga.

Baca lagi
3y ago

iya bund dbf emang better dibanding ngedot, sayapun tau makasih saran dan penjelasannya. Hanya saja kalo dbf aliran susu d puting saya terlalu deras bayi saya sering tersedak sampe nangis, dia ngisep pelan tersedak, dia ngisep kenceng apalagi makin deres tersedak ujung²nya nangis juga kadang sampe gumoh kalo nyusu gak ketahan gitu. Kalo minum lewat dot dia anteng gak nangis karena alirannya sesuai sama daya hisap s bayi. Produksi asi saya perhari kalo pumping itu stok 600ml bahkan bisa lebih padahal sambil dbf juga, jadi bayi saya selang seling kalo saya lagi santai ya dbf, kalo lg beberes atau ada urusan yg harus gabawa s bayi ya bayi titip mama ya minum asip, bukan berarti saya gamau dbf, toh emang enakan dbf dibanding pumping yah bund, bingungnya itu bund.