Mpasi

Ass. Bun anak saya 18 bulan akhir" ini susah banget makan paling kalo makan cuman 5 sendok doang, sampai stres saya mikirinnya. Boleh gak si bun kalau anak 18 bln di ksh vitamin nafsu makan

245 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Obat nafsu makan ada 2 : laper dan enak. Mungkin susah makan : 1. Bosan dengan menunya. Coba lebih variasikan menu makanannya. 2. Bosan dengan suasana ketika dia makan. Coba ajak ke outdoor bisa depan rumah atau dimana yg deket rumah 3. Tidak mau makan sendiri, maunya ditemenin makan juga. Makan bareng gitu...bukan Bundanya makan bubur bayi juga, tapi pas Bunda makan coba barengan sama si kecil 4. Jarak makan dekat dg menyusu 5. Pas nyuapin, Bunda aktif ajak dia ngobrol atau bernyanyi dg lucu 6. Coba jangan kenalkan dg jajanan ringan meski khusus bayi. Ganti cemilan dengan buah atau puding bayi. 7. Dia pengen makan bareng teman seusianya 8. Coba sebelum makan ajak dia beraktivitas, trus kan dia jadi laper tuh...nah pasti langsung lahap🤭

Baca lagi

anakku GTM parah usia 16 bln sd 18 bln, padahal sebelumnya disodorin apa apa tinggal lep, usia 16 bln mulai GTM parah, ditambah tumgi geraham, saya buat pergedel ga mau, kasih ubi gak mau, terus saya pelajari dia maunya apa, rupanya dia suka mie, coba makaroni juga mau, untuk ikan gak mau yg rebus/sup, maunya ikan yg digoreng dan kering (mungkin efek tumgi dan pengen belajar tekstur baru) di usia ini, pola makannya benar benar berubah, padahal sebelumnya suka yg lembut kayak kentang dan wortel.. oia bund, usia anak segini, bisa sampai 5x makan utama, sedikit sedikit tapi ttp dikasih, usahakan makan bareng juga ya bund, syukurnya GTM nya cuma 2 bln, skrg uda mau makan, walaupun BB nya uda 6 bulan gak naik naik, 100gr pun susah naik 😂😢

Baca lagi

maaf ya bun,..vitamin sih gak perlu kalau anak bunda sehat2. gak apa2 juga sih kalau anak bunda hanya 5 sendok makan yg di makan. kan bisa di berikan makanan2 lain yg mungkin anak bunda suka dan baik buat anak bunda karena makan itu sebenarnya gak perlu harus nasi baru di katakan "Makan". dan di imbangi lebih banyak ASI kan lebih bagus lg atau mgkn anak bunda sdh tdk ASI yahh kan bisa di banyakan jg minum susu dan buah2. dan 1 lagi bun, mungkin kalau anak bunda mau di beri makan dengan cara makan sambil main2, boleh tuh bun disuapin. atau mungkin lagi anak bunda bisa di berikan makanan bervariasi atau makanannya di berikan kuah sayur agak banyak. InsyaAllah anak bunda mau makannya. Aamiin🤲

Baca lagi
VIP Member

ga usah stress bu, ntar ngaruh ke anaknya. anak2 tuh ada fase bosennya jg. kyk kita aja sih lg bosen makan nasi, mau makan yg lain. ibunya bikin variasi lg, kasih mie bayi, nugget homemade, bakso, atau yg lainnya. ga mesti tiap makan disuapin kok, makan sendiri jg bagus utk eksplorasi dia. anakku dulu gt. skrg aku selingin, kdg makan sendiri kdg disuapin. kalo cm makan dikit, yaudh aku ga paksa. susunya msh oke gak bu? anakku susunya oke jd kebantu. udh gt anakku ngemil jg jalan terus. ga perlu pake2 vitamin nafsu makan kalo kata dokterku, krn ga begitu ngaruh.

Baca lagi

Anakku skrg usia 17 bln. Lagi bagus²nya makan. Setiap kali nafsu makannya kurang bagus/lagi masa penyembuhan setelah sakit, saya selalu beri vitamin merk "San-B-Plex multivitamin tetes pediatrik " warna kemasannya orange. Rekomendasi dr Sp. Anak ditempatku. Dr usia 9bln sampai sekarang anakku minum ini alhamdulillah cocok. Diminum 1x sehari. Bisa dibeli tanpa resep dokter. Tapi kitanya jg hrs peka bun. Klo selama hampir 1 minggu gak ada perubahan meski sudah minum vitamin, Mungkin ada faktor lain anak jd susah makan. Bisa jadi krn sedang tumbuh gigi, gak enak badan, atau bosan menu makanan. Anakku juga kadang begitu.

