Pasca sc harus apa

Aslmkm.. Bun, saya mau nanyak ni.. Saya kan habis sc tgl 18 juli kmaren dan skrg bekas sc nya udah kering dan udah lepas perban. Tp saya bingung bun. Kmaren saya kontrol sm perawat rs nya, katanya kalo udah kering gini gak perlu dioles betadine. Jd yaudah biarkan aja. Tp kan bun, waktu lahiran anak pertama dlu, saya kontrol sm dokter lain, setelah lepas perban setiap habis mandi di totol2 pake betadine di bekas sc nya bun.. Saya jd bingung.. Mohon sarannya bun.. #seriusnanya #bantusharing

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalau saya tetep saya oles salep bun. salep dari dokter habis, saya beli sendiri di apotek. walaupun pas kontrol dibilang udah kering dan udah boleh mandi, tapi tetep saya rawat sampai sekitar 2bulanan habis mandi, dikeringkan, oles salep. biar saya lebih pede aja gitu bun. walaupun udah dibilang ga apa2. 😅 jangan lupa ditambah tiap hari makan telor rebus putihnya aja paling sedikit 5-6butir perhari.

Baca lagi
1y ago

awalnya aku pake gurita, tp posisi sc dibawah pusar jadi setiap duduk guritanya nglipet sendiri trus kena jahitan, akhirnya pake korset beli di Mama's choice itu bertahan bbrp hari karna luka lecet dijahitan.

Saya ga pernah dioles2 apapun bun krn dr dokternya jg ga nyuruh apa2 sih, hnya minum obatnya aja, sy ikutin saran dokternya aja terus krn mmng pngalaman pertama takut salah2.. Alhamdulillah lukanya bagus2 aja sih bun. Kalau memang ada keluhan, baliknya ke dokter yg operasi spy tau riwayatnya gimana dan ga beda2 instruksinya

Baca lagi
1y ago

Kok ke perawat ya bun? Setau saya bpjs atau tdk, perawat bukan tempat utk konsul bun.. Mungkin klinik/RS nya itu yg nyeleneh. Konsul kehamilan dan perawatan pasca melahirkan ttp ke dokternya bun atau paling nggak ke bidan atau dokter umum di faskes pertamanya. Perawat meskipun mengerti dan punya ilmunya tp ttp bukan ranahnya dijadikan tmpt utk konsul soalnya

Saya gak pake apa2 sama sekali sesuai arahan dokter. Pokoknya Ikutin arahan dokternya yg sekarang aja. Dia kan yg lebih ahli dan tau kondisi luka sc yg sekarang. Mungkin dokter yg dulu jg mengikuti kondisi luka scnya yg dulu. Udah paling bener mah ikutin ahlinya bun, drpd salah2. Kalo masih ragu mending konsul lg

Baca lagi
1y ago

iya ya bun.. makasi ya bun sarannya ☺

kalo udah kering bener2 emang gapapa bun. yg penting dijaga kebersihannya aja, dijaga tetap kering, jadi tiap mandi diusahakan dikeringkan, biar gak lembab dan bikin nempel bakteri/kotoran.

saya ga pake cream atau obat apa2 utk luka luarnya, cm ngabisin obat dr dokter aja. banyakin makan protein hewani aja bund biar luka dalamnya lekas pulih

saya SC 2x jg gk pernah totol betadine bun...yg ada mlh dkasih salep lain, bening buat cegah keloid ya sejenis dermatix sih menurutku tp cuma beda merk aja.

1y ago

oohh gitu ya bun.. saya cmn dikasih obat aja bun. dsuruh habiskan.. gak ada d ksh salep apa2.. cuman memang pas dioperasi, saya disuntikkan khusus keloid bun krna keloid saya parah bangett..

anjuranya tersebut tidak saya lakukan dan saya baik2 saja alhamdulillah . faktor ketakutan menyentuk bekas jahitan jd saya ga pakein betadin bun

VIP Member

aku juga ga dikasih betadin kok bun setelah lepas perban dan ga diapa2in sesuai arahan dokter.

saya juga ga d ksh betadine bun, tp d resepin salep sendiri sih sm dokternyaa d pake kl hbs mandi

1y ago

saya gk diksh salep apa2 bun, cmn obat aja.. makanya saya bingung harus apa sm jahitannya 😅

setiap dokter beda² bu, gak mesti sama. saya sc gak pake betadine, ikut saran dokter