gak enakan

assalamualikum bundaaa.. bun saya mau cerita, saya jg mau minta saran sama bunda bunda disini.. jd gini bun saya ini orangnya suka gak enakan bgt sama orang apalagi sama keluarga sendiri, mungkin kalo sama oranglain saya masih bisa nolak kalo emang gak bisa bantu, tiap ada orang yg mau pinjam uang sama saya kok saya gak bisa nolak ya bun walaupun kadang keuangan saya sendiri jg lagi pas pasan, misal saya pegang uang 500 terus ada saudara mau pinjam uang 200/300 pasti saya langsung kasih, saya mau nolak tp gak bisa kaya susah buat ngomongnya. kadang saya suka pinjemin uang keorang tp saya sendiri jg nyari pinjaman keorang, bukannya saya sombong atau gimana tp saya emang beneran paling gak bisa nolak kalo ada orang mau pinjem uang apalagi keluarga sendiri.. dan yg paling saya sebel sama diri saya sendiri kadang suka ada orang punya utang sama saya udh lama bgt gak dibayar bayar padahal saya jg lagi butuh uang tp saya gak berani nagih bun, jd saya orangnya kalo misal ngutangin orang saya cuma nunggu inisiatif dari orang itu sendiri buat bayar, saya orangnya paling gak bisa buat nolak paling gak bisa jg buat nagih, gak tau kenapa kalo mau nagih uang sendiri rasanya maluu bgt.. saya sering bgt pinjamin uang keorang tp gak pernah bilang kesuami bun soalnya takut suami marah kalo saya lagi gak ada uang tp malah pinjemin uang keorang udh gitu saya nya jg gak berani nagih.. suami sih gak pernah nanyain uang yg saya pegang kemana, buat apa aja.. cuma kalo misal saya abis pinjemin uang keorang tp saya ngeluh kesuami kadang suami marah "kalo emang lagi gak ada uang harusnya gak usah ngasih pinjam, bilang aja gak ada lagian kita jg sama lagi pas pasan" saya minta sarannya bun gimana ya caranya nolak kalo ada orang yg mau pinjam uang ke kita tp tanpa menyinggung hati orang tersebut.. soalnya kadang saya jg mikir saya susah suka dibuat sendiri

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

saya kalau ada yang pinjem uang, pas suami enggak ada. saya jawab "saya tanya suami saya dulu, ya.." kecuali, minjem uang untuk kebutuhan yg bener2 mendesak seperti beli beras, periksain anak ke dokter. saya langsung kasih... karena itu pesan suami saya.. suami saya orangnya agak banyak pertimbangan soal pinjam meminjam uang. bukan pelit, tapi kadang niat baik kita meminjamkan uang... justru jadi penghancur silaturahmi... kadang orangnya susah bayar... kita jadi tidak ridho... kita malu nagi, jadi uring2an dan ngerasa orang yg ditagih enggak peka. atau karena ada sangkutan jadi kurang nyaman tiap ketemu. biasanya kalau saya meminjamkan uang, saya selalu bilang "mau bayar kapan? tolong saya enggak usah nagih, njenengan yang tahu sendiri ya.." kalau tiba waktu yang dijanjiin enggak bayar... trs orangnya utang lagi... biasanya orangnya kan banyak alesan dll. pinjam lagi, saya kasih... tapi saya bilang ini enggak usah pinjam, tapi saya kasih semampu saya.. yang kemarin saya ikhlaskan... besoknya ngomong utang lagi... baru suami saya jawab "maaf saya enggak bisa" kejam sih... tapi daripada sama2 nggerundel? malah ribut sama pak suami? doble dong ruginya bun...

Baca lagi

bingung juga ya bun, soalnya kalau aku lagi ga ada ya aku bilang ga ada. aku ga terlalu pikirin mereka akan bilang apa, krn kupikir kalau mereka menjauhi aku hanya krn ga dipinjamkan uang ya berarti mereka niatnya ga baik, deketin aku cuma krn butuh, dan ga pengertian sama keadaan aku. ya biarkan saja dijauhi memang kita ga perlu dekat2 sama orang yg toxic kan.. tp kalau mereka orang baik pasti mereka bisa mengerti.. yg penting kita jg ngomongnya sopan.. hubungan yg baik itu yg bisa saling pengertian kan, kalau hubungan ga baik dan toxic buat apa diepertahankan. maaf bun, kalau menurutku sebenernya intinya bunda takut.. takut dicap jelek, takut dibilang pelit, takut dijauhin orang, tapi sama suami pun bunda takut terus terang.. pasti lelah bun kayak gitu, sdh saatnya bunda berani bilang tidak. kita ga perlu berusaha menyenangkan semua orang kok..