Baca lagi
VIP Member

Wa'allaikumsalam Bund. Anak saya juga kdg susah makan. Saya coba pelajari, kdg dia bosen sm menu makanan dan rutinitas makan yg duduk dikursi makannya. Saya coba selingin pakai cemilan kyk gerber, sekali sendok makan sekali cemilan, lumayan bertahan seminggu. Trus bosen lg. Liat dia seneng makan kerupuk, jd makan kerupuk tambah nasi. Sekarang makan nasi pakai es krim, 3 sendok nasi dpt 1 sendok eskrim. hehe. Kdg makan sambil main juga Bund. Yaa yg penting ada masuk nasi. Cuman pagi sama siang aja Bund, malem dia ngga mau. Jd malem saya kasi biskuit sm susu aja.

Baca lagi
4y ago

Mendadak jd kreatif ya bun hehe Aku jg pernah nyuapin menu lengkap+pisang. Gapapa bun semua berproses kok. Meki banyak yg bilang gak nyambung gak masuk akal tp bisa jd itu tanda kreatifnya bayi yg suka coba hal baru Semangat terus bun

Jangan di paksa bun,Siapin aja makanannya di piringnya sama sendoknya taro di depannya Klo dia lapar dia akan makan dengan sendirinya kok,kita bimbing aja misalnya "klo makan bgini pake sendok trus hap hap....hmmmm ennaaakkk" Jadwal makannya juga harus teratur bun misalnya makan pagi jam 7/8,makan siang 12/13,dan makan malam jam 18/19 Klo jam2 lainnya bisa di selipkan menyusui atau nyemil biskuit/kue/buah tapi waktunya jgn deket2 jam makannya ya bun Gpp berantakan juga,namanya juga punya baby yang lagi belajar segala Semoga bermanfaat

Baca lagi
2w ago

anakku jg dr umur 15bln makan cuma 2x bund. pagi dan sore. soalnya kalo siang udh keburu ngantuk dan kalo di suapin malah jd marah dan lanjut gamau tidur siang

Hai bun🤗anak pertama saya dulu sejak 6bln-20bln gapernah MPASI karna emang dia gamau bun(berbagai cara bujuk supaya mau maem mpasi dan macam² menu mpasi sudah dicoba semua)tetap gamau. Dia baru doyan maem nasi tim berkuah ketika umurnya hampir 2thn. Selama ga mau makan itu selain minum ASI saya kasih cemilan dan buah²an yg teksturnya mudah dimakan bayi bun..jadinya si dedek tetep kenyang😁❤ edit tambahan:pertumbuhan dan bbnya tetep normal ya tidak ada gangguan itu yg bikin saya tetep ayem meski tidak mpasi.

Baca lagi
2w ago

19bln bb 10kg gk terlalu jauh si bund dr grafik, tb juga masih bagus

Sama bun anak ku juga begitu meski makannya cuman 5 suap doang juga gapapa bun yg penting ada yg masuk dan kita hargain, slain itu kita bikinin camilan juga sprti puding, rokus ayam, dimsum, buah2an pasti kenyang ko bun dri pda kita stres nantinya anak ga mau mkn nasi tkut klaperan pdahal camilan 4*pun sama mengenyangkan juga ko bun.. makann itu ga harus slalu nasi kan ya jdi skrng yg pnting anak mau mkn apa aja juga akumah udah sneng meski makan nasi y sedikit.. itu sepenggal pengalaman ku bun soalnya usia anak kita ga jauh beda 😀

Baca lagi

Mungkin lg numbuh gigi lg Bun, anak saya jg Bun 19 bln ini dia jg lg susah makan ya paleng 5 sendok sama Bun, tp kita jangan panik Bun, yg penting anak tetep mau makan walaupun dikit2 Bun, dikasih cemilan yg dia sukai Bun, coba aja atau diberi penambah nafsu makan Bun, anak saya jg tak kasih penambah nafsu makan Bun, tp jangan Curcuma plus ya itu buat anak usia 2 th Bun, klo anak kita kan dibawah 2 th, beli yg kayak minyak ikan itu Bun, klo ndk ya dikasih sari kurma itu Bun yg buat anak, mungkin dia bosan jg bisa Bun, sabar ya bunda

Baca lagi