Cek HB bagi bumil

Apakah cek Hb itu wajib ? Karena di kehamilan 1 dan 2 bidan gak pernah nyaranin buat cek hb. Di kehamilan ke 3 ini saya pindah bidan bukan bidan yang biasanya, dan bidan yang sekarang menyarankan untuk cek hb bulan depan gimana menurut bunda share pengalaman nya? Karena jujur meskipun anak udah mau tiga tetep aja degdegan tiap liat jarum suntik 😢😢

25 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Menurut saya wajib bun. kemarin saya baru cek lab di uk 11w. Sebelum nikah saya jg ada cek lab dan HB sy rendah 11,7, karna saya pikir ga bahaya. dan skrg saya menyesal kenapa baru cek lab lg di uk 11w, karna ternyata HB sy malah turun jd 10,8. bidan uda nyaranin dr awal kehamilan (5w), tp sy bandel alasan sibuk kerja:( Kalau mungkin sy uda cek lab dr awal, jd bisa di resepin vitamin 2x (selama ini hanya 1x), akhirnya bulan depan harus kontrol lab lagi, semoga membaik. Bismillah.. semangat yaa bun. cek lab penting bgt, karna jadi tau kesehatan Bunda dan pencegahannya kalo amit2 ky saya, tp semoga nggk yaa.. sedikit info, sy cek lab lengkap di Puskesmas domisili Kab. Tangerang, tanpa BPJS dgn biaya 98rb udah termasuk konsul dan vitamin segambreng..

Baca lagi

Pemeriksaan hemoglobin sangat penting bunda. Dan perlu dilakukan di trimester 1 dan 2. Hemoglobin untuk suplai oksigen ke bunda dan anak juga. Nanti kalo kurang baik hasilnya, biasanya diberikan penambah darah minimal 90 hari diminumnya. Hb itu di ceknya melalu darah bun. Jadi dilakukan namanya pemeriksaan darah periksa lengkap. Kalo urin itu bisa untuk cek protein atau bakteri (misal untuk tau ada infeksi saluran kemih). Btw, pemeriksaan nya sangat penting bun. Saya menyarankan diperiksa. Bunda bisa ke puskesmas untuk cek seperti ini gratis. Dan udah jadi program pemerintah , sekalian cek darah untuk skrining hiv dan penyakit yg bisa ditransfer dari ibu dan anak

Baca lagi

cek lab biar tahu hb rendah/tdk,cek hbsAG(hepatitis),,cek urine positif/tdk,cek protein,,klo rendah bgt hb'y bidan gak mau nanganin persalinan d rujuk ke rs,takutnya pendarahan&hrs tranfusidarah.saya klo d bidan cuma 1x,tp klo dr dokter 2x awal &akhir,klo d puskesmas emang harus jam kerja lebih lama tp gak bayar saya,tp kemarin yg dpt suruhan dr dokter tertuju d klinik bayar sendiri 260rb,emang bisa jam malam&gak pake lama,,yg hamil pertama saya rendah hb'y hrs banyak minum tambah darh,makan sayur bayam,hati ayam/sapi yg saya gk doyan.yg ke-2 ini saya minum tambah darah jarang tp biasa aja..

Baca lagi

Wajib, Bunda. Dokter kandungan tempat biasa saya kontrol menyarankan 2 kali cek Hb. Saat memasuki TM2 untuk mengetahui kondisi Ibu dan juga mengindentifikasi apakah ada penyakit dari Ibu yang bisa menurun pada janin. Pertengahan TM3 juga diwajibkan untuk tau Hb normal/rendah menjelang persalinan. Cek Hb darah kita diambil menggunakan jarum suntik dibagian urat lengan. Tidak sesakit yang dibayangkan kok, Bunda.... Hanya seperti digigit semut sebentar saja.

Baca lagi

menurutku penting bun. kemarin saya habis cek lab. hb, gol dar, dll. setelah tau hasilnya. hb saya 9 dan disuruh bidan dan dokter puskesmas untuk ningkatin gizi makanan. buat ngejar hb. karena saya emang sering pusing dan pucat banget. padahal saya makan banyak dan doyan ngemil loh. minum air putih juga normal. untuk ambil sempel darah, sakitnya bentar doang kok bun. ga ada semenit.

Baca lagi

itu wajib bund,pengalaman saya setiap kontrol kan rutin tiap bulan usg tapi gk pernah di suruh tes lab atau cek hb,sampai usia kandungan saya 35week merasa perut kenceng,kepala pusing,langsung di bawa suami k IGD dan kata doketr HBnya rendah banget,di omelin sama dokternya katanya stiap trismester itu wajib cek lab,alhasil saya di rawat di rs 2hari+tambah darah 1 kantong

Baca lagi

cek HB itu wajib dan penting. karna kalo buat ibu hamil HBnya rendah itu ngga baik si. aku hamil pertama bidanku juga ga nyuruh tp karna udah ada pengalaman orang sekitar jadi tau kalo diTM 1 harus cek hb. nanti cek hb lagi kalo mendekati lahiran. karna kalo hb rendah biasanya ngga bisa lahiran dipuskesmas, harus ke RS.

Baca lagi

cek Hb wajib Bun sya pas hamil ank k 1 cek Hb pas TM1 & TM 3 menjelang persalinan. kalo HB kita rendah kn bahaya juga buat janin apa lagi pas TM3 cek Hb ga menakutkan ko Bun pas hamil dlu hanya cek Hb z skrg lengkap cek Hb cek glukosa & cek protein blm lg nnti cek lab HIV dll smuanya demi kebaikan kita & debay

Baca lagi
VIP Member

kata bidanku wajib yah bun. biasanya cek hb malah 2x di trimester pertama dan ketiga . itu manfaatnya banyak banget , buat bisa tau kita anemia/ngga . tujuannya jg buat kebaikan kita sendiri kok .. jangan takut yah bun coba segera cek hbnya

penting bund, justru bidan skrg yg bagus brrti krn mantau hb juga. kurang darah banyak sekali efeknya baik selama kehamilan maupun ketika persalinan nanti. jd emg hrsnya sedari hamil udh dipantau, jd kalo kurang bisa diperbaiki