Baca lagi

sama banget bun.. apalagi kalau kondisinya lagi ada uang lebih... rasanya gimanaa gitu kalau gak minjemin (padahal niatnya mau ditabung) tapi aku mulai belajar untuk bilang enggak, apalagi kalau keadaan memang lagi mepet. dan sejak dedek lahir, aku jadi jarang minjemin uang, bun. kalaupun mau minjemin, itu ke adikku yang masih sekolah dan jatohnya gak minjemin sih emang ngasih. soalnya kalau kita pinjemin kita akan berharap uang balik dan kita bakalan hidup dalam perasaan curiga/gak enakan/gelisah. jadi mending gak sama sekali, atau kasih aja sekalian (sama orang tertentu kayak ortu/adik ya bun) tapi kalau ibun memang butuh, jangan ragu untuk menagih. apalagi mereka posisinya "pinjam" bukan "minta". ibun punya hak untuk nagih. atau kalau mereka bener2 gak bisa lunasin saat itu, diminta aja sebagian bun.

Baca lagi
VIP Member

kita juga harus terus update diri bun. seiring berjalannya waktu kita ga bisa terus2an jd orang yg sama. ibarat kata setelah pahit manis kehidupan kita jd pribadi yg berbeda dr sebelumnya. entah lebih kuat, lebih sabar, lebih legowo dll. ini penting sih. selain kita jd lebih mencintai diri kita sendiri jg merubah pandangan org k diri kita. apa yg jelek dr diri kita kita upgrade lagi. kadang kita jg hrs keluar dr zona nyaman kita. jadi sifat2 yg selama ini membelenggumu coba lepaskan pelan2. bukan untuk org lain tp utk diri sendiri. kalo masih jd beban baik itu pikiran, moral dll artinya blm lepas semua.

Baca lagi

saya mantan pegawai koperasi bagian lapangan. jadi emang tega kalau misal ada orang pinjam saya tolak, kecuali orang itu dapat dipercaya bun baru saya kasih pinjam. tapi sebelumnya saya selalu izin suami dulu boleh dipinjami atau tidak. kata ibu mertua saya kalau ada yg pinjam tapi orangnya gak kita percaya bilang saja "tidak ada uang sudah dipakai untuk keperluan yg lain" tapi dalam hati juga bilang "tidak ada uang yg bisa dipinjamkan ke kamu" gitu bun. karena omongan adalah doa, jadi disuruh ngomong dalam hati juga deh bun. sampai sekarang saya terapin bun.

Baca lagi
3y ago

cocok nih bun jadi alasan nolak😁

kaya suami aku, aku suka sebel k suami aku krna gtu org lain pinjem d kasih, bininya empot"an duit masak kurang tar d omelin disuruh ngirit tp org lain ga bayar" tu utang k dia, dia nagih juga engga katanya biar sadar sendiri aja pengen tak hih ampun jd orang banyak manfaatin sifat dia yg royal k org" itu gasuka saya sama org yg kaya gtu sebisa mungkin ubah bun dikit" krna kamu susah, orang lain yg berdampak juga kesel k kamu terutama suami yg sehari" sama kamu suami kamu juga posisinya kaya saya tu gendok pasti saya tau keselnya kaya apa

Baca lagi

Waalaikumsalam bun. Menurut saya, Kita ga bisa membahagiakan semua orang, ga perlu mengiyakan permintaan orang (utk pinjam uang). Ga kasian sama suami udah susah cari uang utk bunda dan anak, tapi bunda malah kasihkan ke orang lain? Suami kerja utk masa depan keluarga juga, misalnya utk tabungan anak, renovasi rumah, kendaraan, tabungan jikalau sakit. Cari uang itu susah, mudah2an kasih pinjam ke orang lain juga susah ya.

Baca lagi
3y ago

iya kalo orangnya bayar tepat waktu dan ga ilang2an ya ga masalah ya bun.

Bilang aja gini bund, pertama2 ucapkan kata "maaf ya, sebenarnya keuangan kami jg lg sulit selama ini kami makan dll jg ngirit2, klo mau kasih pinjem pun harus seizin suami. Saya bilang suami dulu ya, misalkan emg bisa nanti saya kasih kabar tp klo saya nggak kasih kabar berarti nggak bisa, mohon maaf sekali lg tolong sama-sama memaklumi 🙏🏻😁"

Baca lagi

suamiku banget bund,paling ga bisaan. tp sya wanti2 bund,kmrin aja temennya utang ga dibayar2 suami ga brani nagih aku yg turun tangan. jd sekarang prinsip suami tega ga tega,soalnya sama2 butuh. mikirnya bukan masalah bantu ato kasihan,tp kita sendiri lg susah,suami susah2 cari uang tp orang minjem seenaknya.

Baca lagi
VIP Member

Solusinya? Tuh ada di kalimat suami bunda sendiri: "Kalo emang lagi gak ada uang harusnya gak usah ngasih pinjam, bilang aja gak ada lagian kita juga sama lagi pas-pasan." Sekarang tinggal bundanya sendiri harus belajar tegaan dan terapin omongan suami.

Baca lagi