Menyusui dan puasa

Assalamualaikum bun..mau sedikit berbagi cerita,saya ibu dari 3 anak,anak ke 3 usia 10bln bb 11kg asi dan makannya lahap saya bikin sendiri kadang suka ditambah sama yg kemasan klo masih lapar dan diselingi buah dan biskuit juga buat cemilannya,anak saya kuat makan kuat nyusu.. Jujur saja dari awal puasa saya ragu utk ikut puasa krn kondisi bayi yg kuat bgt nyusu dan saya ada riwayat darah rendah terakhir di cek diangka 10 dan tensi rendah 90/60 dan pnya lambung akut Hari pertama puasa saya coba puasa dan akhirnya ga kuat kepala kleyengan bener2 kaya mau pingsan pandangan gelap kunang2 udh dibawa tiduran jg ttp aja muka pucet badan pd dingin Hari ke 2 saya coba puasa lg,lambung saya perih dari jam 12 saya tahan sampe jam 1 akhirnya ga kuat krn sampe sesak napas Hari ke 3 di coba lg hasilnya sama ga kuat malah saya masuk ugd krn lemes pucet tangan dingin telapak kaki dingin dan saya ga pipis dari pagi jam 6 sampe jam 2 siang dan jantung sm nadi melemah kata dokter tanda2 dehidrasi,saya diperbolehkan pulang mlm harinya krn hasil tes darah bagus kecuali hb rendah diangka 9,tensi 70/60 Hari ke 4 saya ga mau coba2 puasa..selama saya di ugd bayi ttp asi saya pompa krn alhamdulillah asi saya sblm puasa bnyk tp semenjak puasa asi berkurang drastis sampe anak rewel minta nyusu terus kaya ga puas dan saya di warning sm dokter utk tdk memaksakan diri utk ikut berpuasa Ada yg sama ga bun kaya saya..ga bisa puasa saat menyusui?

Menyusui dan puasa
19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya hari pertama dehidrasi, tapi ga kenapa2 cuma ga pipis2 aja sama agak sakit kepala. Terus PD berasa kosong, anak kayak ga puas nenen. Pas iseng nimbang BB saya, sehari itu turun 1.5 kg donk, ga mungkin sehari turun segitu lemak semua yang hilang, pasti cairan tubuh kan. Padahal udah berusaha makan bernutrisi dan minum banyak. Tadinya pede bisa puasa karna udah 10 bulan anaknya. Tapi pas hari pertama begitu ga lanjut dulu deh. Apalagi anak saya baru sembuh sakit. Anak butuh nenen saat ini juga, ga bisa diganti2 di hari lain, cuma 2 tahun pula. Kalau puasa bisa diganti di hari lain dengan memanfaatkan keringanan dari Allah. Insya Allah, Allah senang rukhsahNya digunakan kalau memang memenuhi syarat.

Baca lagi
VIP Member

saya bund sama seperti bunda udah punya asam lambung yg cukup tinggi. jd setiap anak abis nen pasti langsung laper banget dan harus ada makanan yg masuk, kalo engga bisa drop lagi saya bund. gpp bund itulah kelebihan yg Allah kasih utk keringanan tidak berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui, nantikan bisa di qada atau bayar fidyah jika mampu ☺

Baca lagi

saya Alhamdulillah puasa bund.meskipun GERD kambuh. asam lambung naik gg nyampe sesak napas sih.cuma muntah aja. cuma kan klo muntah gg disengaja gg batal puasanya. saya biasanya ngakalin minum obat magh dulu 1 jam sebelum makan sahur. Alhamdulillah lancar puasanya.lemes sih iya.tapi sejauh ini GG ada masalah serius sih.

Baca lagi
3y ago

anak saya juga asi. tapi campur sufor juga

Anak saya usia 16 bln makannya susah nggak mau minum sufor cuma full asi dn saya 4 hari puasa anak selalu rewel dan saya juga sama ma bunda tensi darah aaya rendah dn pernah hari kamis kemarin dari pagi jam 7-buka oerut saya perih banget uda coba tiduran nggak sembuh efek punya penyakit asam lambung akut

Baca lagi

Semangat ya Bunda semoga sehat selalu. Kita senasib, Bunda. Saya juga tidak puasa karena masih menyusui. Bahkan ini sudah tahun keempat tidak puasa, karena berturut-turut hamil, menyusui, hamil, menyusui. Suami pun melarang saya berpuasa karena khawatir kondisi fisik saya dan bayi.

VIP Member

gapapa bund kalo memang gak mampu, kondisi kesehatan tiap orang beda2. Allah juga kasih keringanan untuk bumil dan busui kok, semangat mengasihi bunda 💪💪🤗🤗 ada baiknya bunda konsumsi makanan sehat dan banyak vitamin ya bund agar sehat kembali 💪💪.

gpp bun kalo ngg kuat bun .. krn bunda udah berusha tp ngg kuat jgn d pksain bun .. Beda klo sy bun , ank sy usia 6 bulan alhamdulillah sy puasa trus bun alhamdulillah ank sy jg g ada efeknya bun,

aku pun darah rendah menyusui anak masi 6 bulan tapi masi banyak nyusu nya daripada kenapa2 mending saya ga puasa lagian allah malah ngasih keringanan untuk ibu menyusui dan hamil kok

Baca lagi

aq ank masih 4 bln, puasa hari pertama ikutan sahur. jm 10 udah gg kuat.. dari pada kenapa2 udah deh gg puasa aja. Kasian juga ank masih full asi. PD rasanya kosong terus..

VIP Member

Alhamdulillah ankku dh 16 bulan aku dr awal puasa Alhamdulillah ikut dn kuat mski hausnya gx trthn sn rsnya lemaas . krna anak dh makn jga jdi aku kuat aja Alhamdulillah .